BINUS Online

Pentingnya Manajemen Bisnis untuk Pengembangan Usaha

Dalam praktiknya, sebuah bisnis yang berjalan seringkali mengahadapi masalah seperti modal, pemasaran, ataupun produksi. Sebagian besar masalah yang timbul di atas seringkali diakibatkan dari manajemen bisnis yang buruk. Manajemen bisnis (business management) yang buruk sering mengakibatkan kerugian, bahkan tidak jarang sampai menyebabkan pailit di sebuah perusahaan.

Karena itu kita sebagai pelaku bisnis harus benar benar memperhatikan perihal manajemen bisnis yang baik sehingga jika dalam berjalannya bisnis Anda mendapati sebuah masalah, maka Anda akan dengan mudah bisa mencari solusi secara efektif dan efisien sehingga mengurangi resiko kerugian.

Apa Itu Manajemen Bisnis?

Manajemen bisnis adalah sebuah sistem pengelolaan semua aktivitas dalam perusahaan, yang mencakup SDM, dana, bahan baku, peralatan, hingga pemasaran.

Manfaat Manajemen Bisnis

Berikut 5 (lima) manfaat yang akan Anda dapatkan setelah menerapakan atau mengaplikasikan manajemen bisnis dalam usaha Anda, di antaranya:

1. Membantu Menyusun Strategi Bisnis

Menyusun strategi bisnis adalah pondasi awal dari sebuah bisnis yang sehat. Hal ini berguna untuk merancang, mendesain seperti apa kedepanya bisnis Anda akan berjalan, serta mengurangi tingkat resiko kerugian dan masalah masalah yang sering terjadi dilapangan.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat rancangan produk yang akan Anda jual serta mencari target market produk Anda, sehingga dalam pemasaran kedepan Anda lebih mudah dalam mencari konsumen atau pelanggan.

2. Mengelola Sumber Daya dan Waktu

Dalam business management yang baik, sumber daya dan waktu adalah aspek yang sangat penting. Saat Anda mengatur sumber daya dan waktu didalam bisnis Anda, maka dalam prakteknya semua akan mudah terorganisir dan efektif dalam penerapannya.

3. Perilaku Bisnis Positif

Beberapa dampak menciptakan perilaku bisnis yang positif, seperti:

  • Mendorong rasa optimisme dalam menatap usaha kedepan.
  • Pelaku bisnis menjadi kooperatif
  • Meningkatkan kedisiplinan dan konsistensi dalam menjalankan manajemen bisnis yang baik.

4. Awareness Resiko dan Ancaman

Sebagai pelaku bisnis Anda harus bisa berpikir dan memiliki plan kedepan, serta memiliki kesadaran akan akadanya ancaman dan resiko. Dan dengan menerapkan manajemen yang baik Anda bisa mengurangi resiko diatas, Anda sedikit banyak sudah memiliki solusi seketika masalah itu terjadi.

5. Menyusun Target Kerja

Menyusun target kerja juga salah satu step dalam menjalankan manajemen bisnis yang baik, karena dengan penerapan target kerjam Anda memiliki acuan tentang perusahaan Anda sudah berkembang ataupun mundur. Hal ini dapat mengurangi resiko kerugian dalam jangka panjang, sehingga Anda bisa segera mendiaknosa dan mencari solusi.

Baca Juga: 10 Peluang Profesi bagi Lulusan Manajemen Bisnis

Tujuan Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis dalam membangun usaha adalah hal wajib, karena berhasil dan tidaknya sebuah usaha tergantung dari pengelolaan mangemen yang meliputi sumber daya, pruduk, produksi dan pemasaran. Maka dari itu tujuan managent secara arti sudah sangat jelas dan penting diperhatikan.

Berikut 5 tujuan manajemen bisnis, yaitu:

1. Memaksimalkan Sumber Daya dengan Efektif

Sumber daya disini bisa diartikan sebagai pekerja ataupun  bahan produk, maka dalam hal ini memaksimalkan semua sumber daya adalah kunci dalam menjalankan usaha yang efisien.

2. Memastikan Pertumbuhan Bisnis

Tren positif dalam sebuah bisnis adalah tujuan, maka dari itu manajemen perlu melakukan sebuah perencanaan dan pengamatan atas kinerja selama jangka waktu tertentu untuk melihat pertumbuhan bisnis itu sendiri.

Dengan arah pertumbuhan yang positif maka peruhaan juga akan semakin mudah dalam mengembangkan aspek- aspek lain.

3. Produk yang Berkualitas

Membuat produk yang baik akan memeberikan kepuasan terhadap konsumen. Secara tidak langsung ini kan menciptakan image yang baik terhadap usaha Anda.

Hal ini akan memberikan garansi jangka panjang untuk keberlangsungan usaha Anda.

4. Memastikan Ketersediaan Barang

Ini berkaitan dengan manajemen waktu, dengan memastikan ketersediaan barang secara berkala, maka akan memberikan rasa aman terhadap konsumen.

5. Meningkatkan Kedisplinan

Hal sepele yang terkadang pelaku bisnis pemula sering abaikan adalah kedisiplinan dalam menjalankan usahanya, karena ini mencangkup banyak hal sepertti waktu, konsistensi produk, adaptif pelanggan, dan lain-lain.

Jadi meningkatkan kedisiplinan juga satu dari banyak aspek penting di dalam business management yang baik.

Beberapa Jenis Manajemen untuk Pengembangan Usaha

  1. Manajemen keuangan

Manajemen keuangan bisa dibilang hal terpenting dalam mengembangkan sebuah usaha, karena dengan manajemen keuangan yang tepat Anda bisa menghitung secara rinci pemasukan dan pengeluaran didalam menjalankan usaha Anda, serta secara otomatis bisa melakukan efisiensi pengeluaran yang tidak perlu.

  1. Manajemen SDM

Manajemen sumber daya manusia juga tidak kalah pentingnya karena dalam menjalankan manajemen bisnis yang baik juga memerlukan kerjasama SDM yang  kompeten juga.

Pun dalam menjalankan operasional kerja juga pentingmemilih karyawan ditempat yang tepat.

  1. Manajemen operasional

Hal ini berkaitan erat dengan produksi atau kegiatan setiap hari di sebuah perusahaan ataupun usaha berkembang yang mencangkup bahan baku, alat dan produksi itu sendiri.

Dengan perihal diatas maka tidak ada alasan lagi untuk takut memulai untuk membuat sebuah usaha. Dengan menerapkan manajemen bisnis yang baik maka Anda bisa mengurangi resiko kegagalan. Sekarang ini juga banyak pembelajaran online yang dapat kita ikuti seperti binus online.

BINUS ONLINE adalah sebuah sebuah universitas yang menggunakan metode e -learning di mana kita bisa belajar kapanpun dan dimanapun. BINUS ONLINE juga memiliki berbagai program studi seperti teknik industri, akuntansi, bisnis manajemen, dan teknik informatika. Dengan berbagai kemudahan yang didapat diatas, pendaftaran di BINUS ONLINE juga mudah dan relatif terjangkau.

Demikian pembahasan tentang pentingnya manajemen bisnis. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk semuanya.

Whatsapp