BINUS Online

Amati Perilaku Konsumen untuk Dapat Bersaing dalam Bisnis

Dalam bisnis untuk dapat bersaing dengan pesaing, penting untuk mengamati perilaku konsumen agar dapat mempermudah perusahaan atau pemasar dalam mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen. Karena suatu bisnis dapat sukses dan memiliki nilai jual lebih akan dipengaruhi oleh faktor pembeli.

“Perilaku konsumen dapat menyebabkan perubahan gaya hidup yang nyata” ungkap Prof. Dr. Michael M. Goldman Selaku Associate Dean College of arts & science dari universitas Of san Francisco. dalam webinar Bold Series Industrial Sharing: tema Consumer Behavior pada tanggal 6 july 2023.

Zoom image Fan Behavior

Perilaku konsumen dalam bisnis penting untuk diamati karena dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Tidak hanya itu, hal ini juga dapat meningkatkan nilai jual suatu produk. Karena terdapat banyak faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen yaitu psikologi, sosial, dan dinamika kebudayaan. 

“Jika kita ingin meyakinkan seseorang untuk mencoba kita, jika kita ingin mengubah perilaku mereka yang ada dan mencoba perilaku baru yang mencakup semua produk semua merek, kita harus menekan mereka pada saat kunci terbuka untuk berubah, momen perubahan itu  apakah itu peluang kunci agar kita dapat mengembangkan sikap baru” ungkap Prof. Dr. Michael M. Goldman

Sikap konsumen dapat diketahui berdasarkan bagaimana sikap konsumen memiliki efek tertentu, bagaimana sikap digunakan, dan bagaimana sikap terbentuk. 

Manfaat yang didapat bisnis dengan menerapkan consumer behavior yaitu :

  1. Perlindungan hak-hak konsumen

Jika konsumen sudah menyukai suatu produk, konsumen akan membeli kembali produk tersebut. Untuk itu, para pebisnis perlu mempertahankannya agar konsumen setia terhadap produknya.

  1. Memahami perbedaan karakteristik konsumen

Setiap konsumen memiliki kepribadian yang berbeda, sehingga rencana pemasaran individu dapat dirancang sesuai dengan kepribadian konsumen.

  1. Memprediksi tren pasar

Para pebisnis dapat menganalisis perilaku konsumen dari waktu ke waktu untuk memahami perubahan tren pasar di masa mendatang.

  1. Meningkatkan daya saing dengan kompetitor

Pesaing produk tentunya banyak, beberapa di antaranya memiliki keunggulan dari segi harga, kualitas dan pelayanan. Namun penting untuk diingat bahwa kesadaran merek berdampak lebih besar pada harga rendah dan promosi.

  1. Meningkatkan pelayanan kepada konsumen

Dengan memahami perilaku konsumen, para pebisnis dapat melayani konsumen sesuai dengan kebutuhannya.

“Dengan mempertimbangkan semua model dan penelitian ini, maka strategi consumer behavior hanya tentang apa yang harus dilakukan agar pelanggan melirik dan membeli produk. Disini kita membuat mereka berpikir, untuk merasakan dan yang paling penting LAKUKAN, pada perilaku tersebut” Ucap Prof. Dr. Michael M. Goldman.

Dengan diselenggarakannya webinar Bold Series Industrial Sharing: tema Consumer Behavior, BINUS Online berharap para calon pebisnis dapat memahami perilaku konsumen dengan baik. Sehingga bisnis yang dijalankannya dapat bersaing dengan pesaing lainnya.

Whatsapp