Kunjungan Binus Online (BiOn) ke Bekasi: Seminar Bagi Guru BK

Bekasi, 18 Oktober 2023 – Pada tanggal 18 Oktober 2023, Binus Online (BiOn) mengadakan seminar yang bertujuan memberikan wawasan kepada guru-guru Bimbingan dan Konseling (BK) di Bekasi.  Seminar yang dibawakan dengan judul “Cara mengatasi masalah pergaulan di sekolah”.  Seminar ini merupakan respons terhadap perubahan drastis dalam mode pembelajaran akibat pandemi COVID-19. Dr. Agus Putranto, salah satu narasumber dalam acara ini, berbagi pengetahuan mengenai “Pembelajaran Online.”

Pukul 11.00, Dr. Agus Putranto memulai sesi presentasinya dengan menguraikan dampak pandemi terhadap dunia pendidikan. Dia menjelaskan bahwa seiring peralihan dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran online, BINUS Online berhasil mengatasi tantangan ini dan bahkan mengalami peningkatan signifikan dalam jumlah mahasiswa serta teknologi yang digunakan dalam proses pembelajaran. BINUS Online memulai pembelajaran online sejak 2009, jauh sebelum pandemi COVID-19 melanda Indonesia.

Dalam presentasinya, Dr. Agus Putranto juga menjelaskan perbedaan antara mode pembelajaran konvensional dan pembelajaran online. Ia menyoroti pentingnya menyusun materi pembelajaran dengan baik, serta bagaimana proses pembelajaran berlangsung dalam konteks pendidikan jarak jauh. Selain itu, Dr. Agus juga membahas komponen-komponen kunci yang ada dalam pembelajaran jarak jauh. Belajar Tuntas, Fleksibel, Menggunakan TIK, Belajar Mandiri, dan Terbuka. Selama pandemic pembelajaran jarak jauh yang diberikan di sekolah-sekolah adalah pembelajaran jarak jauh yang dipaksakan.

Pembelajaran jarak jauh, seperti yang diuraikan oleh Dr. Agus, bergantung pada kelima komponen utama. Pertama, keberadaan instruktur dan peserta didik yang berkomunikasi secara daring. Kedua, lingkungan yang mendukung pembelajaran online. Ketiga, manajemen yang efisien untuk mengorganisasi proses pembelajaran. Keempat, infrastruktur dan sumber daya teknologi yang memadai. Dan kelima, penjaminan mutu agar kualitas pembelajaran tetap terjaga.

Dr. Agus menegaskan bahwa keberhasilan pembelajaran online tidak hanya tergantung pada teknologi, tetapi juga pada manajemen dan interaksi antara instruktur dan peserta didik. Dengan menjaga semua komponen ini berjalan dengan baik, pembelajaran jarak jauh dapat memberikan pengalaman yang sebanding dengan pembelajaran tatap muka. Hal ini juga memungkinkan pembelajaran online untuk tetap relevan bahkan setelah pandemi berakhir, menjadi pilihan yang dapat diterima dan dipercayai oleh masyarakat.

Seminar ini memberikan wawasan berharga kepada guru-guru BK di Bekasi tentang pembelajaran online yang semakin berkembang pesat dan diharapkan dapat memberikan masukkan ke siswa untuk tetap melanjutkan pendidikan walaupun mereka harus bekerja ataupun lainnya. BINUS Online, melalui seminar ini, terus berupaya mendukung dunia pendidikan dalam menghadapi perubahan yang dinamis, memastikan bahwa pembelajaran jarak jauh tetap memberikan manfaat yang optimal bagi semua pihak yang terlibat.