BINUS Online

Cara Menjadi Data Analyst Incaran Banyak Perusahaan

Ada beberapa cara menjadi data analyst bagi mereka yang telah memiliki keterampilan analisis data. Selain memiliki keterampilan analisis, mereka juga perlu memiliki kemampuan untuk mendapatkan wawasan dari sekumpulan data besar. Analitik data merupakan bidang yang sarat dengan peluang kerja.

Pasalnya, semua perusahaan di bidang apapun wajib menggunakan big data. Big data sangat diperlukan oleh semua perusahaan. Perusahaan yang sangat membutuhkan big data adalah bidang telekomunikasi, teknologi, asuransi dan perbankan, periklanan, serta perawatan kesehatan.

Kebutuhan merekrut data analyst diperkirakan akan terus berlanjut pada tahun-tahun kedepan. Bahkan, industri yang sebelumnya sempat tertinggal dalam hal pengadopsian analitik data besar kini akan menerapkannya. Jenis industri tersebut termasuk manufaktur, pemerintahan, dan pendidikan.

Cara Menjadi Data Analyst Handal

Tidak mudah menjadi data analyst yang dapat diandalkan, meski hal ini juga sangat mungkin. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan calon data analyst adalah sebagai berikut:

1.     Mempelajari Dasar Analisis Data

Bagi Anda yang ingin berkarir sebagai data analyst, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mempelajari dasar-dasar dan alat analisis data. Contohnya adalah Microsoft Excel tingkat lanjut; bahasa pemrograman SQL, Python dan R, kemudian Spark atau Hadoop untuk menghitung angka; serta Tableau, atau Matplotlib yang dapat membuat visualisasi untuk data.

Semuanya dapat dipelajari dalam kuliah jurusan TI, atau pada kursus khusus analisis data. Bidang studi analisis data termasuk manajemen data, bahasa pemrograman, visualisasi data, pemrograman statistik dan pembersihan data.

2.     Mengembangkan Keterampilan dengan Mengerjakan Proyek

Siapapun yang ingin tahu cara menjadi data analyst harus memahami alat dasar untuk menganalisa data. Caranya adalah dengan belajar sekaligus menerapkan pengetahuan mereka. Analis data handal harus tetap up-to-date dengan alat terbaru dan tercanggih.

Contohnya adalah XML dan SQL yang merupakan spreadsheet dan bahasa kueri, Python, R, dan Hadoop sebagai bahasa dan kerangka kerja pemrograman, Tableau dan PowerBI untuk alat visualisasi, serta pengalaman kerja dengan Adobe Analytics dan Google Analytics sebagai platform analisis data terpopuler. Cari berbagai proyek supaya Anda dapat mempraktikkan semua tahapan analisis data berbeda.

Anda dapat meneliti perusahaan sekaligus peluang pasar sekaligus menetapkan parameter data lalu membersihkan data tersebut. Nantinya, buatlah model untuk dianalisis menggunakan algoritma yang dibuat secara khusus. Lalu, atur kembali ke dasbor yang memungkinkan pihak lain dalam membuat kueri serta berinteraksi dengan kumpulan data dengan cara yang mudah digunakan.

Daftar list tool untuk data analytics termasuk XML, SQL, R, Python, Hadoop , Google Analytics dan semacamnya. Coba semua proyek untuk dapat mendemonstrasikan kemampuan Anda dalam mengerjakan berbagai jenis data, teks, gambar, audio dan bahkan video. Dengan mempraktekkannya, Anda dapat memiliki keunggulan dalam berpikir kreatif dan analitik, teliti, berkomunikasi dengan baik, dan mengumpulkan data serta menganalisisnya dengan menggunakan algoritma custom-built.

3.     Siapkan Proses untuk Proyek

Tanpa proses yang rinci, Anda tidak akan dapat memulai proyek. Tentukan pertanyaan yang ingin Anda jawab serta tujuan proyek analitik data Anda. Lalu, kumpulkan data dengan bekerjasama dengan ahlinya. Standardisasi data yang telah dikumpulkan tersebut sebelum menghapus entri yang tidak relevan. Setelah selesai, buat visualisasi data. Kerangka kerja sederhana ini memudahkan Anda untuk menguraikan sekaligus menyelesaikan proyek analitik data.

4.     Mengembangkan Visualisasi

Penggunaan program Tableau, Plotly, atau Power BI dapat melatih Anda membangun visualisasi sejak dini. Memang, Microsoft Excel masih berperan penting dalam membuat kalkulasi atau grafik. Bahkan, lebih dari tiga dekade, aplikasi ini masih belum tertandingi. Namun, aplikasi tersebut di atas dapat lebih mengembangkan ilmu data analitik Anda.

5.     Presentasikan

Saat analisis data selesai, presentasikan kepada orang lain dengan cara yang efektif. Hal ini dilakukan supaya ada evaluasi dari orang lain. Pertimbangkan untuk mempresentasikan data dengan beberapa bagan yang dipilih dengan cermat untuk komunikasi yang optimal supaya audiens memahaminya.

Ringkas data Anda dengan kesimpulan yang akurat sehingga memiliki nilai di mata audiens. Dengan melakukan ini, Anda akan terhindar dari kebingungan dan membuat pesan Anda tetap terfokus pada apa yang telah dihasilkan oleh analisis Anda.

Tinjauan dari rekan sejawat menjadi salah satu cara terbaik untuk memastikan pekerjaan Anda baik dan akurat.
Pendapat orang lain dapat membantu Anda dalam menemukan potensi kesalahan atau ruang untuk perbaikan. Tinjauan dari orang lain dengan kemampuan bagus akan analisis data sangat penting bagi analis data yang kurang berpengalaman. Hal ini Ini juga berguna bagi analis dengan peran yang lebih teknis.

6.     Buat Portofolio

Salah satu cara menjadi data analyst adalah mendemonstrasikan keterampilan dan pengetahuan data melalui portofolio. Hal ini merupakan keharusan. Mulailah dengan menempatkan sebagian kode yang telah Anda buat dalam platform portofolio yang ada di internet.

Dengan demikian, Anda sudah mempromosikan diri sekaligus membangun portofolio profesional. Selain itu, bergabunglah dengan komunitas yang terkait. Kaggle adalah salah satunya. Anda tidak hanya dapat mengembangkan keahlian, tetapi juga menemukan inspirasi.

Cari Pengalaman Pekerjaan Sebagai Data Analyst

Pekerjaan relevan secara freelance atau magang dapat dicari dengan mudah sebagai salah satu cara menjadi data analyst handal. Lowongan pekerjaan analis data dari yang pemula pun sering tersedia di internet. Selalu ada banyak jenis lowongan ini karena analitik data sedang dikembangkan setiap saat. Bidang ini sangat dinamis dan selalu dibutuhkan perusahaan raksasa.

Jadi, apabila Anda memiliki keterampilan sebagai data analyst, maka peluang Anda sudah cukup besar dalam mendapatkan pekerjaan tersebut.

Nah, untuk menjadi seorang data analyst handal, Anda bisa kuliah di BINUS ONLINE, salah satu Perguruan Tinggi Indonesia terbaik dengan program online learning yang menerapkan kurikulum dan metode pengajaran terbaik.

Whatsapp