BINUS Online

Yuk, Simak Cara Daftar Kuliah Online dengan Mudah

Mengikuti zaman yang berubah dan semakin berkembang, pendidikan di era seperti saat ini juga mengalami perubahan yang sangat signifikan. Jika biasanya pendidikan harus diikuti secara konvensional, di mana para peserta didik dan tenaga pengajar berada di dalam ruang kelas untuk melakukan aktivitas pembelajaran, maka kini bisa dilakukan secara online. Telah banyak perguruan tinggi yang menyediakan kuliah online untuk para mahasiswanya. Nah, sekarang bagaimana sih cara daftar masuk kuliah online?

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara daftar kuliah online, perlu kamu ketahui jika kuliah online ini tidak melulu dilakukan secara online melalui laptop ataupun HP. Walaupun kuliah secara online, terkadang nantinya kamu juga tetap akan mengikuti kelas offline, di mana antara kamu dan dosen melakukan tatap muka secara langsung meski tidak sesering kelas reguler.

Cara Daftar Kuliah Online

Adanya sistem online ini tentu menjadikan segala aktivitas yang dulunya memakan waktu lama dan sulit kini bisa dilakukan lebih mudah dan efisien. Bagi kamu yang ingin menjalani kuliah online dan masih bingung tentang bagaimana cara daftar kuliah online nanti, berikut beberapa cara yang bisa membantumu menemukan perguruan tinggi tanpa harus mendatangi tempat fisiknya.

  1. Mencari informasi terkait perkuliahan

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika mencari perguruan tinggi adalah menentukan terlebih dahulu jurusan apa yang akan kamu ambil. Jika sudah mantap dengan pilihan jurusan, selanjutnya adalah mencari perguruan tinggi yang sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan, baik itu dari segi biaya, lokasi, cara daftar, dan aspek-aspek lainnya. Saat ini sangat mudah untuk mencari segala hal terkait informasi perguruan tinggi yang ingin kamu tuju melalui mesin pencari Google. Dengan cara ini, artinya kamu sudah menghemat biaya dan waktu yang tentunya lebih efektif dan efisien.

  1. Konsultasi bersama platform pendidikan

Jika kamu masih kebingungan meski sudah memilih jurusan dan perguruan yang akan dituju, maka kamu bisa mencoba berkonsultasi dengan platform pendidikan. Platform ini memang dikhususkan untuk membantu para calon mahasiswa yang kebingungan dalam menentukan pilihan perguruan tinggi yang benar-benar akan dimasuki. Bahkan, di sini kamu juga bisa berkonsultasi tentang perguruan tinggi terbaik yang ada di dalam negeri maupun luar negeri.

  1. Mendaftar kuliah online

Ketika telah memantapkan jurusan dan perguruan tinggi mana yang akan diambil, langkah selanjutnya kamu harus segera mendaftarkan diri ke perguruan tinggi tersebut sebagai syarat untuk masuk. Cara daftar kuliah online sendiri pertama-tama adalah mempersiapkan sejumlah berkas identitas diri, yang meliputi pengisian formulir pendaftaran, rapor, dan syarat-syarat lainnya sesuai dengan universitas yang kamu inginkan.

Alasan Kuliah Online Semakin Diminati

Konsep pendidikan konvensional yang biasanya dilakukan dengan cara bertatap muka langsung kini mulai beralih, terlebih semenjak adanya pandemi COVID-19. Perkuliahan secara online atau juga disebut dengan daring saat ini semakin banyak peminat karena memiliki banyak kelebihan yang tentunya tidak bisa didapat jika mengikuti perkuliahan secara tatap muka.

Meski banyak yang beranggapan jika pembelajaran secara online ini kurang efektif, tetapi tidak menyurutkan minat para calon mahasiswa untuk mengambil kuliah dengan sistem ini. Berikut adalah beberapa alasan lain yang membuat kuliah online semakin banyak diminati:

  1. Waktu pembelajaran yang fleksibel

Waktu yang fleksibel adalah salah satu alasan utama mengapa kuliah online ini menarik banyak peminat. Hal ini karena baik dosen maupun mahasiswanya bisa memanajemen waktu pembelajaran di tengah waktu luang tanpa harus bertemu di tempat yang sama. Bagi kamu yang sudah bekerja, perkuliahan sistem online ini tentu saja sangat menguntungkan karena bisa menyeimbangkan waktu antara bekerja dan belajar.

  1. Kemudahan akses

Selain waktu yang fleksibel, perkuliahan secara online ini juga bisa diikuti di mana saja dan kapan saja. Kemudahan akses ini meliputi agenda pertemuan dengan dosen, diskusi kelompok sesama dosen, pencarian sumber materi, pengumpulan tugas, dan aktivitas-aktivitas lainnya. Hal yang paling penting dalam mengikuti kuliah online ialah koneksi internet harus lancar dan terhubung dengan portal yang telah ditentukan untuk melakukan pembelajaran. Dengan demikian, kamu tidak harus datang ke kampus setiap hari.

  1. Pengalaman belajar lebih eksklusif

Biasanya, jumlah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan online tidak sebanyak yang reguler. Kondisi ini justru bisa meningkatkan interaksi yang lebih intens antara mahasiswa dan dosen ataupun antara mahasiswa dengan dengan mahasiswa lainnya. Sistem pembelajaran seperti ini akan menciptakan pengalaman belajar yang dinamis dan eksklusif.

  1. Program studi beragam

Kuliah online sama seperti perkuliahan reguler pada umumnya yang memiliki banyak pilihan program studi. Dengan begitu, kamu bisa menentukan pilihan jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan.

  1. Biaya lebih hemat

Alasan terakhir mengapa kuliah online banyak peminat adalah karena biaya yang harus dikeluarkan terbilang murah. Salah satu alasan di balik biaya murah ini adalah karena kamu juga tidak menggunakan fasilitas kampus yang memang perlu biaya tambahan.

Selain karena mengikuti perkembangan zaman yang kian pesat, beberapa alasan di atas rupanya menjadi penyebab perkuliahan secara online semakin banyak diminati. Dengan mengikuti cara daftar kuliah online yang sudah disebutkan di atas, untuk kamu yang saat ini sudah menjadi karyawan dan ingin melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi bisa mengikuti kuliah online.

Tingkatkan kualitas hidupmu dengan BINUS ONLINE yang juga menyediakan perkuliahan secara online dengan dosen yang profesional. Dengan memberikan banyak pilihan jurusan, kamu juga bisa menentukan jurusan apa yang sesuai dengan kemampuan dan minat disini. Tunggu apa lagi, tingkatkan kariermu bersama BINUS ONLINE dan raih masa depan yang lebih cemerlang!

Bagi kamu yang mau mencari informasi lebih lanjut mengenai BINUS ONLINE, kamu dapat menghubungi WhatsApp di nomor 085208696969 atau email ke infobinus@binus.edu.

Whatsapp