Di era modern ini, isu-isu lingkungan dan perubahan iklim menjadi perhatian bagi semua sektor industri. Banyak perusahaan di Indonesia bahkan di berbagai belahan dunia berusaha memberikan kontribusi terbaiknya dalam membangun masa depan yang berkelanjutan. Salah satu profesi yang memainkan peran penting dalam upaya ini adalah engineer lulusan teknik industri.

6 Cara Jurusan Teknik Industri dalam Mendukung Industri Hijau

Lantas, bagaimana peran teknik industri dalam menggerakkan industri hijau dan membangun masa depan yang lebih berkelanjutan (sustainable)? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1.      Teknik Industri Mendukung Optimalisasi Proses Produksi

Salah satu aspek inti dalam teknik industri adalah optimalisasi proses produksi. Ini melibatkan analisis mendalam terhadap seluruh supply chain dan proses produksi. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi potensi efisiensi yang bisa membantu mengurangi limbah, penggunaan energi, dan sumber daya yang ada.

Dengan penerapan teknik ini, perusahaan-perusahaan bisa meningkatkan produktivitas namun di saat yang sama juga berperan serta dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Contohnya saja teknik industri bisa membantu merancang aliran kerja produksi sehingga lebih efisien dan tidak boros waktu serta sumber daya.

2.      Teknik Industri Membantu Desain Produk yang Ramah Lingkungan

Teknik industri juga terlibat dalam desain produk yang lebih ramah lingkungan. Ini mencakup pemilihan bahan yang berkelanjutan, mengurangi limbah produksi, serta merancang agar produk yang dihasilkan lebih tahan lama.

Dengan berfokus pada desain produk yang ramah lingkungan, teknik industri bisa membantu mengurangi jejak karbon dan dampak lingkungan dari siklus hidup produk yang dihasilkan.

3.      Teknik Industri Mendukung Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain) yang Berkelanjutan

Manajemen rantai pasokan berkelanjutan merupakan sebuah konsep penting dalam industri hijau. Teknik industri memiliki peran penting dalam memastikan bahwa bahan baku yang digunakan diambil secara berkelanjutan, dikirimkan dengan cara yang efisien, serta digunakan dengan hemat dalam proses produksi.

Dengan meminimalisasi limbah dan memaksimalkan penggunaan sumber daya, manajemen rantai pasokan dapat membantu perusahaan mencapai tujuan menciptakan lingkungan yang sustainable.

4.      Teknik Industri Membantu Proses Pemantauan Kinerja Lingkungan

Lulusan teknik industri akan melahirkan engineer yang bertanggung jawab untuk mengembangkan sistem pemantauan kinerja lingkungan. Ini mencakup penggunaan teknologi untuk mengukur dan mengelola dampak lingkungan yang dihasilkan dari kegiatan operasional perusahaan.

Data ini akan membantu perusahaan mengidentifikasi area mana yang bisa mereka perbaiki secara lebih lanjut dan memastikan bahwa mereka mematuhi regulasi lingkungan yang berlaku.

5.      Teknik Industri Membantu Proses Pengembangan Teknologi Hijau

Teknik industri juga berperan dalam mengembangkan teknologi hijau. Ini dapat dilakukan lewat penelitian dan pengembangan teknologi baru yang lebih ramah lingkungan. Sebut saja, dengan menciptakan energi terbarukan, membuat teknologi pengolahan limbah yang inovatif, atau merancang sistem manajemen smart energy.

Dengan memajukan teknologi hijau, teknik industri akan membantu menciptakan solusi yang lebih berkelanjutan untuk menangani berbagai masalah dan tantangan lingkungan.

6.      Teknik Industri Mendukung Konservasi Sumber Daya Alam

Lewat praktik-praktik yang mengurangi pemborosan dan memaksimalkan sumber daya alam yang terbatas, teknik industri secara langsung ikut berkontribusi pada konservasi sumber daya alam. Misalnya, lewat pengembangan strategi untuk memanfaatkan kembali dan mendaur ulang material, mengurangi konsumsi air, dan bahan baku lainnya.

Langkah ini tidak hanya akan mengurangi dampak lingkungan, tetapi juga membantu perusahaan dalam menghemat biaya produksi.

Jurusan Teknik Industri BINUS ONLINE, Siap Menjawab Segala Tantangan!

Dengan berbagai tantangan yang ada, BINUS lewat jurusan Teknik Industri di BINUS ONLINE hadir sebagai jawaban bagi industri yang membutuhkan sumber daya manusia yang mendukung industri hijau. Berbeda dengan kelas konvensional, BINUS ONLINE menawarkan fleksibilitas yang lebih besar bagi BINUSIAN yang sedang bekerja untuk bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang S1.

Dukungan pendidikan yang relevan dengan dunia industri masa kini akan memberi peluang bagi para BINUSIAN untuk mendapatkan posisi yang lebih baik di perusahaan tempatnya bekerja sekarang. Tertarik membangun masa depan yang berkelanjutan dan karier yang lebih mapan? Yuk, bergabung dengan BINUS ONLINE jurusan teknik industri sekarang juga!