Manfaat dan Tujuan Audit Keuangan, Kamu Harus Tahu!

Melakukan audit keuangan tidak sekedar proses pengumpulan dan evaluasi bukti terkait laporan keuangan dengan akurat, tetapi juga dapat membantu menemukan suatu kecurangan atau tindakan yang bisa berpotensi merugikan keuangan di perusahaan. Hasil laporan dalam proses audit tersebut nantinya digunakan untuk menentukan, apakah informasi tersebut konsisten atau tidak dengan kejadian aktual dan standar yang diberlakukan. 

Peran dan tanggung jawab auditor sangat besar di sini. Oleh sebab itu, mereka harus benar-benar paham dengan proses kerja yang sedang mereka lakukan, mulai dari perencanaan, eksekusi hingga pembuatan laporan. Jika kamu ingin menjadi seorang auditor keuangan, maka harus tahu manfaat dan tujuan audit keuangan terlebih dahulu.

Pengertian Audit Keuangan

Seperti yang telah disebutkan di atas, audit keuangan merupakan evaluasi suatu organisasi, lembaga ataupun perusahaan. Tujuannya untuk memberi pendapat secara independen (pihak ketiga) terkait laporan keuangan yang tepat dan akurat berdasarkan prinsip akuntansi yang berlaku. Audit ini merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban perusahaan pada stakeholder.

Apabila tidak ada tindakan audit, maka dikhawatirkan dapat menimbulkan kesalahan baik yang disengaja ataupun tidak. Hal ini juga akan memunculkan kesan bahwa para pemangku kepentingan kurang kredibel dan tidak dapat dimintai pertanggungjawaban. Melalui proses audit yang terperinci dan detail ini, para auditor akan bisa menilai, apakah internal control yang sudah dilakukan perusahaan benar atau tidak.

 Dengan dilakukannya audit keuangan ini, bisa membuat perusahaan menjadi berkembang karena membantu menganalisis celah yang terjadi dalam sistem akuntansi.

Manfaat Audit Keuangan

Audit laporan keuangan pada sebuah perusahaan mempunyai manfaat yang sangat besar. Berikut adalah beberapa manfaat yang didapat di antaranya.

Menentukan Laba Secara Tepat

Auditor pastinya telah memeriksa laporan keuangannya secara cermat dan teliti sehingga dapat membantu perusahaan untuk menentukan profitabilitas dan manajemen laba lebih akurat. Oleh sebab itu, dengan melakukan audit ini perusahaan menjadi terbantu dalam membuat keputusan untuk perkembangan perusahaannya menjadi lebih pesat.

Mendeteksi Kecurangan

Dengan melakukan audit, kemungkinan kecurangan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab jadi lebih cepat ketahuan. Ini karena pekerjaan auditor memang selalu membuat laporan keuangan di suatu perusahaan berdasar kepada kredibilitas fakta yang ditemukan.

Laporan Menjadi Lebih Akurat

Ketika auditor menyusun laporan keuangan, maka mereka akan mengidentifikasi dari segala sisi sebelum nantinya laporan tersebut diserahkan kepada pemangku kepentingan. Dengan begitu, kendala-kendala data yang akan dilaporkan menjadi lebih terpercaya dan bisa diandalkan.

Menjaga Kepatuhan

Ketika auditor tengah memeriksa data keuangan, tentunya mereka juga sudah memastikan bahwa organisasi bisnis tempatnya bekerja telah sesuai dengan peraturan yang ditetapkan undang-undang yang berlaku. Apabila suatu organisasi ternyata melakukan pelanggaran atau tindakan tidak patuh, maka auditor dapat menginformasikan hal tersebut ke perusahaan atau pihak yang berkepentingan.

Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis

Seorang auditor bisa dikatakan pihak yang independen, di mana semua saran ataupun pendapat yang diberikan sama sekali tidak dimanfaatkan untuk keuntungan pribadi. Hal inilah yang membuat auditor menjadi pihak yang paling tepat dalam memberikan nasihat tentang keuangan demi meningkatkan bisnis, tata kelola keuangan, dan praktik akuntansi pada sebuah perusahaan.

Menyederhanakan Proses Pinjaman

Apabila laporan keuangan sudah melalui audit, itu artinya lembaga keuangan seperti bank akan lebih mudah untuk meminjamkan uang. Hal ini tidak terlepas dari peran auditor yang berhasil memberikan laporan keuangan menjadi lebih dipercaya dan sangat kecil kemungkinannya dapat dipalsukan.

Membantu Perencanaan dan Penganggaran

Audit keuangan bisa membantu untuk memastikan keakuratan laporan perusahaan dengan cara mengidentifikasi dan menganalisa semua transaksi yang pernah dilakukan tanpa terkecuali. Dengan begitu, gerakan uang masuk maupun keluar bisa menjadi lebih terperinci. Cara seperti ini nyatanya bisa memudahkan para pemangku kepentingan dalam menentukan rencana di masa depan, anggaran, dan pengambilan keputusan tentang keuangan ke arah yang lebih baik. 

Tujuan Audit Keuangan

Tujuan dilakukannya audit laporan keuangan ini adalah memberikan kepastian kepada para pemangku kepentingan, bahwa laporan keuangan yang diberikan perusahaan telah lengkap dan akurat serta sesuai dengan prinsip dan standar akuntansi. Laporan keuangan ini juga harus memberikan informasi tentang posisi keuangan aktual suatu perusahaan pada kinerja perusahaan dan tanggal neraca selama di periode tersebut.

Laporan yang Memerlukan Audit Keuangan

Sebenarnya tidak semua laporan memerlukan audit laporan keuangan. Nah, berikut adalah beberapa laporan yang membutuhkan audit keuangan yang perlu kamu ketahui.

Laporan Arus Kas

Cash flow atau laporan arus kas merupakan laporan kas dan setara kas yang telah diterima dan dibayar perusahaan dalam periode akuntansi tertentu. Lebih mudahnya, isi laporan arus kas ini berisi tentang informasi keuangan, baik itu pendapatan serta pengeluaran yang dilakukan perusahaan dalam periode tertentu.

Laporan Untung dan Rugi

Laporan untung dan rugi adalah bagian laporan keuangan yang diperoleh perusahaan secara menyeluruh dalam periode akuntansi tertentu. Laporan ini berisi tentang laporan keuangan dari pendapatan periode dan beban periode yang sedang berjalan baik itu beban operasional maupun non-operasional.

Saldo

Neraca sudah pasti menjadi bagian dari audit keuangan yang isinya tentang kewajiban pembayaran oleh pihak terkait terhadap bisnis perusahaan, aset, dan ekuitas pada waktu tertentu. Dengan kata lain, neraca dapat memberikan gambaran terkait aset dan juga kewajiban yang harus dipenuhi suatu perusahaan.

Buat kamu yang saat ini mulai tertarik dengan profesi auditor, maka jangan pernah ragu untuk bergabung bersama BINUS Online yang siap mencetak kamu menjadi ahli audit keuangan yang banyak dibutuhkan perusahaan. Dengan model pembelajaran online yang ditawarkan, kamu bisa mengatur waktu perkuliahan dengan aktivitas lain tanpa takut akan mengganggu salah satunya.