6 Tipe Struktur Organisasi

Setiap perusahaan pasti di dalamnya memiliki struktur organisasi yang menjadi dasar manajemennya. Struktur dalam perusahaan ini memiliki fungsi untuk menjelaskan tentang pekerjaan setiap karyawan dan sistem yang dilakukan perusahaan secara menyeluruh supaya perusahaan bisa mencapai cita-cita atau tujuannya. Memahami tipe struktur organisasi serta penerapan yang tepat akan membantu dalam mengelola organisasi atau perusahaan.

Tipe Struktur Organisasi yang Digunakan Sebuah Perusahaan

Ada enam tipe struktur organisasi yang biasanya digunakan sebuah perusahaan. Dari keenam tipe atau jenis struktur organisasi yang biasanya digunakan oleh organisasi maupun perusahaan tersebut, masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan. Berikut rincian selengkapnya dari masing-masing tipe struktur organisasi tersebut.

Struktur Organisasi Divisional

Tipe struktur organisasi yang pertama adalah tipe divisional yang bertugas melakukan pengelompokan yang berdasar kepada jasa (layanan/servis), produk, pasar, dan letak geografis. Umumnya, struktur organisasi tipe ini diterapkan oleh perusahaan berskala menengah hingga besar.
Kelebihan yang dimiliki struktur organisasi ini ialah memudahkan perusahaan dalam hal pengelolaan karena mampu memecah divisi-divisi di sebuah perusahaan untuk menjadi bagian yang lebih kecil. Sementara untuk kelemahannya terletak pada alokasi distribusi biaya yang dikeluarkan perusahaan dan masalah sumber daya.

Struktur Organisasi Fungsional

Struktur organisasi fungsional adalah tipe struktur organisasi yang sangat umum digunakan oleh perusahaan atau organisasi. Pembagian kerja dari tipe ini dilakukan berdasarkan fungsi dari masing-masing manajemen, seperti manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen produksi, dan sebagainya. Bagi para karyawan yang memiliki keahlian yang serupa, nantinya akan dikelompokkan dalam satu unit pekerjaan.
Kelebihan jenis struktur organisasi adalah mampu menekan biaya operasional yang dikeluarkan oleh perusahaan. Selain itu, hal ini memudahkan tim manajerial dalam pengawasan dan juga evaluasi kinerja para karyawan.
Sayangnya, menerapkan tipe organisasi ini bisa juga memiliki kelemahan, yaitu sulitnya melakukan komunikasi dan diskusi antarunit kerja satu dengan unit lainnya. Pelatihan manajemen umum yang diberikan kepada karyawan di sini juga sangat terbatas.

Struktur Organisasi Matrik

Struktur organisasi matrik adalah struktur yang berasal dari gabungan struktur organisasi divisional dan struktur organisasi fungsional. Tujuan dari keduanya ialah saling melengkapi serta menutupi kekurangan masing-masing. Struktur organisasi tipe ini juga lebih dikenal dengan sebutan struktur organisasi proyek. Hal ini dikarenakan setiap karyawan di unit struktur organisasi fungsional diharuskan mengerjakan semua proyek yang sudah dibebankan.
Struktur organisasi matrik ini sangat cocok apabila diterapkan untuk perusahaan berskala besar maupun perusahaan dengan tingkat multinasional. Alasannya tidak lain karena kemampuannya yang mampu mencapai tingkat koordinasi yang sangat dibutuhkan untuk menjawab tuntutan ganda di dalam lingkup perusahaan.
Meski begitu, struktur organisasi matrik ini juga memiliki kelemahan, di mana kelemahan tersebut berasal dari tuntutan ganda yang terkadang memunculkan kebingungan. 

Struktur Organisasi Lini

Struktur organisasi lini merupakan struktur organisasi tentang hubungan atasan dan karyawan yang terjadi secara langsung maupun vertikal. Artinya, dimulai dari urutan pimpinan paling tinggi sampai karyawan yang hanya memiliki jabatan rendah sekalipun nantinya akan dihubungkan menjadi satu garis komando (wewenang).
Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa struktur organisasi ini juga dikenal sebagai struktur organisasi militer. Kelebihan dari struktur organisasi lini adalah kesatuan pimpinan berada di tangan satu orang.
Sedangkan untuk kelemahannya, struktur ini sangat tergantung dengan satu orang di dalam struktur hirarkinya. Untuk penerapannya, struktur organisasi ini sangat cocok diterapkan untuk organisasi dengan skala yang terbilang sangat kecil, misalnya bengkel, warung tegal, kedai nasi, maupun rukun tetangga.

Struktur Organisasi Lini dan Staff

Struktur organisasi tipe lini dan staff merupakan gabungan dari beberapa kombinasi dari struktur organisasi lini yang berasas komando di mana pimpinannya dibantu beberapa staf. Struktur organisasi ini sangat berperan dalam memberi saran, bantuan pikiran, masukan, gagasan, hingga berbagai informasi data yang diperlukan oleh pimpinan.
Tipe struktur organisasi ini sangat cocok jika diterapkan di perusahaan skala kecil karena mempunyai kelebihan yang menjunjung tinggi disiplin moral oleh para karyawan agar bisa bekerja sesuai masing-masing deskripsi tugas. Sayangnya, kelemahan di sini adalah kurangnya solidaritas antarkaryawan yang diakibatkan kebanyakan mereka tidak saling mengenal. 

Struktur Organisasi Komite atau Proyek

Tipe struktur organisasi terakhir yang biasanya digunakan oleh perusahaan ialah struktur organisasi komite atau proyek. Di sini, setiap tugas kepemimpinan dan berbagai tugas khusus lainnya akan dilaksanakan sekaligus dipertanggungjawabkan dengan cara kolektif oleh kelompok pejabat seperti dewan atau komite.
Organisasi ini terdiri dari pimpinan komite (executive committee) yang perannya sebagai pimpinan dengan kewenangan lini. Sementara staf komite sebagai karyawan yang memegang kewenangan staf.
Kelebihan struktur organisasi jenis ini adalah saat pengambilan keputusan dapat dilaksanakan dengan sangat baik karena dilakukan dengan cara musyawarah bersama di antara pemegang saham dan juga dewan. Sementara untuk kelemahannya, terlihat seperti ada penghindaran tanggung jawab apabila terjadi suatu masalah.

Memerlukan waktu yang lama agar bisa menciptakan struktur organisasi yang bisa berjalan dengan efektif. Apabila struktur organisasi ini sudah mampu berjalan dengan baik, maka akan memberi dampak yang baik untuk kinerja sekaligus alur kerja sebuah perusahaan maupun organisasi. Kamu juga bisa merencanakan bisnis dengan lebih baik di masa depan dengan mempertimbangankan penggunaan salah satu dari beberapa tipe struktur organisasi di atas. 

Buat kamu yang ingin mendalami ilmu ini secara formal, maka BINUS Online menyediakan program studi Business Management yang bisa kamu pilih. Di sini, kesempatan kamu untuk mengembangkan kemampuan akademik sesuai minat dan bakat semakin terbuka lebar. Jadi tunggu apa lagi, segera gabung bersama BINUS Online dan dapatkan pengalaman baru dari pembelajaran online yang ditawarkan.