Jakarta – Salah satu jurusan yang paling banyak diminati datang dari jurusan Business Management atau manajemen bisnis. Manajemen bisnis merupakan jurusan yang melatih bagaimana seseorang mahir dalam mengelola sebuah bisnis. Bisnis juga merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak diminati di zaman sekarang, karena dengan bantuan teknologi bisnis akan meningkat pesat. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kalian yang ingin berwirausaha mendalami ilmu ini.

Secara singkat bisnis manajemen merupakan jurusan yang membantu seseorang untuk belajar bagaimana cara mengelola bisnis, baik yang baru dibentuk ataupun yang sudah berjalan. Intinya jurusan ini sangat cocok untuk kalian yang memiliki passion untuk berwirausaha atau mengembangkan bisnis sendiri di kemudian hari.

Namun kira-kira pelajaran apa saja ya pelajaran yang dipelajari dalam sistem informasi ini? Berikut adalah mata kuliah sistem informasi yang kalian dapatkan di BINUS Online Learning.

Semester 1:

· Introduction to Management and Business

· Business Mathematics

· Micro and Macro Economics

Semester 2:

· Character Building: Pancasila

· Introduction to Accounting

· Managerial Economics

· English Professional

Semester 3:

· Character Building: Kewarganegaraan

· Legal Aspect in Economic

· Marketing Management

· Financial Management

· Operational Management

Semester 4:

· Character Building: Agama

· Management Information Systems

· Strategic Management

· Indonesian

Semester 5:

· Retail and Merchandising

· Global Human Resources Management

· Global Supply Chain Management

· Change Management

Semester 6:

· Managerial Accounting

· Entrepreneurship

· Business Statistic

Semester 7:

· Managing Entrepreneurial Organization and Leadership

· E-Business System

· International Business

· Business Communication

Semester 8:

· Minor Program

· E-Corporate Strategy and Management

· E-Marketing and E-CRM

· Research Methodology

· Managing Innovation

· Thesis

Dan dari beberapa mata kuliah yang sudah disebutkan diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa nantinya mahasiswa sistem informasi akan memiliki keahlian sebagai berikut.

  • Mampu merumuskan fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, kepegawaian, pengarahan, pengendalian dan juga evaluasi) pada tingkat operasional di berbagai jenis organisasi.
  • Mampu menjalankan fungsi organisasi (pemasaran, operasional, sumber daya manusia, keuangan, dan strategi) pada tingkat operasional di berbagai jenis organisasi.
  • Mampu mengidentifikasi permasalahan manajerial dan fungsi organisasi pada tingkat operasional, serta melakukan tindakan yang tepat berdasarkan alternatif solusi yang dikembangkan, dengan menerapkan prinsip kewirausahaan yang berakar pada kearifan lokal.
  • Mampu berkontribusi dalam penyusunan rencana strategis organisasi dan menjabarkan rencana strategis ke dalam rencana operasional organisasi pada tingkat fungsional.
  • Mampu memahami dan mengimplementasikan keputusan manajerial yang tepat pada berbagai jenis organisasi pada tingkat operasional, berdasarkan analisis data dan informasi fungsi bisnis.
  • Mampu melakukan kajian dan pemodelan empiris dengan menggunakan metode ilmiah pada berbagai jenis organisasi berdasarkan fungsi organisasi
  • Mampu mengkomunikasikan lintas fungsi dan level organisasi secara efektif
  • Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengembangkan kompetensi bisnis global
  • Mampu menerapkan pemikiran kritis pada kasus manajemen bisnis saat ini dengan menggunakan ilmu ekonomi dan bisnis kuantitatif
  • Mampu menerapkan strategi pemasaran dan bisnis yang terintegrasi dalam lingkungan bisnis global.