BINUS Online

Info Kuliah Manajemen Bisnis dan Berbagai Prospek Kariernya

Jurusan manajemen bisnis menjadi salah satu jurusan yang menjanjikan. Tak hanya memiliki prospek karir yang luas, Anda pun juga bisa menjadi seorang wirausaha yang handal karena bekal ilmu yang diajarkan di sini. Nah, bagi Anda yang sedang cari info kuliah manajemen bisnis, Anda bisa langsung simak ulasannya di bawah ini.

Info Kuliah Manajemen Bisnis

Ketika Anda mencari info kuliah manajemen bisnis, artinya Anda harus tahu lebih detail tentang jurusan ini. Salah satunya tentang SKS. Total setidaknya ada 144 SKS yang harus ditempuh dalam jangka waktu 4 tahun. Dalam SKS tersebut tentu ada beberapa mata kuliah yang wajib dipilih dan ada yang sifatnya tidak wajib.

Beberapa mata kuliah jurusan manajemen bisnis antara lain akuntansi biaya, pengantar ekonomi, ekonomi mikro dan ekonomi makro, manajemen keuangan, manajemen perkantoran, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, matematika bisnis dan statistika deskriptif. Lebih jauh lagi tentang mata kuliah konsentrasi, Anda bisa mencari tahu ke Perguruan Tinggi Indonesia yang memiliki jurusan manajemen bisnis, salah satunya BINUS ONLINE.

Terkait dengan fakultas, secara umum jurusan manajemen bisnis digolongkan dalam fakultas bisnis dan manajemen atau fakultas ekonomi. Sedangkan untuk gelarnya adalah S.M. untuk Sarjana Manajemen jenjang Strata 1, A.Md. atau Ahli Madya untuk jenjang D3.

Prospek Kerja Jurusan Kuliah Manajemen Bisnis

Jika berbicara tentang prospek kerja jurusan manajemen bisnis, tentu jawabannya akan sangat beragam. Ya, lulusan jurusan manajemen bisnis memiliki prospek karir yang sangat beragam dan tentunya ini adalah alasan utama kenapa banyak orang yang memilih jurusan ini daripada jurusan lainnya.

Prospek utama lulusan manajemen bisnis adalah menjadi seorang manajer. Hal ini sesuai dengan jurusan manajemen bisnis yang mana di masa perkuliahan Anda akan banyak belajar tentang bagaimana mengatur sebuah perusahaan. Menariknya, posisi manager dari lulusan manajemen bisnis ini disebut tak terbatas. Artinya semua industri, baik kecil atau besar, industri fashion atau makanan, semua membutuhkan keahlian dari seorang lulusan manajemen bisnis.

Perlu diketahui, posisi sebagai manager pun sangat luas. Oleh karena itu lebih spesifik kami detailkan beberapa karir pekerjaan yang bisa Anda pilih dalam suatu perusahaan: Account Manager, business analyst, business development, project manager, c-level manager, sales manager, marketing executive, dan direktur.

Lantas, bagaimana dengan gaji yang diperoleh? Untuk masalah gaji tentu saja bergantung dari perusahaan tempat di mana Anda bekerja dan dimana posisi Anda menjabat. Meski begitu secara umum diketahui jika rentang penghasilan yang didapat dari beberapa prospek karir di atas mulai dari 4 juta Rupiah hingga 50j uta Rupiah. Cukup menjanjikan, bukan?

Terlepas dari prospek karir dan juga banyaknya penghasilan yang didapat, pada dasarnya tentu saja ada seorang yang tidak suka menjadi karyawan. Ya, beberapa orang adalah tipe yang tidak suka bekerja di bawah kepemimpinan atau sebagai karyawan. Tentu saja jika begitu solusi utamanya adalah menjadi pengusaha.

Salah satu kelebihan dari kuliah manajemen bisnis adalah bekal ilmu yang cukup besar untuk menjadi seorang pebisnis. Memang merintis bisnis itu sulit khususnya di awal, tetapi dengan adanya latar pendidikan formal tentu saja hal ini bisa lebih mudah, khususnya ketika Anda kuliah di kampus yang tepat seperti BINUS ONLINE.

Apa Saja yang Diajarkan Dalam Jurusan Ini?

Ketika Anda mencari info kuliah manajemen bisnis, sebenarnya Anda tengah mencari info untuk menjadi seorang pemimpin industri yang inovatif dan kreatif. Nah, hal ini memang tepat karena ketika kuliah di manajemen bisnis, Anda akan belajar banyak hal terkait bisnis mulai dari dasar. Berikut beberapa hal yang dipelajari pada jurusan manajemen bisnis:

1. Program undergraduate

Program ini sering digunakan untuk mengawali karir dalam bidang profesional. Di sini Anda akan banyak belajar tentang ilmu untuk menjalankan perusahaan serta bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik. Ilmu yang Anda dapatkan di sini kemudian akan diterapkan dalam semua bidang pekerjaan yang Anda geluti nantinya.

2. Program postgraduate

Jurusan manajemen bisnis adalah jurusan yang sangat mengasyikkan sehingga mungkin saja Anda berpikir untuk melanjutkan program pasca sarjana. Atau mungkin Anda mengambil program ini karena telah dipersyaratkan untuk sebuah jenjang karir. Apapun itu, dengan mengambil post graduate tentu membuat Anda lebih mampu menjadi seorang manajer yang efektif dan lebih mampu dalam menghadapi tantangan pekerjaan.

Pengetahuan dan Keahlian

Ada beberapa pengetahuan dan keahlian utama yang diajarkan pada program kuliah manajemen bisnis antara lain:

  1. Soft skill dalam negosiasi dan komunikasi
  2. Soft skill untuk berfikir secara logis dan matematis
  3. Pengelolaan informasi
  4. Pengelolaan bisnis mandiri
  5. Pengolaan analisis bisnis

Kuliah Manajemen Bisnis di BINUS Online

Jurusan manajemen bisnis adalah jurusan yang dikhususkan bagi Anda yang berminat untuk berkarir dalam dunia manajemen atau berwirausaha karena tujuan dasar dari jurusan ini adalah mencetak profesional yang ahli dan mahir dalam bisnis serta manajemen.

Namun, tahukah Anda bahwa lulusan yang profesional dan mahir juga ditentukan dari di mana dia mengenyam pendidikan? Kampus yang baik, kampus yang berkualitas adalah kampus yang pasti mampu membuat lulusannya menjadi pribadi yang profesional di bidangnya.

Bersama dengan BINUS ONLINE Anda yang tengah bekerja pun tak harus mengkhawatirkan jadwal mata perkuliaham. BINUS ONLINE menggunakan sistem 100% online sebagai sarana pembelajaran dan juga memberikan jadwal mata kuliah yang cukup fleksibel.

Whatsapp