Langkah-Langkah Digital Venture Creation untuk Calon Entrepreneur Muda
Digital venture creation merupakan salah satu langkah strategis bagi mereka yang mengubah ide atau teknologi menjadi bisnis digital yang sukses. Para entrepreneur digital wajib melakukan penciptaan bisnis atau usaha dengan mengidentifikasi ide bisnis yang potensial serta mengamati perubahan dinamis di era bisnis yang serba digital ini.
Perkembangan ekonomi digital telah membuka prospek baru bagi para wirausahawan, yang mengarah pada pembentukan model bisnis baru, inovasi, dan nilai di sektor-sektor berbasis data.
Pemanfaatan Teknologi Terbaru
Teknologi baru berperan penting dalam membentuk masa depan kewirausahaan digital. Kemajuan dalam kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, blockchain, dan teknologi baru lainnya membuka kemungkinan baru bagi bisnis digital. Teknologi-teknologi ini berpotensi mengubah cara bisnis beroperasi, dan menciptakan jenis-jenis kewirausahaan digital yang benar-benar baru.
Misalnya, kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin dapat membantu bisnis menganalisis data secara lebih efektif, mengotomatiskan tugas-tugas rutin, dan menyediakan layanan yang lebih personal dan responsif.
Selain itu, teknologi blockchain dapat memungkinkan transaksi yang lebih aman dan transparan, serta dapat menciptakan peluang baru bagi model bisnis peer-to-peer. Teknologi-teknologi ini dan teknologi baru lainnya kemungkinan akan mendorong inovasi dan pertumbuhan di sektor kewirausahaan digital di tahun-tahun mendatang.
Namun menciptakan usaha digital memang lebih mudah ketimbang mengembangkan usaha tersebut secara sukses dan berkelanjutan.
Kenali Digital Venture Creation Bagi Calon Entrepreneur
Penciptaan usaha digital mengacu pada praktik menciptakan dan mengelola usaha bisnis yang memanfaatkan teknologi dan platform digital untuk inovasi, pertumbuhan, dan profitabilitas. Hal ini terkait erat dengan kewirausahaan digital yang mencakup ragam kegiatan yang terkait dengan penciptaan serta pengembangan juga pengelolaan bisnis yang beroperasi terutama atau secara eksklusif di ruang digital.
Bisnis-bisnis ini dapat sangat bervariasi dalam ukuran dan cakupan, mulai dari usaha kecil yang dijalankan satu orang hingga perusahaan multinasional besar. Intinya semua wirausaha digital memaksimalkan teknologi digital untuk mendorong kegiatan bisnis mereka.
Langkah-Langkah Strategis Digital Venture Creation
Pengelolaan digital venture tentu banyak tantangan yang meliputi pengelolaan tim jarak jauh, memastikan keamanan data, menangani masalah teknis, dan mempertahankan kehadiran daring yang kuat. Namun demikian, para digital entrepreneur tentu lebih menyadari bahwa manfaat menjalankan bisnis digital jauh lebih besar daripada tantangannya.
Beberapa langkah strategis tersebut termasuk:
-
Mencari Ide Untuk Buka Peluang
Tahapan awal adalah mencari akar masalah yang harus dipecahkan dengan mengidentifikasi points di pasar untuk diselesaikan dengan teknologi digital. Masalah ini harus cukup signifikan sehingga orang mau membayar untuk solusinya.
Selain itu perlu analisis mendalam terhadap target pasar dengan menggunakan perangkat seperti seperti Analisis SWOT. Lalu, tawarkan solusi digital unik dan berbeda untuk mendapatkan nilai. Pastikan pelanggan memberikan feedback sehingga produsen tahu masalah yang dihadapi konsumen.
-
Perancangan Model Bisnis Digital
Setelah validasi ide dan solusi, langkah selanjutnya adalah pemetaan model bisnis menggunakan kerangka kerja seperti Business Model Canvas. Hal ini penting untuk memetakan elemen kunci termasuk sumber pendapatan dan penentuan target pasar dan juga strategi menjangkau pelanggan yang biasanya melalui saluran digital. Baca juga: Info Kuliah Manajemen Bisnis dan Berbagai Prospek Kariernya
-
Pengembangan MVP
Langkah ketiga adalah mengembangkan produk minimum yang layak atau Minimum Viable Product. Inti dari digital venture creation adalah kecepatan dan efisiensi sehingga membuat versi paling dasar dengan fitur inti lebih diutamakan daripada membangun produk sempurna. Caranya adalah memilih fitur minimal untuk menyelesaikan masalah utama pelanggan dan tidak melakukan penambahan fitur yang tidak perlu.
Perlu ada pemanfaatan teknologi low-code atau no-code di tahap awal untuk menghemat waktu dan biaya dalam mengembangkan MVP secara cepat. Setelah itu, MVP diuji kepada pengguna nyata sehingga mendapatkan umpan balik langsung.
-
Pengukuran Kinerja
Langkah berikutnya adalah melakukan pengukuran kinerja atau Key Performance Indicators. Caranya dengan mengumpulkan data kinerja MVP seperti tingkat retensi pengguna dan biaya akuisisi pelanggan juga nilai seumur hidup pelanggan atau LTV.
KPI dapat memperbaiki atau menambahkan bahkan menghapus fitur sehingga ditemukan Product-Market Fit yakni kondisi di mana produk berhasil memuaskan pasar yang cukup besar.
-
Skalabilitas
Setelah tercapainya product-market fit maka perlu ada fokus pada pertumbuhan dan peningkatan skala. Caranya dengan meningkatkan MVP menjadi produk yang lebih kokoh dan stabil dengan menggunakan arsitektur teknologi yang mendukung pertumbuhan pengguna yang cepat.
Terapkan strategi untuk mempercepat akuisisi dan retensi pelanggan, seringkali melalui optimalisasi saluran digital. Kembangkan tim dengan keterampilan yang tepat, terutama di bidang teknologi, pemasaran digital, dan manajemen produk. Dalam konteks digital, tim harus selalu dapat bekerja sama secara independen.
Mengenal Jurusan Digital Business Management di BINUS ONLINE
Pemahaman akan manajemen bisnis digital menjadi sangat penting di era industri digital ini. Saat ini, kamu wajib bijaksana dalam memilih jurusan terbaik di kampus dengan reputasi yang telah diakui dunia. Berbagai keunggulan dalam Digital Business Management dapat diterapkan dalam perusahaan maupun dunia bisnis demi keberhasilan dalam menjalankan bisnis.
BINUS ONLINE hadir dengan jurusan Digital Business Management di mana mahasiswa mendapatkan pemahaman tentang teknologi terbaru serta aplikasi bisnis inovatif. Sebagai bagian dari BINUS University, BINUS ONLINE menawarkan metode pembelajaran jarak jauh sehingga pas buat kamu yang tengah membangun bisnis digital. Dengan bergabung di jurusan Digital Business Management, kamu dapat mengimplementasikan ilmu yang kamu dapatkan untuk mengembangkan bisnis digitalmu.
Yuk, segera daftar di BINUS ONLINE dan nikmati kuliah tanpa keterikatan jadwal dan tempat kuliah!

Comments :