strategi manajemen

Strategi manajemen bisnis digital yang efektif menjadi adalah pendekatan strategis dalam mengelola seluruh aktivitas bisnis untuk bisa bertahan bahkan berkembang di era online. Pemanfaatan teknologi digital saat ini dapat meningkatkan efisiensi, daya saing, serta pengalaman pelanggan yang efektif. Kemampuan seseorang dalam mengatur strategi manajemen bisnis digital mencakup integrasi teknologi digital dalam proses operasional, pemasaran, layanan pelanggan, serta pengambilan keputusan berbasis data.

Definisi Strategi Manajemen Bisnis Digital

Strategi bisnis digital secara komprehensif artinya adalah langkah-langkah spesifik oleh perusahaan dalam mengembangkan model bisnis dan proposisi nilai guna memanfaatkan teknologi baru dengan sebaik-baiknya. Strategi bisnis digital berfokus pada penggunaan perkembangan teknologi dalam meningkatkan cara perusahaan menciptakan nilai untuk pelanggan. Pemilik usaha harus dapat berinovasi dengan produk baru yang tidak dimiliki kompetitor. 

Seiring dengan restrukturisasi bisnis kecil untuk beradaptasi dengan realitas era digital, kebutuhan untuk memahami strategi dan konsep bisnis digital untuk pertumbuhan dan kesuksesan yang lebih besar pun meningkat. Itulah sebabnya artikel ini ditulis. 

Elemen Kunci Strategi Manajemen Digital Andal 

Strategi pemasaran digital yang efisien dan efektif merupakan komponen penting dari keseluruhan bauran pemasaran bisnis, terlepas dari ukurannya dan apakah bisnis tersebut adalah online atau offline. Strategi pemasaran bisnis lokal dapat mencakup banyak metode periklanan lokal luring. Namun, dalam kondisi perekonomian saat ini, pemilik bisnis perlu menerapkan konsep pemasaran digital dan strategi digital untuk memaksimalkan penjualan dan menghasilkan lebih banyak keuntungan. 

Bisnis kecil yang menjalankan semua aktivitas daring perlu memanfaatkan strategi transformasi digital yang membantu menarik calon pelanggan. Ada banyak bidang pemasaran daring yang bermanfaat bagi usaha kecil. Beberapa di antaranya lebih penting bagi usaha lokal dan offline, sementara yang lain lebih efektif bagi usaha multinasional dan oline. 

Saat ini, banyak usaha terlibat dalam berbagai bidang konsep dan strategi bisnis digital untuk memaksimalkan hasil pemasaran dan pertumbuhan usaha. 

Lalu, bagaimana caranya untuk dapat menjalankan strategi manajemen bisnis digital secara efektif? 

  • Visi dan Misi Digital

Pemilik bisnis digital perlu menyusun visi dan misi digital yang selaras dengan tujuan bisnis mereka baik dalam bentuk penjualan produk atau layanan jasa. Selain itu, penentuan nilai unik harus menjadi prioritas karena hal ini penting untuk menarik pelanggan. Nilai tersebut tentu terkait dengan layanan digital seperti layanan 24/7, atau layanan dalam bentuk aplikasi mobile. Tujuan bisnis sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan data untuk mengambil keputusan strategis yang juga populer disebut data-driven decision making.

  • Transformasi Digital 

Manajemen bisnis harus beralih dengan mengadopsi teknologi seperti cloud computing, Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (AI), dan big data untuk mempercepat proses bisnis. Pemilik bisnis perlu mengubah model bisnis konvensional menjadi berbasis digital agar lebih responsif terhadap perubahan pasar. Mengadopsi konsep bisnis digital dan strategi digital dapat membantu meningkatkan pengalaman pelanggan, meningkatkan produktivitas, dan memanfaatkan kecerdasan bisnis. 

  • Pengelolaan Sumber Daya Digital 

Dalam hal ini, pemilik bisnis tak hanya harus memiliki perangkat digital tetapi juga sumber daya yang mendukung. Tentu yang pertama adalah menyediakan infrastruktur teknologi di mana keberadaan perangkat keras dan lunak dapat mendukung operasional digital. Yang berikutnya adalah sumber daya manusia digital yakni dengan meningkatkan keterampilan karyawan dalam teknologi digital melalui pelatihan. Tak kalah penting adalah keamanan siber yang makin krusial di mana keamanan dapat melindungi data dan sistem dari ancaman digital.

  • Pengalaman Pelanggan 

Pelanggan berperan penting dalam kesuksesan bisnis di mana pemilik bisnis harus dapat memberikan pelayanan maksimal. Penggunaan kanal digital seperti website, media sosial dan chatbot dapat meningkatkan interaksi pelanggan sehingga mereka dapat berinteraksi secara cepat. Peningkatan pengalaman pelanggan juga dapat melalui personalisasi layanan berdasarkan data pelanggan. Digitalisasi dapat menyediakan layanan yang cepat, mudah, dan intuitif sehingga pelanggan merasa dihargai.

  • Evaluasi Kinerja Digital

Kinerja karyawan juga dapat terukur dengan menggunakan manajemen bisnis digital, salah satunya dengan menetapkan Key Performance Indicators (KPI) digital. Penggunaan data analitik untuk mengukur efektivitas kampanye dan operasi sangat efektif dalam melakukan evaluasi berkala dan perbaikan berkelanjutan. 

  • Pemasaran Digital 

Digital marketing menjadi salah satu faktor kunci dalam manajemen bisnis digital dengan menggunakan SEO, SEM, email marketing, dan media sosial untuk menjangkau audiens. Selain menjangkau target pasar, ketepatan target pasar akan efektif dengan menganalisis perilaku konsumen dengan tools analitik seperti Google Analytics. Pemilik bisnis harus dapat menyesuaikan strategi pemasaran berdasarkan hasil kampanye secara digital.

  • Adaptasi Dengan Teknologi Digital 

Manajemen bisnis digital harus dapat mengevaluasi tren teknologi dan perilaku pasar di mana hal ini harus menjadi kebiasaan. Inovasi harus menjadi ‘nyawa’ perusahaan sehingga menjadi budaya yang harus dipertahankan. Dengan demikian, semua pihak dalam perusahaan dapat cepat beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis. Teknologi digital dapat mengurangi biaya operasional karena otomatisasi proses bisnis seperti logistik, keuangan, dan SDM sangat efektif. Teknologi digital termasuk penggunaan software Enterprise Resource Planning (ERP) dan Customer Relationship Management (CRM). 

Yuk, Jadi Pebisnis Handal Dengan Berkuliah di BINUS Online

BINUS Online menawarkan jurusan Digital Business Management yang dapat membekalimu dengan pengetahuan dan keterampilan di bidang manajemen bisnis yang terintegrasi dengan teknologi digital. Di era digital dengan kompetisi tinggi ini, kamu wajib bisa menguasai pengelolaan bisnis berbasis digital sekaligus merancang strategi digital marketing untuk dapat berkompetisi meraih pelanggan dan mempertahankannya. Melalui pembelajaran secara online, kamu dapat sekaligus mengembangkan bisnismu dengan mengaplikasikan ilmu manajemen bisnis digital secara nyata.