Tetap Termotivasi di Masa Sulit

2020 sampai dengan 2021 merupakan tahun kelam di dunia hospitality industry. Covid 19 menghantam industri pariwisata dengan sangat parah dan banyak pekerja sektor pariwisata terpaksa diberhentikan sementara ataupun ter-PHK. Keberuntung masih berpihak kepada saya karena saya merupakan salah satu karyawan yang diberi kesempatan untuk bekerja remote / Work From Home (WFH).

Saya selalu termotivasi untuk berkuliah dan hampir setiap tahun semenjak 2012, saya mencari informasi tentang perkuliahan yang menggunakan system 100% online. Akan tetapi, peluang itu benar – benar terbuka lebar pada tahun 2021. Dimana mobilitas dan tuntutan kerja berkurang dikarenakan WFH. Tanpa ragu saya mendaftar di PJJ Business Management, Binus online – Recognition of Past Learning (RPL) dengan disetujuinya penyertaan 15 mata kuliah akademik.

Alhamdulillah, pilihan saya TEPAT. Binus online mempunyai sistem yang sangat mendukung untuk menyelenggarakan perkuliahan online. Mulai dari saya mendaftar kuliah sampai kegiatan belajar –mengajar yang terpadu di Binus online – Learning Management System (LMS). Bimbingan dari para dosen dan kerja sama dari rekan mahasiswa pun memudahkan saya dalam kegiatan belajar mengajar, serta dalam mengerjakan tugas – tugas yang diberikan.

Dua setengah tahun kemudian kerja keras dan ketekunan pun terbayarkan. Alhamdulillah saya lulus tepat waktu dan mendapatkan predikat kelulusan sebagai Summa Cum Laude dengan IPK 3.94. “Jangan jadikan masa sulit sebagai alasan untuk bersedih dan menyerah. Manfaatkan masa sulit sebagai peluang untuk medekatkan diri kepada Sang Pencipta dan mencari kesempatan untuk menempa diri”.

 

Berikut tips untuk bekerja dan berkuliah dengan berprestasi:

Manajemen waktu
Penting untuk merencanakan kegiatan satu minggu kedepan dan mensinkronisasinya secara keseluruhan. Manfaatkan setiap sela –sela waktu untuk mempelajari mata kuliah yang berjalan dari berbagai sumber. Bite-sized Learning, membagi konten belajar menjadi bagian-bagian kecil yang mudah dicerna. Hal ini memudahkan kita untuk menyesuaikan diri dengan jadwal yang padat dan kemampuan untuk berkonsentrasi penuh di waktu yang singkat.

Hindari kesenangan sementara
Hindari kegiatan yang kurang memberikan manfaat dan hanya sebagai asupan dopamine sementara. Entertainment and “me time” is important for mood booster, akan tetapi jangan sampai sebagian besar waktu terpakai untuk kegiatan yang kurang memberikan manfaat.

Komitmen, disiplin dan konsistensi
Sebagai perumpamaan, jika saya bertanya kepada beberapa orang dewasa yang sakit – sakitan, “bagaimana cara untuk hidup yang sehat?” Saya sangat yakin sebagaian besar jawaban yang mereka berikan adalah benar, akan tetapi apakan mereka memiliki komitmen, disiplin dan konsistensi untuk hidup sehat?. Begitupun bekerja dan berkuliah untuk mendapatkan prestasi yang merupakan hasil dari komitmen, disiplin dan konsistensi.