BINUS Online

Cara Kelola Waktu Antara Kuliah Dan Kerja Ala Mahasiswa BINUS Online Learning

Tidak sedikit mahasiswa yang di dalam menjalankan kuliahnya harus membagi waktu untuk bekerja. Tentu mereka memiliki alasan masing-masing untuk bekerja di samping juga harus kuliah. Melakukan kuliah dan bekerja setiap harinya bukanlah mudah. Di mana Anda harus bisa mengelola waktu sebijak mungkin agar kuliah tidak terganggu, tetapi masih tetap bisa menghasilkan.

Kuliah sembari kerja mampu mendatangkan keuntungan yang tidak hanya sebatas uang saja. Tetapi juga bisa menambah skill, mendukung karir setelah menyelesaikan studinya, bisa meningkatkan profesionalisme, dan pastinya bisa memiliki ruang diskusi yang luas, tidak hanya sebatas teman kampus saja.

Namun, Anda juga berpeluang untuk mendapatkan risiko dari kuliah sembari bekerja. Misalnya saja quality time yang sulit didapat, rasa lelah, dan sedikitnya waktu untuk hangout. Oleh karena itu, berikut ini merupakan beberapa cara untuk mengelola waktu Anda secara bijak antara kuliah dan bekerja.

Cara Kelola Waktu Antara Kuliah Dan Kerja

1. Disiplin Pada Waktu

Anda haruslah disiplin pada setiap waktu yang dimiliki. Di mana usahakan untuk tidak menunda-nunda pekerjaan dan segeralah diselesaikan. Karena jika Anda menunda pekerjaan, maka tidak hanya akan menumpuk pekerjaan tetapi juga membuat jadwal menjadi berantakan. Anda haruslah bisa mengerjakan setiap pekerjaan sesuai dengan porsi masing-masing.

2. Mengefisienkan Kegiatan

Agar kuliah dan karir Anda bisa sama-sama berhasil, maka Anda harus bisa mengefisienkan kegiatan sebaik mungkin. Upayakan agar Anda menahan diri dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang banyak membuang waktu dan tidak bermanfaat. Pergunakan setiap waktu yang Anda miliki untuk selalu produktif. Misalnya dengan belajar dan berdiskusi dengan orang-orang yang Anda jumpai.

3. Gunakan Metode Belajar Yang Tepat

Saat ini setiap kampus menyediakan metode belajar yang beragam. Apalagi sudah didukung dengan perkembangan teknologi yang pesat, sehingga pembelajaran menjadi semakin mudah dan fleksibel. Misalnya saja di BINUS yang menyediakan program Online Learning.

Di mana pembelajaran ini dilakukan melalui website sebagai media kuliah online bagi individu yang ingin belajar dan mengembangkan diri tanpa terikat oleh jadwal dan tempat. Tentunya program ini sangatlah cocok untuk Anda yang memiliki pekerjaan di samping menjalankan perkuliahan.

4. Berikan Libur Sehari Dalam Seminggu

Sebagai manusia pastinya memiliki batas kemampuan. Oleh karena itu, meskipun Anda harus kuliah sembari bekerja, usahakan untuk menyisakan satu hari sebagai hari libur.

Manfaatkan satu hari yang berharga ini untuk benar-benar beristirahat. Sehingga Anda bisa memulihkan energi dan pikiran. Dengan begitu, performa Anda untuk belajar dan bekerja akan semakin baik keesokan harinya.

Melalui beberapa cara untuk mengelola antara kuliah dan kerja tersebut, diharapkan kedepannya Anda bisa mencapai kesuksesan dari keduanya. Meskipun harus berjuang keras menahan rasa lelah dan mengorbankan waktu luang, namun hal ini akan mendatangkan kebaikan bagi Anda di masa depan.

Whatsapp