BINUS Online

Kuliah Sambil Kerja? Begini 5 Tips Bijak Mengatur Waktu

Kuliah sambil kerja bisa menjadi opsi terbaik buat kamu yang ingin belajar dan mendapatkan pengalaman kerja di saat bersamaan. Meski terdengar keren, tetapi perlu usaha keras agar kedua pekerjaan tersebut bisa berjalan seimbang dan tidak saling merugikan. 

Salah satu kunci agar bisa sukses kuliah sambil kerja ada pada manajemen waktu. Ya, tanpa manajemen waktu yang baik kamu bisa keteteran saat kuliah maupun bekerja. Apalagi kalau sedang banyak tugas. 

Jadi, bagaimana sih tips mengatur waktu yang benar agar bisa kuliah sambil kerja tanpa keteteran? Cek panduannya berikut ini. 

  • Pilih Program Kuliah yang Tepat

Sebelum melakukan keduanya, pastikan kamu memilih program kuliah yang tepat. Kalau memilih kelas reguler, berarti jenis pekerjaannya yang harus disesuaikan. Kamu bisa menjadi freelancer atau bekerja part-time yang jam kerjanya lebih fleksibel. 

Sebaliknya, kalau menurutmu bekerja adalah hal utama, jadwal kuliahlah yang harus disesuaikan. Kamu bisa mengambil kuliah online yang diselenggarakan oleh BINUS ONLINE LEARNING. 

Dengan mengambil kuliah online, kamu tetap bisa belajar tanpa takut mengganggu jam kerja yang ada.  

  • Buatlah Jadwal Harian

Tips manajemen waktu yang kedua adalah membuat jadwal harian. Terutama buat kamu yang pelupa atau kurang disiplin. Dalam jadwal harian tersebut kamu bisa menuliskan hal-hal apa saja yang akan dilakukan, mulai dari rutinitas kerja dan kuliah, tugas, sampai jadwal pertemuan/janji penting jika ada. 

Dengan melakukan tips ini kamu dapat meminimalisasi pemborosan waktu pada kegiatan yang tidak penting. Selain itu, jadwal harian yang terkontrol juga membantumu lebih relaks selama beraktivitas. 

Satu lagi, pastikan kamu membuat skala prioritas pada jadwal tersebut supaya kamu tahu mana yang termasuk kegiatan penting dan mendesak. Selesai merencanakan jadwal harian, usahakan untuk menjalankannya secara konsisten.   

  • Kurangi Liburan dan Nongkrong

Berkumpul dan bersenang-senang bersama teman memang mengasyikkan. Tetapi jangan sampai hal tersebut membuatmu lupa pada tanggung jawabmu sebagai mahasiswa juga karyawan.  

Ingat, waktu yang kamu miliki sangat terbatas untuk menjalankan keduanya. Semisal ada teman yang mengajakmu berlibur atau sekadar nongkrong, tetapi masih banyak tugas yang perlu dikerjakan, jangan ragu untuk menolak, ya!

  • Gunakan Waktu Luang untuk Mengerjakan Tugas

Sesungguhnya waktu luang adalah momen yang tepat untuk menjadi produktif. Nah, saat senggang jangan buru-buru pergi bermain atau leyeh-leyeh di rumah. Cek dulu apakah ada deadline tugas atau pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu dekat? Kalau ada, berarti kamu bisa memanfaatkan waktu luang tersebut untuk mengerjakan tugas. 

Atau misalnya nih, selama kelas ada materi yang kamu belum paham, silakan manfaatkan waktu luang yang ada untuk mengulas atau mempelajarinya kembali. Jadi intinya, sebisa mungkin manfaatkan waktu luang untuk kegiatan yang membawa manfaat bagi kesuksesan perkuliahan dan urusan kerja.  

  • Manfaatkan Weekend untuk Beristirahat 

Memiliki segudang kesibukan pasti membuat hari-harimu terasa melelahkan. Iya, tidak? Oleh karena itu, tips terakhir adalah ciptakan istirahat yang berkualitas selama weekend. Lalu, bagaimana sih cara menciptakan istirahat yang berkualitas? 

Istirahat yang berkualitas dimulai dari momen tidur yang nyenyak. Jadi, sebelum tidur usahakan perut dalam kondisi kenyang dan tidak makan mendekati waktu tidur. Pasalnya, tidur setelah makan bisa menyebabkan sensasi panas di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. 

Tips kedua supaya bisa tidur nyenyak adalah ciptakan lingkungan yang nyaman, misalnya matikan lampu agar suasana sekitar menjadi gelap atau buat suasana kamar menjadi sejuk dan tenang. 

Terakhir, lakukan relaksasi sebelum tidur, seperti mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik bertempo santai. 

Itulah 5 tips mengatur waktu agar bisa kuliah sambil kerja. Buat kamu yang tertarik untuk daftar kuliah online bisa langsung cek website BINUS ONLINE LEARNING dan dapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan. Semoga bermanfaat!

Whatsapp