BINUS Online

Bukan Formalitas, 5 Peran Pendidikan Jadi Fondasi Aspek Kehidupan

Menjelang tahun ajaran yang akan berganti, siswa-siswi di bangku SMA tentu mulai berpikir apa langkah berikutnya yang harus diambil seusai lulus sekolah. Banyak yang punya keinginan untuk langsung bekerja, namun ada juga yang bermimpi untuk bisa kuliah di universitas idaman. Bahkan, sekarang sudah banyak universitas yang menyediakan program-program menarik yang membantu para mahasiswa menempuh pendidikan sembari bekerja. BINUS Online Learning misalnya, kuliah S1 online di BINUS bisa menjadi pilihan yang cocok bagi para siswa yang ingin bekerja sembari kuliah.

 

Namun, apakah semua orang perlu menimba ilmu hingga jenjang kuliah? Apakah pendidikan lebih lanjut akan memberikan kualitas hidup yang lebih baik? Bagi Anda yang sedang galau, simak lima peran pendidikan di bawah ini yang dipercaya membantu membentuk fondasi kehidupan Anda.

 

Kesempatan karier yang lebih baik

Tidak dapat dipungkiri kalau peran pendidikan punya andil yang cukup besar dalam karier setiap orang. Pendidikan lebih lanjut bisa menjadi batu loncatan dalam mendapatkan kesempatan karier yang lebih baik. Lewat pendidikan, seseorang dinilai sudah memiliki kemampuan dasar untuk bekerja di bidang masing-masing.

 

Kenyataannya hingga saat ini, kesempatan seseorang untuk memulai kariernya biasa diukur dari profil pendidikan yang dimiliki. Semakin tinggi pendidikan yang dienyam seseorang, maka kemungkinan akan semakin tinggi posisi kerja yang bisa didapatkan. Dari sini, sudah bisa kita lihat seberapa penting peran pendidikan dalam kehidupan kerja kita.

 

Berpikir lebih kritis dan mandiri

Pendidikan mempunyai peran dalam membentuk pola pikir kita menjadi lebih kritis terhadap segala aspek kehidupan. Pola pikir yang kritis membantu kita dalam membuat keputusan yang lebih matang karena tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif di sekitar kita. Selain itu, pola pikir yang kritis juga membantu kita dalam membedakan mana yang baik dan mana yang salah dan konsekuensi atas setiap tindakan yang kita lakukan. Tak hanya dalam membangun pola pikir yang kritis, peran pendidikan dalam kehidupan juga membangun keinginan untuk lebih mandiri, baik secara finansial maupun emosional. Kita terbiasa untuk tidak selalu bergantung pada orang lain.

 

Meningkatkan percaya diri

Mempunyai pengetahuan lebih yang didapatkan setelah duduk di bangku sekolah dan kuliah justru akan membuat seseorang semakin menjadi lebih percaya diri. Berkat ilmu yang kita dapatkan, kita menjadi semakin percaya pada kemampuan kita dalam berpendapat ataupun bekerja. Orang di sekitar kita pun akan cenderung lebih mendengarkan dan merenungkan pendapat kita ketika mereka tahu bahwa pendapat kita didukung oleh ilmu yang kita punya.

 

Peluang untuk berkontribusi bagi negara

Orang-orang yang memiliki tingkat pendidikan tinggi mempunyai peluang besar untuk berkontribusi kepada negara dan masyarakat sekitar. Mereka memiliki visi dan misi yang jelas berkaitan dengan bagaimana mereka mau membantu negara untuk lebih maju. Ambil saja Jepang sebagai contoh. Sebagai negara maju, Jepang memiliki tingkat buta aksara yang rendah. Kesejahteraan mereka pun termasuk tinggi. Akibatnya, rata-rata pendapatan per kapita penduduknya juga ikut meningkat. Sayangnya, di Indonesia tingkat buta aksara masih sangat tinggi. Masalah ini juga yang menjadi penyebab mengapa masih cukup banyak jumlah penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan.

 

Memperkaya ilmu dan pengalaman

Pepatah mengatakan “Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri Cina.” Dari pepatah ini, kita dapat menafsirkan betapa pentingnya peran pendidikan dalam hidup sehingga kita diizinkan untuk menimba ilmu sejauh mungkin. Ilmu yang kita dapat selama kita mengenyam pendidikan tentu diharapkan untuk berguna bukan hanya untuk kita saja, namun juga dapat berguna bagi keluarga dan lingkungan sekitar kita.

 

Lewat ilmu yang kita miliki, kita juga bisa mengubah mimpi menjadi kenyataan. Ilmu dan kerja keras tentu diharapkan mampu memberikan kita hasil yang sudah diimpi-impikan. Bekal ilmu dan pengalaman yang kita dapat selama bersekolah bisa kita aplikasikan ke dunia kerja yang akan mengantarkan kita selangkah lebih dekat ke impian kita.

 

Pada akhirnya, mengenyam pendidikan setinggi-tingginya tidak akan merugikan kita dari segi apapun. Peran pendidikan secara singkat adalah harta berharga yang bisa kita berikan ke diri kita sendiri. Terlebih lagi menempuh pendidikan tingkat tinggi sudah menjadi lebih mudah dan praktis dengan adanya inovasi baru berupa kuliah online dan kelas karyawan seperti yang disediakan oleh BINUS Online Learning. Kapan pun dan di mana pun, Anda kini bisa menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Tunggu apa lagi? Segera bergabung dengan BINUS Online Learning!

Whatsapp