BINUS Online

Kenali Dirimu untuk Menemukan Bakatmu

Ketika ada pertanyaan “Apa bakatmu?”, coba hitung ada berapa orang yang benar-benar bisa menyebutkan dan yang diam karena berpikir lama. Jika termasuk orang yang kedua, jangan khawatir karena kamu tidak sendiri. Di dunia ini, ada banyak sekali orang yang belum tahu atau bahkan mengenali bakat mereka.

Padahal disadari atau tidak, setiap orang pasti memiliki bakat. Bakat merupakan kemampuan dasar seseorang untuk belajar sesuatu dalam waktu lebih cepat dibandingkan orang lain. Potensi ini merupakan hal yang dimiliki sejak lahir. Jadi, tidak ada istilah kamu tidak memiliki bakat. 

Mencari tahu apa bakat kita saat dewasa memang bukan hal mudah, tetapi bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilakukan. Ada beberapa upaya yang bisa diterapkan untuk memahami diri dan mengenal bakat yang dimiliki, di antaranya:

  • Gali Ingatan Masa Kecil 

Saat masih anak-anak, belum banyak beban yang harus dipikirkan sehingga kita bebas melakukan apa yang disukai. Jika belum tahu apa bakatmu, cobalah untuk menggali ingatan masa kecil untuk mengetahui hal-hal apa saja yang senang kamu lakukan. Karena bisa jadi, hal tersebut merupakan bakat yang dimiliki. Misalnya, saat kecil kamu senang merakit mainan dan barang-barang yang ada di sekitar. Bisa jadi bakatmu ada di bidang desain atau teknik. 

  • Tanyakan Pada Keluarga dan Teman Dekat

Selain diri sendiri, kamu juga bisa mengetahui apa bakat yang dimiliki dengan bertanya pada keluarga atau teman dekat yang dikenal bertahun-tahun. Karena biasanya, orang-orang di sekitar justru tahu apa yang bisa kita lakukan dan tidak atau letak keunggulan dan kekurangan kita. Dari hal tersebut, kamu bisa mengetahui apa bakatmu sebenarnya.

  • Gali Potensi Hobi

Hobi mungkin terlihat seperti aktivitas kegemaran biasa yang dilakukan saat luang. Meskipun begitu, jangan anggap hobi kegiatan yang sepele. Karena siapa tahu dari hobi yang dilakukan, kamu bisa menemukan bakat yang terpendam.

Hobi makan misalnya. Siapa tahu dari kegemaran ini kamu menemukan bahwa bakatmu adalah membedakan berbagai macam rasa masakan dengan baik sehingga kamu berpotensi memiliki kemampuan memasak yang baik atau menjadi chef.

  • Membuat Jurnal Harian

Siapa sangka dari kegiatan menulis jurnal harian, kamu bisa menemukan bakat terpendam dan memahami potensi diri yang sebenarnya. Karena biasanya, terlihat kegiatan apa saja yang sering dilakukan, situasi hati ketika melakukan kegiatan tersebut, dan bagaimana efeknya dalam kehidupan dari jurnal. Dari hal tersebut, kamu dapat menyimpulkan bakat yang perlu dikembangkan dan cara menggalinya.

  • Melanjutkan Pendidikan

Selain beberapa upaya di atas, bakat juga bisa ditemukan saat kita melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Meskipun mungkin kita sudah memiliki pekerjaan, tidak ada salahnya untuk menggali potensi diri dengan bersekolah lagi. Karena selain mendapatkan ilmu yang diinginkan, kamu bisa bertemu orang-orang baru yang dapat menstimulasi munculnya bakat terpendam.

Itulah beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menggali bakat terpendam yang dimiliki. Apabila kamu berminat melanjutkan pendidikan untuk mengembangkan potensi diri tanpa mengganggu waktu kerja, ada beberapa program perkuliahan yang bisa dipilih; salah satunya BINUS ONLINE LEARNING.

BINUS ONLINE LEARNING (BOL) merupakan program kuliah jarak jauh dari BINUS UNIVERSITY untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tetapi terkendala waktu dan biaya. Seperti program pendidikan lainnya, BINUS ONLINE LEARNING diselenggarakan secara formal melalui internet dan harus ditempuh dalam beberapa semester.

Program ini bisa diikuti mahasiswa lulusan SMA atau S1 yang sudah bekerja dengan pilihan waktu belajar yang bisa disesuaikan. Kamu bisa memilih menempuh perkuliahan selama 5, 6, atau 7 semester dengan biaya yang bisa disesuaikan pula. Menarik, bukan?

Jadi, sudah siap mengetahui apa bakatmu dan mengembangkan potensi bersama BINUS ONLINE LEARNING? Semoga bermanfaat.

Whatsapp