BINUS Online

Wajib Tahu! Begini Trik Memilih Judul sampai Cara Jitu Menyelesaikan Skripsi

Menjelang tahun terakhir kuliah, mahasiswa mau tak mau harus menyelesaikan skripsi atau tugas akhir sebagai syarat kelulusan. Sebelum mulai mengerjakan, biasanya mahasiswa diminta menentukan judul skripsi. Asal kamu tahu, membuat judul skripsi dengan kualitas baik itu tak segampang yang dibayangkan, lho

Mau tahu bagaimana cara mudah menentukan judul skripsi? Nah, pada ulasan berikut kamu bisa menemukan jawabannya lengkap dengan tips jitu menyelesaikan skripsi tepat waktu. Simak, yuk!

Bagaimana Trik Menentukan Judul Skripsi? 

Jangan ambil pusing, ikuti 5 trik menentukan judul skripsi berikut ini. 

  • Tentukan Topik yang Menurutmu Paling Menarik

Tips pertama adalah pilihlah topik yang paling kamu suka. Biasanya mengerjakan sesuatu yang kita sukai akan terasa lebih mulus dan tanpa tekanan. 

Sebaliknya, jika topik yang dipilih tidak sesuai minat, bisa jadi kamu akan cepat menyerah ketika menemukan hambatan di tengah jalan. Jangan sampai, ya!

Sebab, selain menguras pikiran, menulis skripsi juga bisa menghabiskan biaya dan waktu. Jadi, usahakan merampungkan skripsimu sebaik mungkin.  

  • Konsultasikan dengan Dosen Pembimbing

Masih ragu dengan judul yang kamu buat? Coba deh cari seorang dosen yang bisa kamu dimintai pendapat tentang judulmu ini. Ajukan semua judul yang kamu punya untuk mendapat review, mulai dari apakah judul tersebut memungkinkan buat dikerjakan sampai bagaimana tingkat kesulitannya. Jadi, jangan minder dengan judul yang sudah kamu punya, ya!

  • Cari Referensi

Jika sudah mentok memikirkan judul skripsi tetapi belum menemukan jawaban, saatnya mencari referensi! Ide skripsi sebenarnya bisa datang dari mana saja. Kamu bisa pergi ke perpustakaan untuk melihat dan membaca dokumen skripsi yang pernah dibuat oleh senior yang sudah lulus. 

Bahkan mencari ide skripsi juga bisa dilakukan dengan membaca berita atau media cetak ilmiah, lho. Bolehkah membuat judul skripsi dari jurnal ilmiah yang sudah ada? Tentu saja bisa! 

Pasalnya tidak jarang suatu jurnal ilmiah memiliki celah dan masih bisa diberikan informasi tambahan. Dari situ kamu bisa memanfaatkan kekurangan jurnal tersebut untuk dijadikan tema skripsimu. 

  • Gabung dengan Proyek Dosen

Mengikuti proyek dosen bisa menjadi cara cepat mendapatkan judul skripsi. Ada kalanya dosen membuka peluang bagi mahasiswanya untuk bekerja sama dalam sebuah proyek. Bila ada, jangan ragu untuk mengambil peluang tersebut. Selain proses menentukan judul jadi lebih mudah, kamu juga bisa hemat dana. Menarik, kan?

  • Jangan Terlalu Perfeksionis

Kadang mahasiswa terlalu perfeksionis dalam membuat judul skripsi agar skripsi tersebut dipandang memiliki kualitas baik. Padahal, tak jarang langkah ini justru bisa menghambat kelulusan. Oleh sebab itu usahakan berpikir realistis ketika membuat judul.

Jadi, sah-sah saja kok kalau mau membuat skripsi bertema ringan dengan metode yang mudah, mengingat skripsi adalah sarana untuk latihan penelitian. 

Cara Jitu Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu

Sudah menemukan judul pilihan? Sekarang saatnya mencari tahu tips menyelesaikan skripsi tepat waktu nih. Ya, kalau bisa jangan sampai menunda kelulusan akibat skripsi yang belum selesai. Biar bisa membanggakan orang tua, ikuti cara jitu menyelesaikan skripsi tepat waktu berikut ini, yuk!

  1. Buatlah jadwal dan target pengerjaan skripsi sedetail mungkin. Misalnya target menyelesaikan bab 1 adalah 1 bulan. 
  2. Setelah membuat jadwal dan target, pastikan kamu melakukannya secara konsisten, ya!
  3. Kalau berhasil mencapai target, jangan lupa beri self reward agar kamu tetap semangat mengerjakan skripsi sampai akhir. 
  4. Selama skripsi kamu harus rutin melakukan bimbingan dosen. Tujuannya supaya mereka tahu bagaimana sampai mana progres pengerjaan skripsimu.  
  5. Selalu back up data skripsi biar kelulusanmu tidak tertunda akibat perangkat rusak dan data skripsi hilang.  
  6. Ada kalanya kamu merasa lelah mengerjakan skripsi. Kalau sudah begini kamu harus pintar-pintar mencari motivasi yang bisa menjadi penyemangat. 
  7. Terakhir, kurangi jam main atau nongkrong bareng teman. Manfaatkan waktu luang untuk mencicil skripsi. 

Demikian ulasan tentang 5 trik memilih judul skripsi beserta cara jitu mengerjakan skripsi tepat waktu. Terutama buat kamu para mahasiswa yang kuliah sambil bekerja wajib mempraktikkannya. 

Bicara mengenai kuliah sambil kerja, BINUS ONLINE LEARNING menyediakan program kuliah online, cocok untuk kamu yang ingin meraih gelar S1 sambil bekerja. Jadwal perkuliahan yang fleksibel membuatmu bisa belajar tanpa takut mengganggu waktu kerja. 

Whatsapp