BINUS Online

7 Cara Cerdas Mencari Judul Skripsi yang Menarik & Lulus Sarjana

Skripsi menjadi tantangan akhir yang harus dihadapi setiap mahasiswa ketika ingin lulus dan meraih gelar sarjana. Hanya saja, tidak semua mahasiswa mampu menyelesaikan hambatan tersebut dengan mulus dan lancar. Tidak sedikit di antara mereka yang menghabiskan banyak waktu di semester akhir hanya untuk mencari judul skripsi yang menarik. Kamu tentunya tidak ingin berhadapan dengan permasalahan seperti itu, kan? Apalagi, kamu bisa memanfaatkan waktu secara lebih baik dibandingkan harus memikirkan judul skripsi yang tepat. Untuk membantu kamu agar terhindar dari problem tersebut, berikut ini 7 cara cerdas mencari judul skripsi menarik: 

1. Sesuaikan Judul Skripsi dengan Minat 

Cara cerdas pertama yang perlu kamu lakukan untuk memperoleh judul skripsi menarik adalah dengan menyesuaikan minat. Kamu perlu tahu minat yang dimiliki. Menyesuaikan judul skripsi dengan minat sangat penting, karena dapat mendorong kamu untuk tetap semangat dalam menyelesaikannya. 

Kamu bisa menghabiskan beberapa waktu untuk mengetahui minat akademik yang dimiliki. Cari tahu mata kuliah yang bisa kamu ikuti dengan nyaman dan berhasil memperoleh nilai bagus. Pastikan kalau kamu tidak akan merasa terbebani ketika mengikuti sesi perkuliahan tersebut. 

2. Perbanyak Referensi Judul Skripsi Terdahulu

Tips selanjutnya, kamu perlu mengalokasikan waktu di perpustakaan. Kamu dapat membaca skripsi terdahulu dari para kakak tingkat. Tidak menutup kemungkinan, kamu bakal memperoleh inspirasi judul skripsi menarik. Selain itu, kamu bisa pula memilih untuk mengembangkan skripsi dari judul yang sudah ada. 

3. Kembangkan Judul dari Penelitian Lama

Banyak mahasiswa yang mendapatkan judul skripsi dengan membaca penelitian lama. Kamu bisa pula mencoba tindakan seperti ini. Sempatkan waktu untuk membaca jurnal lama, baik jurnal dalam negeri atau luar negeri. Kesempatan tersebut bukan kamu pakai untuk melakukan plagiasi, tetapi sarana untuk mengembangkan penelitian sehingga menjadi judul skripsi baru yang menarik. 

4. Cari Referensi dari Situs Berita Tepercaya atau Media Cetak Ilmiah

Langkah selanjutnya adalah dengan memperbanyak waktu untuk membaca situs berita tepercaya atau media cetak ilmiah. Kamu akan memperoleh banyak wawasan dari aktivitas membaca dari berbagai referensi tersebut. Tidak menutup kemungkinan, kamu akan mendapatkan problem atau isu terkini yang perlu diselesaikan dan menjadikannya sebagai judul skripsi. 

5. Diskusi dengan Kakak Tingkat

Cara berikutnya yang dapat kamu coba untuk memperoleh judul skripsi menarik adalah melakukan diskusi dengan kakak tingkat. Kesempatan diskusi dengan kakak tingkat akan membuka peluang untuk melakukan penelitian lanjutan. Apalagi, pengerjaan skripsi kakak tingkat bakal disertai dengan batasan masalah. Kamu pun bisa memanfaatkan peluang untuk melanjutkan penelitian mereka tanpa harus melakukan plagiasi.

6. Ikut Serta dalam Proyek Dosen

Kalau ingin memperoleh judul skripsi secara cerdas, kamu dapat mempertimbangkan untuk ikut serta dalam proyek dosen. Cara ini jadi solusi untuk mendapatkan judul skripsi dengan praktis. Apalagi, proses pengerjaan proyek dosen tidak bisa mereka lakukan sendiri, tetapi memerlukan bantuan dari para mahasiswa. 

Kamu dapat mengajukan diri untuk ikut serta dalam proyek yang tengah dikerjakan oleh dosen. Keuntungannya, kamu tidak hanya bisa memperoleh judul dengan mudah. Namun, kamu juga bisa melakukan penghematan biaya untuk pengerjaan skripsi. Bahkan, tak menutup kemungkinan kamu akan memperoleh bayaran dari dosen. 

7. Amati Lingkungan Sekitar

Tips terakhir yang dapat kamu lakukan untuk memperoleh judul skripsi adalah lewat pengamatan lingkungan sekitar. Aktivitas pengamatan bisa kamu lakukan untuk mengetahui isu atau problem terkini yang tengah dihadapi oleh masyarakat. Selanjutnya, kamu bisa menghadirkan solusi sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Nah, itulah 7 tips dan cara cerdas mencari judul skripsi yang dapat kamu praktikkan untuk mendapatkan judul skripsi menarik dan berhasil lulus meraih gelar sarjana. Bagi kamu yang ingin memperoleh gelar sarjana dari lembaga pendidikan berkualitas dan ternama, solusi terbaiknya adalah BINUS ONLINE LEARNING (BOL). 

BOL menyediakan layanan pendidikan kuliah berkualitas secara online. Kamu bisa mengikuti sesi perkuliahan dari mana saja dan kapan saja. Pihak BOL juga memberi keleluasaan bagi kamu dalam mengatur waktu kuliah. Selain itu, ada pula pilihan untuk mengambil mata kuliah sesuai dengan kemampuan keuangan masing-masing. 

Menarik, kan? 

Whatsapp