BINUS Online

Lulusan Akuntansi Bisa Terjun ke 6 Karier Ini!

Jurusan Akuntansi bisa dibilang paling populer di segala industri. Keahlian yang ditawarkan oleh jurusan ini terus-menerus dibutuhkan dan dapat dimanfaatkan di mana saja. Baik bekerja di bidang keuangan atau tidak, menyisipkan Jurusan Akuntansi dalam dokumen lamaran kerja bisa meningkatkan peluang untuk diterima di perusahaan.

Akuntansi menjadi fungsi inti dari setiap bisnis. Walau tanggung jawab di bidang ini tidak bisa diserahkan ke sembarang orang, siapa pun yang memiliki pemahaman mendalam seputar aspek finansial dalam bisnis akan memperoleh posisi yang kuat di perusahaan.

Apakah kamu salah satu yang tertarik dengan bidang keuangan? Kalau begitu, memilih Jurusan Akuntansi di BINUS ONLINE LEARNING sangat direkomendasikan. BINUS UNIVERSITY menyediakan kuliah online yang fleksibel dan efisien. Bukan itu saja, lulusan Akuntansi dari BINUS akan memperoleh berbagai kesempatan kerja sebagai berikut.

1. Auditor Keuangan

Peluang karier yang pertama adalah auditor keuangan. Profesi ini meninjau bukti keuangan, data, dokumen, dan entri akuntansi dari sebuah perusahaan. Auditor keuangan mengumpulkan informasi dari kembalian pajak, neraca, sistem pelaporan finansial, dokumen arus kas, saldo akun, dan sistem kontrol internal. Kemudian, semua informasi tersebut akan diperiksa dan dipakai untuk menyajikan semua data keuangan milik perusahaan secara akurat, adil, dan bebas kecurangan.

2. Analis Finansial

Dengan kuliah online di BINUS Online Learning, kamu juga berpeluang menjadi analis finansial. Apa saja yang dilakukan oleh profesi ini? Tanggung jawab analis finansial mencakup aktivitas yang sangat luas, mulai dari mengumpulkan data, mengelola informasi, menganalisis kejadian di masa lampau, membuat perkiraan di masa mendatang, membuat rekomendasi, hingga membuat dokumen laporan.

Adapun jenis-jenis analis finansial yang paling umum, yakni analis pengembangan perusahaan, analis perencanaan keuangan, analis perbankan investasi, dan analis perbendaharaan. Wah, banyak, ya?

3. Manajer Akuntan

Profesi ini membawahi para akuntan di perusahaan. Manajer akuntan membuat sistem dan proses untuk menganalisis dan melaporkan informasi keuangan. Selain itu, jika masuk ke pekerjaan ini, kamu harus bisa menjamin bahwa perusahaan mengikuti persyaratan regulasi yang legal. Tergantung pada masing-masing bisnis, manajer akuntan juga dapat bertugas menyiapkan bujet tahunan, melacak data keuangan, dan membuat rekomendasi untuk keputusan finansial.

4. Analis Pasar Modal (Capital Market Analyst)

Suka dengan dunia saham? Kalau begitu, pekerjaan ini cocok untukmu! Analis pasar modal melakukan analisis atau mempersiapkan laporan keuangan dan model. Kemudian, profesi ini mengharuskanmu untuk menjalankan uji kelayakan terhadap peluang-peluang baru. Analis pasar modal juga perlu menyusun persyaratan dan ketentuan keuangan, mendukung pelaksanaan transaksi terencana, mengawasi proses transaksi, dan membuat presentasi atau buku panduan pemasaran untuk calon investor.

5. Auditor Sistem Informasi Akuntansi (Accounting System Auditor)

Seorang auditor sistem informasi berperan memastikan banyak hal terkait keuangan dalam sebuah sistem—mulai dari mengawasi bujet, mengalokasikan dana, menjamin perusahaan untuk memiliki prosedur dan kebijakan tertulis yang memadai, serta menetapkan karyawan dan ketepatan waktu.

6. Akuntan Publik

Terakhir, sekaligus yang tidak boleh dilewatkan, yakni akuntan publik. Tugas utama dari seorang akuntan publik ialah menyiapkan, meninjau, dan mengaudit bukti keuangan, mengurus pajak, serta memberi saran pada sistem akuntansi, merger dan akuisisi, dan peningkatan modal.

Itulah enam kesempatan karier yang bisa diraih oleh lulusan Akuntansi. Manakah yang paling menarik perhatianmu? Apa pun profesi yang kamu pilih nantinya, pastikan untuk memilih pendidikan perkuliahan yang berkualitas, seperti di BINUS ONLINE LEARNING.

BINUS UNIVERSITY menyediakan banyak keunggulan, di antaranya adalah Program RPL dan Sistem Modular. Dengan Program RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau), orang-orang yang sudah memiliki minimal tiga tahun  pengalaman kerja atau sertifikat pelatihan bisa lulus lebih cepat dan menghemat biaya. Adapun Sistem Modular dengan jadwal dan pilihan mata kuliah yang bisa disesuaikan dengan kemauanmu.

Yuk, kuliah online Jurusan Akuntansi di BINUS ONLINE LEARNING!

Whatsapp