BINUS Online

5 Tips Supaya Kamu Tidak Salah Pilih Jurusan

Mendekati periode penerimaan mahasiswa baru adalah masa-masa mendebarkan bagi para calon lulusan Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Di samping persiapan mental dan fisik untuk menghadapi ujian masuk universitas, pemilihan jurusan adalah sebuah dilema yang banyak dirasakan. 

Nah, supaya kamu tidak menyesali keputusanmu ketika sudah resmi menjadi mahasiswa, ayo disimak lima tips agar tidak salah pilih jurusan berikut ini.

Kaji Potensi Dirimu

Sebelum memutuskan untuk memilih jurusan tertentu, kamu harus lebih dulu mengkaji potensi apa yang kamu miliki. Makin kamu mengenal apa saja bakat dan kemampuan yang kamu miliki, makin banyak pilihan jurusan yang bisa kamu jejerkan sebagai opsi.

Misalnya saja, kamu memiliki potensi dan kemampuan menganalisis yang baik serta memiliki bakat di bidang pemrograman komputer. Maka, jurusan seperti jurusan Sistem Informasi atau Teknik Informatika yang ditawarkan BINUS ONLINE LEARNING bisa masuk ke dalam daftar jurusan potensial untukmu.

Jika kamu tidak yakin potensimu apa, coba berkonsultasi dengan orang tua dan guru yang sering berinteraksi denganmu. Terkadang kita butuh pandangan orang lain untuk memperoleh pendapat yang lebih objektif tentang diri kita.

Pilih yang Sesuai Minat

Minat adalah poin krusial saat memilih jurusan. Memilih jurusan yang sesuai kemampuan tetapi tidak sesuai minat akan membuatmu jadi tidak sepenuh hati belajar. Maka dari itu, setelah membuat daftar jurusan yang sesuai dengan potensimu, kamu bisa menyeleksinya berdasarkan minat yang kamu punya.

Contoh, kamu memiliki potensi logika dan intuisi yang bagus, serta punya minat pada dunia bisnis. Maka, jurusan Business Management BINUS ONLINE LEARNING akan jadi pilihan yang cocok.

Harapannya, dengan memilih jurusan yang sesuai dengan minatmu, kamu akan menikmati perkuliahanmu dan lebih ulet menghadapi hambatan-hambatan yang mungkin terjadi sepanjang perkuliahan.

Sesuai Kantong

Tidak bisa dimungkiri, beberapa jurusan menuntut biaya yang lebih mahal dibanding jurusan lainnya. Jika kamu tidak ingin bergantung pada beasiswa dan sepenuhnya menjalankan kuliah menggunakan kocek pribadi, komponen biaya adalah salah satu hal yang harus kamu kalkulasi di depan.

Saat menghitung biaya kuliah, kamu tidak hanya harus menghitung biaya pendidikannya saja, tetapi juga biaya-biaya yang harus dikeluarkan sepanjang perkuliahan tersebut. Namun, bagi kamu yang memiliki potensi, tidak perlu khawatir. BINUS ONLINE LEARNING menawarkan program beasiswa yang bisa kamu ajukan saat mendaftar.

Buat Daftar Untung-Rugi

Setelah mendapatkan jurusan-jurusan yang memenuhi tiga kriteria di atas, saatnya kamu melakukan riset dan membuat daftar untung-rugi dari setiap universitas yang menawarkan jurusan tersebut.

Daftar untung-rugi ini akan berisi poin-poin yang akan membuat jurusan di universitas tertentu lebih cocok sebagai jurusan masa depanmu. Kamu harus memasukkan di dalamnya pertimbangan-pertimbangan seperti kurikulum, prospek lulusan, jajaran dosen, lokasi, biaya, dan atmosfer perkuliahannya. Tidak lupa pula, kamu harus masukkan persentase penerimaan mahasiswa barunya dan probabilitas kamu diterima di sana.

Tanya yang Sudah Berpengalaman

Untuk meyakinkan dirimu telah memilih calon jurusan yang tepat, kamu bisa bertanya-tanya pada kakak kelas yang telah lebih dulu diterima di sana. Pengalaman dari yang sudah menjalaninya sendiri tentunya lebih meyakinkan ketimbang kata-kata di brosur universitas, bukan?

Kamu juga bisa menanyakan pendapat orang tua atau guru yang kamu percaya tentang jurusan tersebut. Biasanya mereka punya kesan tertentu terhadap lulusan dari jurusan setiap universitas.

Saat memilih jurusan kuliah, jangan sampai kamu terseret arus dan hanya ikut-ikutan teman tanpa melihat potensi dan minat sendiri, ya. Meskipun jurusan yang kamu pilih tidak ada satu pun teman lamamu, nanti seiring perkuliahan berjalan kamu akan memiliki banyak kesempatan untuk menambah teman. Jadi tidak perlu khawatir tidak punya teman.

Nah, itu dia lima tips supaya kamu tidak salah pilih jurusan kuliah. Sudah terbayang mau kuliah di mana?

Whatsapp