Setelah lulus sekolah, tidak jarang banyak anak muda kebingungan dalam memilih jurusan kuliah. Kesalahan dalam memilih jurusan memang bisa berakibat kurang baik ke depannya. Gimana pun juga, kuliah akan memengaruhi jenjang karier dan kehidupan kamu di masa mendatang. Berikut ini beberapa tips memilih jurusan yang tepat yang bisa kamu lakukan.

Kesalahan dalam memilih jurusan memang bisa berakibat kurang baik ke depannya. Gimana pun juga, kuliah akan memengaruhi jenjang karier dan kehidupan kamu di masa mendatang. Berikut ini beberapa tips memilih jurusan yang tepat yang bisa kamu lakukan.

  1. Pahami bidang kesukaanmu

Memilih jurusan yang sesuai dengan bidang kesukaan kamu akan menumbuhkan rasa semangat ketika menjalani kuliah. Jadi, sebelum menentukan jurusan yang tepat, kamu harus mengenali minat dan bakat terlebih dahulu. Dengan begini, kamu bisa memilih jurusan yang relevan dengan diri sendiri.

Jika kamu belum tahu bidang kesukaanmu, kamu bisa melihat kelebihan yang dimiliki. Misalnya, katakanlah kamu lebih mudah dalam mengerjakan hitungan daripada hafalan, atau sebaliknya. Nah, kamu bisa mempertimbangkan jurusan-jurusan yang berkecimpung dalam materi hitungan seperti Akuntansi. Fokuslah pada diri sendiri untuk menemukan minat serta kemampuan yang kamu miliki. Ini akan sangat berguna agar tidak salah langkah untuk masa depan.

  1. Pertimbangkan prospek karier

Selanjutnya, dalam memilih jurusan, kamu juga bisa mempertimbangkan prospek karier yang ingin dicapai setelah lulus nantinya. Memiliki gambaran perjalanan karier di masa depan akan membuat kamu lebih fokus dan tidak asal-asalan dalam pilih jurusan kuliah. 

Kamu bisa melakukan riset dulu untuk melihat jurusan yang memiliki prospek kerja sejalan dengan keinginanmu. Jangan sampai kamu asal memilih jurusan, lalu nantinya tidak tahu ingin menjadi apa. Biasanya jika seperti ini, di tengah perkuliahan kamu akan merasa salah dalam mengambil jurusan. Akhirnya, kuliah pun dijalani dengan asal-asalan.

  1. Lakukan riset kampus 

Selain untuk melihat prospek kerja, riset kampus juga berguna untuk mengetahui seluk-beluk dari jurusan dan kampus yang diimpikan. Mulai dari mata kuliah yang akan dipelajari, daya tampung mahasiswa setiap kampus, akreditasi, sampai peluang kamu bisa masuk ke sana.

Jika kamu ingin kuliah lebih bebas atau ingin sambil bekerja, kamu bisa memilih kampus yang fleksibel seperti BINUS ONLINE LEARNING. Kamu bisa belajar dari mana saja dengan pembelajaran online. Kuliah sambil bekerja pun tidak menjadi masalah karena waktu yang dimiliki dalam kuliah online cenderung lebih fleksibel.

  1. Telusuri jejak karier alumni

Jika kebingungan dalam menentukan prospek kerja, kamu bisa melihat kesuksesan alumni yang berasal dari jurusan incaranmu. Coba lihat siapa saja orang sukses jebolan dari jurusan dan kampus yang kamu pilih. Lihat kiprah para alumni tersebut untuk mendapat gambaran seperti apa masa depanmu setelah lulus dari jurusan yang diincar. 

Memang pada kenyataannya, takdir setiap orang tidak akan sama, termasuk masa depan kamu dan alumni yang lain. Namun, setidaknya tujuan karier kamu akan lebih tergambar dengan jelas sehingga bisa lebih fokus dalam menjalani kuliah.

  1. Hindari ikut-ikutan teman

Sering kali terjadi mahasiswa merasa salah dalam pilih jurusan. Bahkan tidak jarang, perasaan salah jurusan ini justru terjadi ketika semester-semester tua. Jika harus mengulang kuliah, tentu akan cukup memakan waktu yang lama. Hal seperti ini bisa terjadi karena di awal, pemilihan jurusan dilakukan dengan asal-asalan. 

Masih banyak yang pilih jurusan hanya karena ikut-ikutan teman. Padahal, belum tentu minat dan bakat yang dimiliki sama dengan teman. Kamu harus menghindari perilaku seperti ini jika tidak ingin menyesal di akhir nantinya. Jangan memilih jurusan hanya karena ikut-ikutan teman. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat. Lagipula, pertemanan bisa tetap terjalin meskipun memiliki jurusan kuliah yang berbeda.

  1. Perhatikan biaya kuliah

Terakhir, kamu juga harus mempertimbangkan biaya kuliah yang dikeluarkan nantinya. Jangan sampai jurusan yang kamu pilih justru di luar kemampuanmu untuk membayarnya. Ini akan memberatkan dan nantinya kuliah terancam tidak selesai. Pilihlah jurusan yang lebih fleksibel dan sesuai dengan kemampuanmu.

Kamu bisa berkuliah di BINUS ONLINE LEARNING karena biaya kuliahnya yang lebih fleksibel. Di sini, kamu hanya perlu membayar sesuai dengan mata kuliah yang diambil. Ini tentu akan sangat memudahkan kamu untuk mengatur biaya kuliah yang dikeluarkan nantinya, sehingga kondisi finansial kamu tak akan terancam.

Demikian tips memilih jurusan yang tepat yang bisa kamu lakukan. Buat yang ingin kuliah online, BINUS ONLINE LEARNING merupakan pilihan tepat. Dengan sistem pembelajaran online, kamu bisa lebih fleksibel menyesuaikan waktu untuk kuliah dan melakukan aktivitas lain. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai BINUS ONLINE LEARNING!