Pernahkah kamu bertanya-tanya seperti apa sih kebiasaan tidur orang-orang sukses? Ya, mereka yang sudah terkenal, kaya, dan punya karier cemerlang.

Dahulu banyak orang meyakini bahwa orang sukses cuma membutuhkan waktu tidur yang sedikit karena mereka harus bekerja keras sepanjang waktu. Namun, hal itu tidak selalu benar. Justru sukses dan produktif tidak mengharuskan kamu aktif berkegiatan siang dan malam.

Faktanya, tidur menjadi faktor penting yang turut menunjang kesuksesan. Sesederhana bagaimana kualitas tidur kita berpengaruh pada kesehatan tubuh dan mental, seperti halnya olahraga dan pola makan gizi seimbang.

Orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-8 jam setiap hari. Menarik untuk disimak bagaimana pola tidur para figur publik berikut ini, siapa tahu kamu bisa mengikuti salah satu rahasia sukses mereka.

Jeff Bezos

Untuk urusan tidur, CEO Amazon ini menegaskan bagaimana tidur 8 jam setiap malam membantunya mengambil keputusan sulit dalam bisnis sehari-hari. Meski diakuinya menjadwalkan tidur 8 jam sebagai prioritas itu butuh usaha ekstra, tetapi itu harus dilakukan demi kesehatan tubuh. Jeff Bezos pun membuktikan ia bisa sukses berkat waktu tidur yang cukup. 

Bill Gates

Sang pendiri Microsoft terbiasa tidur siang lho. Ia percaya tidur siang dapat meningkatkan kreativitas dan kesehatan jantung, sekaligus memperpanjang usia harapan hidup. Tidak perlu lama-lama, tidur siang 20 menit pun cukup dan lakukan sebelum pukul 15.00. Plus, pastikan kamu tidur 7-8 jam setiap malam ya. 

Marissa Mayer

Pernah menjabat sebagai CEO Yahoo pada 2012-2017, Marissa Mayer tidur 4-6 jam sehari sehingga ia bisa bekerja sekitar 130 jam per minggu. Ini setara dengan 18,5 jam per hari. Untuk mengimbangi kerja kerasnya, ia akan mengambil waktu berlibur selama satu minggu setiap empat bulan sekali guna mengisi kembali energinya.

Elon Musk

Elon Musk biasa tidur lewat tengah malam dengan durasi 6-6,5 jam. Namun, ia mengakui, kurang tidur membuatnya mudah marah. Ia tidak keberatan untuk membayar waktu tidurnya karena alasan tersebut meskipun ini berarti ia akan menyelesaikan lebih sedikit pekerjaan. Bagi Musk, tidur cukup membuat ia berpikir lebih tajam dan membangun suasana hati yang baik.

Mark Zuckerberg

Sekalipun ia adalah raja media sosial, Mark Zuckerberg tetap mengutamakan waktu tidur. Ia bangun pukul 8 pagi setiap hari setelah tidur selama 7-8 jam. Apa yang dilakukan Zuckerberg menunjukkan bahwa orang sukses pun punya pola tidur sama seperti kita. Jadi, tidak semua orang sukses punya waktu tidur pendek ya.

Barack Obama

Kesibukan Barack Obama saat menjabat Presiden Amerika Serikat memang luat biasa padat. Menurut staf Gedung Putih, Obama mengakhiri hari dengan berada di kantor pribadinya. Ia menyisihkan waktu beberapa jam untuk dirinya sendiri. Lalu, ia beranjak tidur antara tengah malam dan jam 2 pagi, serta tidur sekitar 5-6 jam untuk bangun pukul 7 pagi.

Arianna Huffington

Co-founder Huffington Post ini ternyata juga tidur 8 jam sehari. Ia punya beberapa ritual penting menjelang waktu tidurnya, seperti tidak minum kopi atau teh setelah pukul 14.00, mematikan gadget 30 menit sebelum tidur, dan berendam air hangat. Ia juga memilih buku puisi atau filsafat sebagai buku pengantar tidur. Plus, ia memastikan kamarnya dalam kondisi cahaya temaram dan sejuk.

Jimmy Wales

Sama halnya dengan Jimmy Wales, sang pendiri Wikipedia. Bahkan, ia tak ragu menambah satu jam atau lebih pada waktu tidurnya jika memungkinkan. Wales yakin, para entrepreneur muda berbuat kesalahan ketika mereka mengorbankan waktu tidur demi meraih sukses. Ia percaya, kurang tidur bisa membuat seseorang “bodoh”. 

Michael Phelps

Sebagai atlet renang profesional, Michael Phelps butuh tidur berkualitas mengingat aktivitas sehari-harinya sudah padat oleh jadwal latihan yang ketat. Tidur juga jadi upaya menjaga kebugaran tubuhnya. Asal tahu saja, Phelps mengatur tekanan udara di kamarnya sedemikian rupa sehingga seolah berada di ketinggian 8.000-9.000 kaki. Tidur di ruang khusus ini membantu tubuhnya memproduksi sel-sel darah merah secara maksimal untuk menyuplai otot-ototnya dengan oksigen. Menarik ya?

Allyson Felix

Atlet atletik Allyson Felix juga memandang tidur cukup sebagai bagian dari kesuksesan dirinya. Peraih enam medali emas Olimpiade ini menjadikan tidur sebagai waktu pemulihan tubuh dari rutinitas latihan intensif yang dilakoninya. Maka, waktu tidur 7-8 jam sehari harus ia penuhi plus tidur siang jika sempat.

Ternyata rahasia tidur para pesohor itu bermacam-macam ya. Berapa banyak waktu tidur mereka tergantung pada kebiasaan dan aktivitas masing-masing. Namun, mereka semua sepakat waktu tidur yang cukup dan berkualitas penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental, dua modal utama dalam meniti jalan menuju sukses. 

Setelah tahu rahasia sukses mereka, sekarang tugasmu adalah memilih tempat menimba ilmu yang tepat. Meski sedang bekerja, meraih gelar sarjana tetap bisa terwujud dengan mengikuti kuliah online di BINUS Online Learning. Berkat fleksibilitas jadwal perkuliahan, kamu bisa mudah mengatur waktu antara bekerja dan kuliah, serta aktivitas harian seperti jam tidur. 

Yuk, sambut masa depan karier kamu bersama BINUS Online Learning!