BINUS Online

Tips Melatih Otak untuk Jadi Mahasiswa Berkualitas

Ingin jadi mahasiswa dengan kualitas tinggi? Pintar saja ternyata bukan jaminan untuk menjadi mahasiswa top. Selain belajar, kamu bisa “melatih otak” dan menerapkan berbagai strategi untuk meningkatkan kualitasmu sebagai mahasiswa. 

Ada beberapa strategi untuk melatih otak dan meningkatkan kualitasmu sebagai mahasiswa. Kamu bisa mencobanya baik di rumah maupun kampus. Inilah beberapa contohnya.

Mengembangkan Kemampuan Membaca

Tahukah kamu jika membaca bukan kegiatan pasif? Membaca tidak hanya soal menekuni teks, tetapi juga memahaminya sesuai konteks. Mahasiswa dengan kualitas tinggi biasanya memiliki pemahaman bacaan (reading comprehension), yaitu keahlian memahami bacaan secara menyeluruh baik makna tersurat maupun tersirat, kemudian menerapkannya dalam wawasan yang sudah dimiliki serta fenomena di sekitarnya.

Ada beberapa cara mengembangkan kemampuan membaca. Selain memperbanyak jumlah dan jenis bacaan, kamu bisa mencatat poin penting dari setiap bab dan membuat pertanyaan berdasarkan bacaanmu untuk melakukan analisis. Kamu juga bisa mencari informasi tentang buku tersebut untuk menemukan latar belakang atau referensi penulisannya. Hal ini akan melatihmu untuk memahami bacaan berdasarkan konteks.

Pelajari Sesuatu yang Baru

Mempelajari sesuatu yang baru bisa membuka wawasan sekaligus mendobrak zona nyaman yang selama ini kamu miliki. Salah satu cara termudah adalah mencari kursus online untuk mempelajari ilmu baru. Misalnya, jika kamu adalah mahasiswa seni, cobalah mengikuti kursus ilustrasi digital, desain karakter, atau kursus lukis cat air.

Kamu bahkan bisa mencoba menjajal bidang lain yang tampaknya tidak sama dengan jurusanmu, tetapi bisa bermanfaat. Misalnya, kamu bisa mengikuti kursus menulis kreatif untuk mendukung studi di bidang manajemen. Hal ini akan mendukung kegiatan seperti membuat konten pemasaran kreatif.

Buat Jadwal Belajar yang Cocok tetapi Konsisten

Setiap mahasiswa punya “persyaratan” belajar yang berbeda-beda. Ada yang bisa belajar pada siang atau sore hari, ada juga yang suka bangun dini hari hanya untuk belajar dengan tenang. Kamu bisa membuat jadwal belajar yang sesuai dengan kondisi idealmu.

Apapun kondisi belajar idealmu, pastikan konsisten dalam menerapkannya. Jika kamu merasa lebih nyaman belajar setiap sore di atas pukul 17.00, jadikan waktu tersebut sebagai jadwal belajar utamamu. Konsisten dalam jadwal akan memudahkanmu belajar dengan menggunakan kapasitas tertinggi otak setiap hari.

Rajin Bertanya dan Berdiskusi

Belajar dari buku dan materi di kelas saja tidak cukup. Mahasiswa berkualitas harus rajin mengajukan pertanyaan pada dosen. Pertanyaan ini bisa sesuatu yang diketahui ketika menonton film, membaca novel, atau mengamati berita dan fenomena tertentu. Mengajukan pertanyaan di luar materi akan memberimu perspektif baru serta menjaga otak tetap aktif.

Diskusi juga bisa meningkatkan kualitas otak karena mendorongmu untuk menganalisis dan mendeskripsikan hal. Setiap mahasiswa unggulan biasanya gemar berdiskusi. Selain menambah wawasan, diskusi juga melatih kemampuan bicara dan berkomunikasi, terutama karena kamu harus menyesuaikan gaya bicara dengan orang yang mendengarkan.

Tidur Cukup

Hindari meromantisasi kurang tidur! Kamu bisa meningkatkan kualitas otak secara drastis dengan memiliki jadwal tidur yang baik. Pastikan tidur minimal enam jam sehari untuk menjamin kemampuan otak yang maksimal. Kurang tidur bisa mengakibatkan berbagai masalah, seperti sakit kepala, susah fokus, hingga penurunan daya tahan tubuh.

Jika kamu kesulitan tidur, cobalah menerapkan berbagai metode untuk “menyetel ulang” kemampuan tidurmu. Satu jam menjelang tidur malam, tutup laptop dan ponsel, lalu lakukan “ritual” seperti mandi, mengoleskan produk perawatan kulit, atau minum minuman hangat. Hindari minum teh atau kopi setelah lewat pukul 18.00 demi menghindari susah tidur. Jika ingin berolahraga, lakukan maksimal dua jam sebelumnya agar mudah tertidur. Jangan lupa matikan lampu agar kamu terbiasa tidur dalam gelap.

Masuk kuliah di kampus berkualitas seperti BINUS UNIVERSITY tidak cukup untuk membangun kualitasmu. Paduan belajar di luar pakem, mengembangkan kemampuan diskusi, hingga istirahat cukup adalah cara menjaga kualitas otak. Lakukan sekarang dan buktikan sendiri efeknya!

Whatsapp