BINUS Online

Mau Upgrade Diri? Inilah Beberapa Solusinya

Banyak jalan untuk meningkatkan kualitas diri bahkan saat kamu masih jadi mahasiswa. Memiliki pribadi bermutu tidak hanya membantumu saat kuliah, tetapi juga ketika lulus dan harus berhadapan dengan tuntutan profesional. Pribadi yang profesional sekaligus punya attitude positif saat ini sangat dihargai, jadi jangan ragu memulai upgrade diri sejak dini!

Cara upgrade diri tidak sulit, tetapi kamu harus konsisten dalam melakukannya. Berikut beberapa cara meningkatkan kualitas diri.

Kurangi Media Sosial, Perbanyak Membaca

Banyak orang mendapat informasi dan bahkan wawasan dari media sosial. Akan tetapi, medsos bukan tempat ideal untuk membaca secara mendalam (deep reading). Arus informasi terlalu cepat dan bahkan cenderung memihak, tergantung siapa yang menyampaikannya. Kebiasaan nongkrong di medsos bisa membuatmu lebih ceroboh dan kurang teliti dalam menyerap serta membagikan informasi.

Solusinya? Kembalilah ke kegiatan membaca secara mendalam. Kamu tidak harus selalu membaca buku fisik, tetapi juga e-book atau sumber-sumber bacaan daring yang bermutu. Ciptakan kebiasaan membuat catatan penting selama membaca untuk melatih kemampuan analisis dan pemahaman bacaanmu.

Buat Daftar Prioritas

Kemampuan membagi waktu dan menentukan prioritas termasuk kunci yang terlihat kecil tetapi penting untuk menata hidupmu. Kamu bisa melakukan banyak hal berarti sambil menyisihkan waktu untuk beristirahat jika mampu membuat daftar prioritas. Tentukan kegiatan apa saja yang harus kamu selesaikan dalam jangka waktu tertentu, dan buat daftar aktivitas mulai dari yang paling genting hingga yang bisa kamu selesaikan sambil santai.

Jaga Kebersihan dan Kerapian

Kebiasaan menjaga kebersihan dan kerapian bisa meningkatkan kualitas diri dan hidup. Kamu bisa memulainya dari kamar dan rumah sendiri. Mulailah dari mengurangi tumpukan barang tidak berguna (decluttering) untuk mengurangi stres dan membuat ruang pribadimu lebih nyaman. Kamu bisa menjadwalkan decluttering setiap tiga hingga lima bulan sekali, misalnya.

Jika kamu kesulitan menyisihkan waktu bersih-bersih, sisihkan 30 hingga 60 menit per hari untuk menyapu, mencuci piring, membersihkan kamar, membuang sampah, dan sebagainya. Berikan “hadiah” untuk diri sendiri setelah bersih-bersih, misalnya nonton film atau membeli makanan kesukaan.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri adalah modal untuk meningkatkan mutu dirimu sendiri. Caranya, pastikan untuk lebih banyak melakukan afirmasi positif: mengingatkan dirimu akan berbagai kualitas baik tentang dirimu sendiri. Misalnya, kamu bisa mencatat hal-hal baik yang pernah kamu lakukan atau peroleh, dan memasangnya di dinding atau dekat cermin sehingga terlihat jelas.

Kamu juga tidak boleh ragu memuji diri sendiri, misalnya setelah menyelesaikan tugas yang cukup panjang. Selain membuat perasaanmu lebih baik, afirmasi positif juga meyakinkan dirimu bahwa kamu adalah individu yang berharga dan berkualitas baik.

Meningkatkan Kompetensi lewat Kuliah Online

Kuliah lagi bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan kualitas dan wawasanmu, bahkan mencari pekerjaan yang lebih baik. Tidak ada batasan usia untuk kuliah dan kamu bisa memulainya kapan saja. Pertanyaannya: bagaimana jika kamu tidak punya waktu untuk kuliah atau sibuk bekerja? Kuliah online adalah jawabannya. Sifatnya yang fleksibel memberimu kebebasan untuk belajar ketika kamu sudah bekerja atau terhalang waktu.

Solusi Kuliah Online untuk Meningkatkan Kualitas Diri

BINUS Online Learning menyediakan program kuliah jarak jauh dengan beragam pilihan jurusan. Kamu bisa memilih di antara beberapa jurusan berprospek cemerlang seperti Manajemen Bisnis, Akuntansi, dan Sistem Informasi. Kualitas pendidikan serta tenaga pengajarnya membuat BINUS Online Learning cocok dijadikan pilihan pendidikan untuk upgrade diri.

Lewat BINUS Online Learning, kamu bisa mengatur jadwal belajar secara lebih fleksibel sehingga tidak perlu berhenti kerja. Sistem perkuliahan dilakukan di dalam server khusus sehingga kamu bisa melacak kemajuan belajar dan informasi lainnya dengan mudah. Mengatur jadwal belajar dan konsultasi pun lebih mudah sehingga kamu tidak tertinggal. Meningkatkan kualitas diri sendiri bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Mulailah melakukan tips-tips di atas dan daftarkan dirimu untuk mengikuti kuliah daring sekarang juga!

Whatsapp