BINUS Online

Lulusan Jurusan Kuliah yang Dicari Perusahaan Masa Kini, Wajib Tahu!

Lulus kuliah memang memberi peluang lebih besar untuk memperoleh pekerjaan bergaji tinggi. Namun, kamu perlu tahu kalau tidak semua lulusan perguruan tinggi bisa mendapat kerja dengan mudah. Buktinya, data Badan Pusat Statistik (BPS) per Mei 2021 menyebutkan angka pengangguran sarjana di Indonesia mencapai hampir satu juta orang. Oleh karena itu, kamu harus cermat dalam memilih jurusan kuliah. 

Alih-alih memilih secara sembarangan, kamu perlu mengedepankan jurusan kuliah yang lulusannya banyak dicari oleh perusahaan. Dari sekian banyak opsi, terdapat lima pilihan program studi yang bisa kamu kedepankan, yaitu: 

1. Akuntansi

Pertimbangan jurusan kuliah pertama yang sangat potensial adalah akuntansi. Di sini, kamu bisa belajar cara yang efektif dalam mengelola keuangan. Lulusan jurusan akuntansi berpeluang besar untuk bekerja sebagai akuntan yang bertanggung jawab pada berbagai aspek terkait keuangan, seperti pelaporan, audit, penganggaran, ataupun peraturan pajak. 

Tenaga seorang akuntan sangat penting dan dibutuhkan oleh perusahaan dari berbagai sektor industri. Oleh karena itu, kamu tak akan mengalami kesulitan saat mencari kerja. Tak hanya itu, kamu juga memiliki peluang untuk membuka jasa sebagai akuntan publik, konsultan pajak, dan bahkan pengacara pajak. 

2. Teknik Industri

Pilihan program studi yang lulusannya banyak dicari perusahaan masa kini adalah teknik industri. Lulusan teknik industri punya keahlian dalam proses perancangan, perencanaan, modifikasi, pengendalian, serta peningkatan kinerja sistem dalam sebuah perusahaan. Hal itu bisa dilakukan alumni teknik industri dengan mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu, seperti matematika, fisika, analisis desain teknik, serta ilmu komputer. 

Lulusan teknik industri mempunyai peluang kerja yang sangat luas. Terlebih lagi, kamu tidak hanya terbatas bisa bekerja pada satu sektor industri, tetapi bisa berkecimpung di sektor logistik, manufaktur, teknologi informasi, keuangan, konsultasi, pelayanan masyarakat, dan lain sebagainya. Bahkan, ada pula perusahaan yang memerlukan tenaga lulusan teknik industri untuk mengisi divisi Safety, Health, and Environment (SHE). 

3. Sistem Informasi

Rekomendasi jurusan kuliah yang lulusannya sangat dibutuhkan perusahaan masa kini adalah sistem informasi. Lulusan jurusan ini berperan dalam merancang sistem untuk penyediaan informasi bagi manajemen yang berguna tidak hanya membantu proses pengambilan keputusan, tetapi juga meningkatkan efektivitas operasional perusahaan. Selain itu, jurusan sistem informasi tak hanya mengajarkan aspek teknis terkait teknologi informasi, tetapi pengetahuan tentang manajemen dan bisnis. 

Tingkat kebutuhan terhadap lulusan sistem informasi terus mengalami peningkatan, seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Kalau berkuliah di sini, kamu punya banyak pertimbangan tempat bekerja. Kesempatan kerja tidak hanya bisa kamu dapatkan di perusahaan swasta, tetapi ada pula peluang kerja di lembaga pemerintah. Menariknya lagi, lulusan sistem informasi bisa mendapatkan gaji cukup tinggi. 

4. Teknik Informatika

Teknik informatika termasuk jurusan kuliah yang paling populer saat ini. Mahasiswa teknik informatika akan memperoleh pengetahuan terkait pengolahan data dan proses logika. Kalau berkuliah di sini, kamu akan mendapatkan pembekalan terkait keahlian dalam pemrograman serta komputasi yang bisa dimanfaatkan merancang perangkat lunak. 

Lulusan teknik informatika menjanjikan prospek karier yang banyak dengan tawaran gaji tinggi. Era industri 4.0 memberi lulusan teknik informatika peluang kerja tidak hanya di perusahaan swasta, tetapi juga di instansi pemerintah ataupun BUMN. Tak hanya itu, ada pula peluang mendirikan startup atau menjadi konsultan di bidang teknologi informasi. 

5. Business Management

Terakhir, kamu dapat mempertimbangkan pilihan berkuliah di jurusan business management. Jurusan ini dapat membantu kamu untuk bisa mengelola bisnis dan manajemen dengan lebih baik sehingga mampu bersaing di tingkat global. Tak hanya itu, mahasiswa jurusan ini juga memperoleh pembekalan terkait pemanfaatan teknologi informasi untuk efektivitas dan efisiensi bisnis. 

Prospek kerja yang bisa kamu peroleh ketika menyelesaikan perkuliahan business management sangat banyak. Kamu bakal memperoleh pembekalan menjadi seorang leader dan berperan sebagai manajer ataupun pejabat C-level perusahaan. Tak hanya itu, kamu bisa pula memanfaatkan pengetahuan di kuliah untuk bekerja sebagai manajer HRD, marketing, ataupun business researcher.

Itulah rekomendasi lima jurusan yang bisa kamu pilih kalau ingin memperoleh kemudahan dalam mencari kerja. Selanjutnya, kamu dapat berkuliah di BINUS ONLINE LEARNING yang menyediakan solusi tempat belajar yang fleksibel, berkualitas, dan terjangkau. 

Whatsapp