BINUS Online

Ini 5 Jurusan Kuliah yang Banyak Peminatnya!

Memilih jurusan kuliah memang hal yang cukup krusial bagi para lulusan SMA atau sederajat. Ada banyak sekali jurusan kuliah yang tersedia di berbagai kampus di Indonesia. Di antara banyaknya pilihan tersebut, terdapat jurusan kuliah yang banyak sekali peminatnya, namun ada pula yang tidak terlalu banyak. Biasanya, jurusan kuliah yang menjanjikan untuk prospek kerja ke depannya memiliki banyak sekali peminat. Berikut ini adalah lima jurusan kuliah yang paling banyak peminatnya di Indonesia!

Berikut ini adalah lima jurusan kuliah yang paling banyak peminatnya di Indonesia! Semuanya tersedia di BINUS ONLINE LEARNING, lho!

  1. Akuntansi

Jurusan kuliah akuntansi banyak diminati oleh lulusan sekolah, terutama bagi yang menyenangi hitungan. Tentu jurusan ini banyak peminatnya karena hampir semua perusahaan membutuhkan seorang akuntan untuk mengatur keuangan. 

Lulusan akuntansi nantinya bisa menjadi seorang akuntan yang bertugas untuk melacak pendapatan serta pengeluaran, membuat laporan keuangan, mengurus pajak perusahaan, sampai mengurus penggajian karyawan. Pokoknya, segala hal yang berkaitan dengan keuangan perusahaan adalah tanggung jawab akuntan.

Di Indonesia, profesi sebagai akuntan rata-rata mendapat gaji sebesar Rp4 juta hingga Rp8 juta sebulan, tergantung pada pengalaman dan jenjang pendidikan yang dimiliki. Bahkan jika di luar negeri, profesi akuntan bisa mendapat gaji rata-rata sekitar Rp80 juta dalam satu bulan.

  1. Business Management

Selanjutnya, jurusan kuliah dengan peminat yang banyak adalah Business Management. Lulusan dari jurusan ini diharapkan mampu mengelola sebuah bisnis dan melakukan manajemen dengan lebih baik. Perusahaan banyak melirik lulusan Business Management dengan harapan bisa meningkatkan persaingan bisnis sampai ke tingkat dunia. 

Selain itu, lulusan Business Management juga bisa memanfaatkan ilmunya untuk bekerja menjadi bagian HRD, marketing, atau business researcher. Tiga profesi tersebut adalah bagian penting dari sebuah perusahaan. Artinya, prospek kerja seorang lulusan Business Management sangatlah bagus.

  1. Sistem Informasi

Jurusan kuliah selanjutnya adalah Sistem Informasi. Pasalnya, saat ini teknologi semakin berkembang, terutama di bidang informasi dan komunikasi. Tidak heran jika jurusan ini memiliki banyak sekali peminat karena sangat relevan dengan kebutuhan zaman. 

Lulusan dari jurusan Sistem Informasi nantinya bisa mendapat peluang karier di bidang pemrograman, keamanan siber, atau pengembangan perangkat lunak. Lulusan dari jurusan Sistem Informasi akan banyak dicari perusahaan, dengan gaji yang didapatkan per bulannya bisa lebih dari Rp5 juta. 

  1. Teknik Industri

Selain dari tiga jurusan yang sudah disebutkan di atas, selanjutnya ada Teknik Industri yang memiliki banyak peminat. Lulusan dari Teknik Industri diharapkan mempunyai kemampuan untuk merancang, merencanakan, memodifikasi, mengendalikan, sampai meningkatkan kinerja sistem dalam sebuah perusahaan. 

Ilmu yang didapatkan dari jurusan Teknik Industri juga bisa digabungkan dengan ilmu dari disiplin lain, seperti fisika, analisis, matematika, sampai ilmu komputer. Tidak heran jika banyak perusahaan yang mencari lulusan Teknik Industri. Lulusan ini juga tidak hanya bisa berkecimpung dalam karier di bidang industri, tapi juga terjun di sektor lain seperti logistik, sistem informasi, keuangan, konsultasi, pelayanan masyarakat, sampai manufaktur. 

  1. Teknik Informatika

Terakhir, jurusan kuliah yang tidak sedikit peminatnya adalah Teknik Informatika. Lulusan dari jurusan ini diharapkan bisa menjadi seorang ahli dalam bidang teknologi. Mata kuliah penting dalam jurusan ini salah satunya adalah pemrograman hingga membuat aplikasi. 

Lulusan dari Teknik informatika banyak dibutuhkan perusahaan, terutama di masa digital seperti saat ini. Itu artinya, peluang karier lulusan jurusan Teknik informatika sangatlah besar di masa mendatang. 

Nah, itu tadi lima jurusan kuliah dengan peminat yang banyak. Jika kamu memiliki minat pada salah satu jurusan tersebut, kamu harus menyiapkan diri untuk bersaing agar bisa lolos. Kabar baiknya, lima jurusan di atas sudah tersedia di BINUS ONLINE LEARNING.

Dengan sistem kuliah online yang lebih fleksibel, BINUS ONLINE LEARNING akan memudahkan kamu karena bisa berkuliah dari mana saja. BINUS ONLINE LEARNING sangat memperhatikan kebutuhan di masa mendatang sehingga menyiapkan sumber daya manusia dari lulusan lima jurusan di atas. Untuk informasi lebih lanjut mengenai BINUS ONLINE LEARNING, kamu bisa klik di sini!

Whatsapp