BINUS Online

Ilmu Kuliah yang Bisa Kamu Pakai dalam Kehidupan Sehari-hari

Kuliah tidak hanya sekadar mencari gelar sarjana. Saat mengikuti sesi perkuliahan, kamu juga akan memperoleh banyak pengetahuan yang memiliki manfaat besar. Pengetahuan itu tidak hanya bisa kamu manfaatkan di tempat kerja. Banyak pula ilmu kuliah yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Penerapan ilmu kuliah di kehidupan sehari-hari bakal memberi kemudahan dalam melaksanakan berbagai aktivitas. Nah, penasaran pengetahuan apa saja yang dapat kamu praktikkan dalam keseharian? Berikut ini adalah beberapa di antaranya: 

1. Manajemen

Ilmu pertama yang sangat penting dan memberi manfaat dalam kehidupan sehari-hari adalah manajemen. Manajemen merupakan pengetahuan tentang cara mengatur segala sesuatu dengan baik. Pengetahuan tentang ilmu manajemen memberi manfaat bagi kamu untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. 

Hal yang perlu kamu tahu, manajemen merupakan ilmu dengan cakupan sangat luas. Tidak heran kalau penerapannya bisa kamu lakukan dalam berbagai kegiatan, termasuk aktivitas sehari-hari dan di tempat kerja. Berkat ilmu manajemen, kamu dapat melakukan pengaturan berbagai aktivitas harian dengan lebih baik dan efektif. 

Implementasi ilmu manajemen dalam kehidupan sehari-hari bisa kamu lakukan dalam banyak aspek. Tidak hanya sekadar melakukan pengelolaan uang. Namun, kamu bisa pula menerapkan pengetahuan tentang manajemen untuk bisa mengatur waktu dengan baik. Kamu bisa mengalokasikan waktu secara tepat untuk istirahat, bersantai, bekerja, dan lain sebagainya. 

2. Akuntansi

Pengetahuan kuliah yang dapat kamu manfaatkan untuk kehidupan sehari-hari adalah akuntansi. Ilmu akuntansi mempunyai kaitan dengan aktivitas pencatatan keuangan. Tidak hanya mencatat, akuntansi juga mendorong kamu untuk melakukan pengelompokan, pengolahan, serta penyajian seluruh aktivitas yang berkaitan dengan keuangan. 

Data keuangan dalam akuntansi mempunyai manfaat besar karena bisa kamu gunakan sebagai landasan penting ketika melakukan pengambilan keputusan. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu memang tidak perlu melakukan pencatatan keuangan secara mendetail. Kamu dapat memilih untuk menerapkan ilmu akuntansi dalam bentuk yang sederhana. 

Penerapan ilmu akuntansi dalam kehidupan sehari-hari, memberi efek positif pada pengelolaan keuangan rumah tangga atau pribadi. Kamu bisa mengetahui secara jelas segala jenis pengeluaran yang dilakukan. Selanjutnya, kamu dapat melakukan evaluasi dan penghematan dengan cara memangkas pengeluaran yang dianggap tidak perlu. 

Baca Juga: Apa Arti Kuliah Jalur RPL? Dan Bagaimana Caranya?

3. Teknik Informatika

Kamu pasti menganggap kalau ilmu yang dipelajari di jurusan teknik informatika hanya berguna di tempat kerja. Apalagi, jurusan ini memiliki kaitan erat dengan pemanfaatan teknologi, termasuk di antaranya adalah cara membuat sebuah perangkat lunak. Namun, siapa yang menyangka kalau ilmu di jurusan teknik informatika bisa pula kamu manfaatkan di kehidupan sehari-hari. 

Untuk bisa membangun sebuah perangkat lunak, kamu tidak hanya perlu mempelajari bahasa pemrograman. Kamu juga wajib belajar tentang algoritma. Algoritma merupakan langkah-langkah sistematis yang disusun sebagai sarana penyelesaian masalah. Belajar algoritma, tidak hanya bisa membantu kamu dalam membuat perangkat lunak. Namun, kamu juga akan memperoleh banyak kemudahan dalam keseharian berkat algoritma.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan berkat belajar algoritma pemrograman. Manfaat tersebut antara lain adalah: 

  • Membuat kamu terbiasa dengan pola berpikir yang logis dan sistematis
  • Melatih ketelitian dalam memperhatikan sesuatu secara detail
  • Membantu kamu dalam melakukan penyelesaian masalah dengan lebih baik dan efisien

Berkat pembelajaran algoritma, kamu tidak akan terburu-buru dalam melakukan pengambilan keputusan. Sebagai gantinya, kamu dapat memilih berpikir secara tenang dan logis. Setelah itu, kamu dapat menyusun langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan problem tersebut. 

Nah, itulah ilmu kuliah yang manfaatnya bisa kamu peroleh tidak hanya di tempat kerja, tetapi juga di kehidupan sehari-hari. Kamu pun dapat memperoleh tambahan ilmu-ilmu tersebut dengan mudah lewat sesi perkuliahan online berkualitas di BINUS ONLINE (BOL). 

Di BOL, sesi pembelajaran berlangsung sepenuhnya secara online yang dapat kamu ikuti dari jarak jauh. Kamu pun punya kebebasan dalam mengatur jam kuliah sehingga bisa disesuaikan dengan kesibukan sehari-hari. Menarik, kan? 

Whatsapp