BINUS Online

8 Keterampilan Dasar yang WAJIB Dimiliki Setiap Mahasiswa

Persaingan di dunia kerja kian keras, seiring dengan meningkatnya jumlah pencari kerja yang tidak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi juga luar negeri. Jangan hanya bermodalkan ijazah sarjana. Kamu juga perlu melengkapi diri dengan kemampuan yang mumpuni untuk bisa bersaing secara sehat dan cepat mendapat kerja. Untuk melengkapi bekal dalam mencari kerja, terdapat 8 keterampilan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa Indonesia. Apa saja itu? Berikut ini adalah penjelasannya secara singkat: 

1. Melek Teknologi

Perkembangan teknologi berlangsung sangat pesat. Kamu perlu menguasainya untuk bisa bersaing dan memperoleh kerja dengan cepat. Kamu tidak harus mempunyai kemampuan dalam membangun perangkat lunak atau perangkat keras tertentu. Sebagai gantinya, kamu cukup mengetahui cara penggunaan aplikasi atau hardware yang relevan dengan bidang masing-masing. 

2. Kemampuan Bahasa

Saat ini, kemampuan berbahasa jadi modal penting untuk kamu agar bisa mendapatkan kerja dengan cepat. Tidak sekadar menguasai bahasa Inggris. Namun, kamu juga perlu membekali diri dengan penguasaan bahasa asing lain. Usahakan untuk mempelajari bahasa yang banyak digunakan di dunia, seperti bahasa mandarin, bahasa Prancis, dan lain sebagainya. 

3. Menulis dan Membaca

Modal keterampilan dasar selanjutnya adalah keahlian menulis dan membaca. Kemampuan menulis dapat membantu kamu untuk melakukan komunikasi secara lebih efektif melalui tulisan. Ditambah lagi, keahlian menulis dapat membantu kamu menyusun laporan hasil pekerjaan dengan lebih baik. 

Sementara itu, keahlian membaca yang baik dapat mendorong kamu untuk memahami informasi dengan lebih baik. Kamu bisa memiliki pemahaman secara lebih baik pada panduan tertulis yang diberikan oleh perusahaan. 

4. Kepemimpinan

Kamu perlu pula membekali diri dengan keahlian kepemimpinan sebelum terjun ke dunia kerja. Kamu dapat mengasah kemampuan memimpin dengan terlibat dalam berbagai aktivitas, termasuk di antaranya adalah volunteer, organisasi, unit kegiatan mahasiswa (UKM), dan lain sebagainya. 

5. Membangun Jaringan

Mempunyai jaringan yang luas dapat membantu kamu memperoleh pekerjaan dengan lebih cepat. Jaringan luas merupakan indikator kalau kamu mempunyai kenalan yang banyak. Dengan begitu, kamu akan bisa dengan lebih mudah memperoleh informasi kerja dan bahkan memperoleh rekomendasi dari salah satu kenalan.

6. Public Speaking

Kamu juga perlu melengkapi diri dengan kemampuan public speaking. Kemampuan ini bukanlah keahlian melakukan pidato. Namun, public speaking adalah keterampilan yang berkaitan dengan cara melakukan komunikasi secara efektif dalam berbagai situasi. 

Public speaking memiliki peran penting dalam meningkatkan kelancaran aktivitas menjalankan pekerjaan di kantor. Kemampuan ini mendorong kamu untuk bisa melakukan koordinasi dengan lebih baik. Apalagi, mayoritas perusahaan kini mementingkan keahlian public speaking sebagai modal untuk melakukan presentasi.

7. Manajemen Waktu

Keahlian dalam melakukan manajemen waktu juga jadi modal penting yang wajib dikuasai oleh setiap mahasiswa. Kamu bisa saja mempunyai keahlian dalam mengerjakan sesuatu. Namun, keahlian tersebut tidak akan terlalu diperhatikan oleh perusahaan kalau kamu tidak mampu mengatur waktu dengan baik. 

Manajemen waktu merupakan keahlian penting yang membuat kamu bisa menyelesaikan berbagai tugas secara tepat waktu. Tugas-tugas tersebut pun bisa kamu selesaikan dengan bagus tanpa ada yang terbengkalai. Oleh karena itu, tidak heran kalau kamu akan memperoleh kesan positif dari pimpinan.

8. Berpikir Kritis dan Kreatif

Terakhir, kamu perlu mempelajari tentang cara berpikir kritis dan kreatif. Kemampuan ini bisa membantu kamu dalam memunculkan ide-ide baru dalam mengatasi berbagai permasalahan yang tengah dihadapi. Keahlian tersebut dapat menjadi modal bagi kamu untuk tampil beda dan terlihat lebih unggul dibandingkan orang lain. 

Itulah 8 keterampilan dasar yang wajib dimiliki selagi berstatus mahasiswa. Kamu bisa mengasah berbagai keahlian tersebut lewat berbagai kegiatan selama kuliah. Apalagi, kalau kamu kuliah secara jarak jauh di BINUS ONLINE LEARNING (BOL). 

Kuliah di BOL memberi kesempatan bagi kamu untuk belajar banyak hal secara bebas. Di sini, mahasiswa memiliki kebebasan dalam mengatur waktu kuliah dengan mempertimbangkan tingkat kesibukan masing-masing. Semua itu, bisa kamu lakukan tanpa harus meninggalkan kesibukan di tempat kerja. 

Whatsapp