BINUS Online

5 Alasan Kuliah Jadi Salah Satu Fase Paling Spesial dalam Hidup

Memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah memang cukup menantang, baik untuk kamu yang baru lulus SMA maupun D3. Bertemu teman-teman baru dan menghadapi sistem pembelajaran yang berbeda, tentu masa kuliah akan memberikan pengalaman berbeda. Namun, jangan biarkan perasaan tersebut membuat kamu ciut. Sebaliknya, ada banyak alasan kuliah akan jadi salah satu fase paling spesial dalam hidup. Tidak percaya? Berikut ini beberapa alasannya yang akan membuat kamu justru tidak sabar untuk segera memulai perkuliahan!

Kesempatan untuk belajar banyak hal baru

Salah satu tugas utama mahasiswa memanglah belajar. Proses belajar saat kuliah bisa kamu lakukan lewat berbagai project menarik. Tak hanya belajar materi melalui berbagai sesi kelas formal, kamu juga akan punya kesempatan untuk mengikuti berbagai aktivitas seru. Salah satunya dengan mengikuti berbagai project di luar kelas yang sesuai minat dan bakat kamu.

Selama masa perkuliahan, biasanya kamu juga akan mendapat kesempatan untuk mengadakan berbagai event bersama teman-teman. Tidak ketinggalan tawaran untuk summer course atau student exchange ke luar negeri, terutama jika kampus tempat kamu kuliah sudah bekerja sama dengan banyak universitas lain di luar negeri. Dengan aktif mengikuti kegiatan dan project, kamu pun akan belajar banyak hal baru. Inilah salah satu alasan kuliah jadi salah satu momen berharga dalam hidup.

Bertemu dan berkenalan dengan teman-teman baru 

Masa kuliah yang memungkinkan kamu untuk bertemu dengan teman-teman dari latar tempat berbeda. Apalagi jika kamu kuliah di BINUS ONLINE LEARNING, kamu berkesempatan untuk bertemu dengan teman-teman dari luar negeri juga. Pasalnya, BINUS ONLINE LEARNING menerapkan 100% sistem perkuliahan online, sehingga memungkinkan mahasiswa dari luar Indonesia untuk ikut kuliah di BINUS ONLINE LEARNING.

Dengan latar belakang yang berbeda ini, kamu dan teman-teman bisa saling bertukar pikiran dan berbagi sudut pandang. Alhasil, bukan hanya koneksimu yang bertambah, tapi juga wawasan dan perspektif terhadap hidup. Kamu belajar untuk mengembangkan empati dan komunikasi dalam berhadapan dengan orang lain yang memiliki latar belakang berbeda dari diri kamu.

Mengasah kemampuan berpikir kritis 

Sesi pembelajaran semasa kuliah bisa dibilang cukup unik. Biasanya, dosen akan lebih banyak melibatkan mahasiswa agar turut aktif di dalam kelas sehingga pembelajaran pun berjalan dua arah. Dosen tidak ragu meminta mahasiswa menyampaikan pendapat mereka soal materi kuliah yang sedang dibahas. Di sisi lain, mahasiswa jadi punya kesempatan untuk mengasah kemampuan berpikir kritis. Hal ini pun merupakan alasan kuliah menjadi momen seru dalam hidup.

Nah, sesi diskusi atau tukar pendapat ini tidak hanya terjadi di dalam kelas. Mengingat jadwal kuliah yang relatif fleksibel, kamu jadi punya lebih banyak waktu luang di luar kelas. Kamu bisa memanfaatkannya untuk lanjut bertukar pikiran dengan teman-teman dalam setting yang lebih kasual. Walaupun mungkin terlihat sederhana, percakapan seperti ini dapat membantu kamu untuk membuka pikiran.

Bekal untuk menghadapi dunia kerja 

Bagi yang baru lulus SMA, tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu alasan kuliah adalah untuk mempersiapkan diri sebelum terjun ke dunia kerja. Bagaimana pun juga, banyak perusahaan yang lebih memilih untuk merekrut lulusan sarjana.

Namun, penting diketahui bahwa bekal menghadapi dunia kerja ini tak hanya akan kamu dapatkan dalam bentuk materi. Selama masa perkuliahan, karakter kamu juga akan terbentuk menjadi lebih kuat agar nantinya siap saat masuk dunia kerja. Itulah kenapa penting bagi kamu untuk memilih universitas yang tak hanya fokus pada akademis, tapi juga pengembangan karakter. 

Waktu terbaik untuk mengeksplor jati diri 

Perkuliahan bisa dikatakan sebagai masa “trial and error” sebelum kamu terjun dunia kerja sesungguhnya, terutama bagi kamu yang belum pernah bekerja sama sekali sebelumnya. Artinya, kamu punya banyak kesempatan untuk mencoba berbagai hal tanpa perlu terlalu pusing memikirkan banyak hal. Kamu bebas melakukan apa pun yang kamu mau selama itu positif dan tidak merugikan orang lain.

Dari berbagai pengalaman ini, lambat laun kamu jadi tahu apa yang benar-benar kamu sukai dan tidak. Bahkan bukan tidak mungkin kamu akan menemukan passion kamu. Dengan kata lain, masa perkuliahan memberi kamu kesempatan untuk mengeksplor jati diri dan pada akhirnya benar-benar mengenal diri sendiri.

 

Berbagai alasan kuliah di atas membuktikan bahwa menjadi mahasiswa memang merupakan salah satu fase paling spesial dalam hidup. Mengingat pentingnya manfaat kuliah, penting bagi kamu untuk memilih universitas yang dapat mendukung pengembangan diri kamu secara optimal seperti BINUS ONLINE LEARNING.

Menerapkan praktik pembelajaran online, BINUS ONLINE LEARNING dapat memberikan pengalaman perkuliahan yang interaktif, efektif, sambil mengedepankan pemanfaatan teknologi. Walau berbasis online, perkuliahan di BINUS ONLINE LEARNING tetap berjalan intens layaknya pertemuan tatap muka berkat adanya fitur-fitur pendukung seperti forum diskusi dan class conference. Klik di sini untuk dapatkan momen kuliah tak terlupakan di BINUS ONLINE LEARNING!

Whatsapp