Umumnya, setiap orang memiliki target tersendiri dalam meniti karier. Demi mencapai target tersebut, kamu pun menyusun rencana sedetail mungkin. Namun, yang namanya rencana tidak selamanya bisa berjalan mulus. Bukan tidak mungkin kamu akan mengalami kemunduran dalam berkarier, yang mana sangat umum terjadi. Karenanya, usahakan untuk tidak menyalahkan diri sendiri. Kamu masih bisa, kok, kembali back on track setelah mengalami kemunduran dengan menerapkan beberapa tips karier berikut ini.

Beri waktu pada diri sendiri untuk tenangkan pikiran

Memberi waktu pada diri sendiri untuk tenangkan pikiran adalah tips karier yang penting karena tanpa pikiran yang tenang, akan sulit bagi kamu untuk back on track setelah kemunduran karier. kamu perlu belajar untuk bersantai karena pikiran dan tubuh yang lebih terjaga akan membantu kamu lebih mampu mengatasi tantangan hidup secara efektif.

Kamu bisa menenangkan diri dengan mengembangkan rutinitas tidur yang baik, mencoba jenis olahraga baru untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, atau menggunakan teknik relaksasi fisik, seperti pernapasan dalam atau meditasi. 

Menenangkan pikiran memberikan banyak sekali manfaat bagi kamu dalam menghadapi kemunduran karier. Dengan pikiran yang tenang, perasaan kamu juga akan ikut tenang. Kondisi ini pun dapat membantu meminimalisir stres sehingga kamu bisa berpikir lebih jernih untuk menentukan langkah selanjutnya.

Lakukan evaluasi

Kamu perlu mengevaluasi diri untuk mencari tahu hal-hal yang menyebabkan kemunduran karier. Hanya dengan begitu kamu akan mampu back on track setelah mengalami kemunduran. Terima dengan lapang dada kegagalan yang terjadi selama karier kamu dan jangan hanya menyalahkan keadaan eksternal. 

Pasalnya, ketidakmampuan untuk mengevaluasi diri dapat mencegah pembelajaran dan pertumbuhan. Jadi, tips karier selanjutnya adalah cobalah untuk lebih proaktif dengan mengambil langkah perubahan yang bisa kamu lakukan. Misalnya, jika kamu struggling dengan beban pekerjaan yang terlalu berat, cobalah speak up kepada bos. Jangan takut mengutarakan pemikiran kamu jika memang penting untuk kelancaran karier.

Kembali mengeksplor potensi dan peluang diri yang dimiliki

Saat mengalami kemunduran karier, kamu mungkin tidak punya waktu untuk mengeksplor potensi dan peluang diri. Oleh karena itu, kamu perlu kembali melakukannya. Eksplorasi diri dapat memberimu gambaran tentang siapa kamu sebenarnya, apa yang kamu inginkan, apa yang kamu sukai, apa yang membuat kamu nyaman, dan tujuan kamu selanjutnya.

Jika kamu tertarik dengan fashion, misalnya, kamu mungkin bisa menantang diri dengan membuka toko baju yang selama ini kamu impikan. Memulai hal baru sesuai minat akan terasa menyenangkan dan bisa membantu membangun kembali kepercayaan diri. Kelilingi diri kamu dengan orang-orang yang aktif dan positif agar kamu termotivasi untuk menjadi pribadi lebih baik untuk membangun karier.

Jangan pernah berhenti belajar

Tips karier selanjutnya adalah jangan pernah berhenti belajar. Mencari pelajaran dalam kemunduran yang kamu alami bisa membantu kamu lebih cepat untuk back on track. Jika misalnya kesehatan dan kebugaran menjadi alasan kemunduran karier, kamu mungkin butuh dukungan pihak eksternal untuk memotivasi kamu makan lebih sehat dan berolahraga. 

Kamu bisa coba menyewa pelatih pribadi atau ahli diet yang mungkin dapat membantu kamu mencapai tujuan. Melihat orang lain aktif mungkin memotivasi kamu untuk bergerak. Jika misalnya kamu kehilangan klien penting, cari tahu alasannya dan belajarlah dari situasi tersebut. Feedback sangat penting untuk kesuksesan karena membantu kamu menyempurnakan kinerja pribadi dan mampu tumbuh selama berkarier.

Tentukan tujuan dan rencana selanjutnya

Menentukan tujuan dan rencana kamu selanjutnya adalah tips karier yang terakhir. Saat menetapkan tujuan dan rencana selanjutnya, usahakan untuk membuat secara spesifik. Dengan begini, kamu tahu apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan baru ini.

Saat memiliki tujuan yang jelas, akan lebih mudah juga bagi kamu untuk melacak kemajuan yang memiliki manfaat tambahan dalam memotivasi diri mencapai tujuan. Misalnya, kamu bisa menetapkan peningkatan pengetahuan dan pelatihan profesional sebagai tujuan selanjutnya. Tujuan ini bisa dicapai dengan mengikuti pelatihan, mendapatkan sertifikasi, dan sebagainya.

Itulah beberapa tips karier untuk membantu kamu back on track setelah mengalami kemunduran. Jika masih bingung untuk mulai dari mana, kamu bisa coba mengambil program BINUS ONLINE LEARNING yang akan membantu kamu dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi untuk mendukung perkembangan karier. Semoga bermanfaat!