Banyak dari kamu mungkin berpikir bahwa kamu harus mencari pekerjaan sesuai jurusan kuliah. Meskipun idealnya begitu, sebenarnya juga tidak ada salahnya untuk mencoba karier berbeda dari jurusan kuliah yang kamu ambil. Berikut enam alasan mengapa kamu tak perlu khawatir jika pekerjaan tidak sesuai jurusan kuliah!

  1. Kesempatan untuk mempelajari hal baru

Belajar membantu kamu menjadi lebih terbuka terhadap perubahan. Dengan mengembangkan mindset ini, kamu dapat mempelajari hal-hal baru sehingga nantinya lebih mudah beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dalam profesi dan tempat kerja. 

Mempelajari hal dan keterampilan baru juga sangat penting untuk memajukan karier. Hal ini mendiversifikasi pilihan pekerjaan yang bisa kamu ambil, sekaligus membantumu dalam mengembangkan teknik baru untuk mengikuti dunia yang berubah dengan cepat. 

  1. Jurusan hanyalah prasyarat

Memang, ada pekerjaan tertentu yang membutuhkan keterampilan linear dengan gelar tertentu, seperti teknik, arsitektur, dan ilmu komputer. Namun, pada umumnya, jurusan kuliah tidak berpengaruh pada kesuksesan karier yang kamu bangun. 

Dulu mungkin gelar menjadi hal yang sangat penting dan istimewa. Namun, kini umumnya gelar hanya dipakai sebagai prasyarat dalam dunia kerja. Meskipun pekerjaanmu kemungkinan besar akan membutuhkan gelar sarjana, bidang pekerjaan yang diambil bisa apa saja. 

Menurut penelitian terbaru, 62% lulusan perguruan tinggi bekerja di bidang yang membutuhkan gelar, namun hanya 27% lulusan yang bekerja pada bidang pekerjaan yang berhubungan dengan jurusan kuliah mereka. Ini menunjukkan bahwa kamu tetap bisa sukses meski dalam pekerjaan yang tidak sesuai jurusan kuliah. 

  1. Peluang untuk memperbaiki salah jurusan

Beberapa dari kamu mungkin pernah bertanya-tanya mengapa kamu mengambil jurusan tertentu saat kuliah, padahal sebenarnya kamu tidak tertarik bekerja di bidang tersebut. Perasaan bahwa kamu tidak cocok bekerja di bidang yang kamu pelajari bisa terus tumbuh seiring waktu dan tidak bisa diabaikan.

Alih-alih menyesal, cobalah benar-benar memikirkan lingkungan seperti apa yang paling membuat kamu semangat bekerja. Sangat penting untuk mengidentifikasi mengapa kamu tidak bahagia dengan jalur karier saat ini agar bisa mengambil langkah selanjutnya. 

Bisa jadi, kamu tidak puas karena budaya kantor yang tidak sesuai, tugas sehari-hari, atau ketidakseimbangan kehidupan kerja. Memahami apa yang kamu butuhkan untuk bahagia di tempat kerja akan memudahkanmu dalam mengetahui posisi dan tempat kerja mana yang terbaik untuk kamu. 

Jika jawabannya adalah bekerja di bidang yang berbeda dari jurusan kuliah, tentu tidak masalah. Ini bisa jadi peluang untuk memperbaiki salah jurusan dan membuat kamu lebih semangat bekerja di bidang yang memang kamu suka.

  1. Kebutuhan kerja bisa saja berbeda

Kebutuhan kerja bisa saja berbeda dari jurusan yang kamu ambil saat kuliah. Jika kamu terbuka dengan hal-hal baru, mencoba pekerjaan tidak sesuai jurusan kuliah bisa dipertimbangkan. Jika saat ini kamu sedang bekerja dan menginginkan pengalaman berbeda di tempat kerja, kamu tidak perlu mencari perusahaan baru. Sering kali, perusahaan akan dengan senang hati mengizinkan kamu untuk mencoba peran baru jika kamu layak dipertahankan. 

Sampaikan minatmu untuk mengejar sesuatu yang lain di perusahaan dan jelaskan mengapa kamu akan cocok dalam hal itu. Jika kamu dapat mengajukan tawaran secara efektif, ada kemungkinan besar kamu akan dipertimbangkan untuk posisi di luar tim tempat kamu bekerja sekarang.

  1. Network lebih penting

Kamu perlu mengembangkan hubungan dan koneksi dalam networking untuk meningkatkan kesempatan dalam karier. Menghadiri pertemuan yang dihadiri banyak kalangan profesional adalah cara bagus untuk berkenalan dengan orang-orang di bidang pekerjaanmu saat ini. Selain itu, bekerja di bidang yang tidak sesuai jurusan kuliah juga dapat membantumu untuk bertemu orang-orang baru dan memperluas network.

  1. Pilih pekerjaan yang bisa kamu nikmati

Mengubah karier adalah keputusan besar dan wajar jika kamu merasa gugup. Namun, pada titik tertentu, kamu harus fokus pada bagaimana kamu ingin menjalani hidupmu, masalah apa yang ingin kamu pecahkan, dan apa yang ingin kamu pelajari. Jika tidak menemukannya di posisi kamu saat ini, inilah saatnya untuk melakukan perubahan. 

Pilihlah pekerjaan yang bisa kamu nikmati dengan mengidentifikasi apa yang kamu inginkan. Meskipun menakutkan untuk memulai dari awal setelah menghabiskan empat tahun kuliah mempelajari satu bidang khusus, penting diingat bahwa perguruan tinggi tidak selamanya tentang keterampilan yang berfokus pada karier masa depan. Namun, lebih kepada mengembangkan dan meningkatkan pemikiran kritis serta kemampuan memecahkan masalah.

Pekerjaan tidak sesuai jurusan kuliah bukanlah akhir dari dunia. Ketika kamu sudah bekerja dan ingin mempelajari hal lain yang tidak sesuai dengan pekerjaan, tidak masalah karena di BINUS ONLINE LEARNING kamu bisa kuliah online tanpa harus mengorbankan pekerjaan. Buka peluang karier yang selama ini kamu inginkan dengan belajar online. Klik di sini untuk cari tahu info lebih lanjut tentang BINUS ONLINE LEARNING!