Saat ini, pendidikan semakin penting dan diperhitungkan di dunia karier, terutama dalam meraih masa depan. Namun, ada banyak kondisi yang mengharuskanmu untuk langsung terjun bekerja setelah lulus SMA/SMK sederajat dan belum berkesempatan untuk melanjutkan kuliah. Jika saat kuliah biasanya mahasiswa diwajibkan untuk mencari program magang, kini tersedia program tukar pengalaman kerja menjadi SKS mata kuliah bagi para karyawan. Menarik, bukan?

Di program ini, kamu bisa tukarkan pengalaman kerjamu untuk kuliah S-1 secara online. Hal ini tentu akan memudahkanmu untuk menyeimbangkan aktivitas bekerja dan belajar. Kampus yang menyediakan program ini adalah BINUS ONLINE LEARNING dengan programnya yang bernama RPL. Apa itu?

Tukar Pengalaman Kerja dengan SKS Kuliah di BINUS ONLINE LEARNING

Tukar pengalaman kerja jadi SKS di BINUS ONLINE LEARNING

Program RPL atau yang disebut sebagai Rekognisi Pembelajaran Lampau adalah penukaran pengalaman kerja dan/atau pelatihan bersertifikat menjadi akademik di berbagai program BINUS ONLINE LEARNING.

Dengan adanya program RPL, BINUS memberikan kesempatan bagi masyarakat luas dengan turut andil mendukung mereka yang telah bekerja dalam mendapatkan pendidikan tinggi. Pengalaman kerjamu ini dapat dikonversikan menjadi SKS (Satuan Kredit Semester) di BINUS ONLINE LEARNING. 

Kamu yang sudah bekerja jadi tidak perlu lagi khawatir jika tidak dapat melanjutkan belajar di pendidikan tinggi. Pengalaman kerjamu justru bermanfaat untuk modal kuliah S-1. Dengan menerapkan program life-long learning atau pembelajaran sepanjang hayat, program RPL ini dapat mencetak lulusan S-1 yang berkualitas.

Penukaran pengalaman kerja yang sudah ditempuh olehmu ini dikonversikan akan dalam bentuk mata kuliah sebanyak 15 mata kuliah. Sisanya, dapat kamu lengkapi dengan melaksanakan kuliah online S-1 kelas karyawan di BINUS ONLINE LEARNING. 

Siapa yang bisa ikut program ini?

Program RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) dari BINUS ONLINE LEARNING dapat diikuti secara terbuka oleh seluruh lulusan SMA/SMK sederajat dari seluruh Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah S-1 di BINUS.

Dalam program penukaran pengalaman kerja ini, kamu harus memiliki sertifikasi pelatihan atau pengalaman kerja minimal selama tiga tahun. Syarat tersebut terhitung sejak lulus SMA/SMK sederajat.

Hal yang perlu diperhatikan pula, pengalaman kerja tersebut harus selaras dengan program yang diambil di BINUS ONLINE LEARNING. Program studi yang ada di antaranya adalah Teknik Informatika, Akuntansi, Business Management, Sistem Informasi, dan Teknik Industri. Setelah memenuhi syarat tersebut, para calon pendaftar juga akan melalui tahap wawancara dan asesmen oleh asesor.

Apa saja syarat pendaftarannya?

Syarat selanjutnya yang perlu diperhatikan saat mendaftar program RPL kuliah S-1 online di BINUS ONLINE LEARNING adalah berkas-berkas administrasi. Berikut ini beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan:

  1. Formulir aplikasi BINUS ONLINE LEARNING dan mempersiapkan alur pendaftaran online di binus.edu/admissions atau klik Daftar Online;
  2. Pas foto formal terbaru ukuran 3×4;
  3. Scan KTP/paspor asli, ijazah, akta kelahiran, dan SKHUN SMA/SMK sederajat;
  4. Surat keterangan bekerja minimal tiga tahun;
  5. Form assessment mandiri, CV atau Curriculum Vitae, dan dokumen yang menyatakan tentang deskripsi diri (dapatkan template-nya di admisi online);
  6. Surat Penunjukan Tugas Project;
  7. Sertifikasi/sertifikat profesi;
  8. Dokumentasi hasil kerja.

Biaya untuk formulir pendaftaran adalah Rp250.000,00. Segera lakukan pendaftaran RPL jika kamu telah melengkapi semua syaratnya!

Langkah-langkah pendaftaran

Langkah-langkah pendaftaran yang perlu kamu lakukan saat hendak mendaftar program RPL adalah sebagai berikut. Sebelumnya, pastikan bahwa kamu telah memenuhi semua syarat.

  1. Daftar online di alamat binus.edu/admissions;
  2. Pilih kelas S-1 online;
  3. Lunasi pembayaran pembelian form, seharga Rp250.000,00;
  4. Pilih jalur RPL-nya pada pilihan enrollment track;
  5. Isi dan lengkapi seluruh form pendaftaran;
  6. Lakukan assessment dan wawancara dengan asesor;
  7. Apabila dinyatakan LULUS, segera lakukan daftar ulang;
  8. Setelah itu, kamu sudah resmi dinyatakan sebagai mahasiswa BINUS ONLINE LEARNING lewat program RPL dan siap mengikuti kuliah S-1.

Program RPL ini tentu menjadi kesempatan emas demi raih masa depanmu untuk belajar di perguruan tinggi dengan tukar pengalaman kerjamu. Kamu bisa kuliah S-1 online dengan baik tanpa harus meninggalkan pekerjaanmu. Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu kuliah S-1 di BINUS ONLINE LEARNING dengan program RPL dan rasakan manfaatnya! Untuk info lebih lanjut, silakan klik di sini!