Tahukah kamu tentang sistem RPL di BINUS ONLINE LEARNING? Yup, sistem RPL ini adalah program unggulan kelas karyawan yang memungkinkan kamu untuk mempersingkat masa studi melalui penyetaraan akademik di BINUS. Kamu bisa ikuti kuliah online dan raih SKS mata kuliah melalui konversi sertifikat atau pengalaman kerja yang telah dimiliki. Mau tahu lebih lanjut tentang program RPL di BINUS? Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Apa Itu Sistem RPL BINUS?

Rekognisi Pembelajaran Lampau atau yang disingkat menjadi RPL adalah program kuliah online yang terbuka bagi semua lulusan SMA/K sederajat. Program ini adalah program unggulan khusus bagi kamu lulusan SMA/K yang sudah bekerja selama minimal tiga tahun dan ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih lanjut.

Program RPL menawarkan sistem penyetaraan akademik menggunakan pengalaman kerja, sertifikasi kerja atau pelatihan, dan sejenisnya, untuk dikonversikan menjadi SKS mata kuliah. Jadi, bila kamu memiliki sertifikasi seperti itu, kamu bisa menyetarakannya menjadi capaian mata kuliah. Dengan demikian, program RPL ini bisa menjadi kesempatan emas untuk  menukarkan pengalaman kerjamu agar bisa meraih impianmu. 

Ilustrasi Kuliah dengan Sistem RPL di BINUS ONLINE LEARNING.

Mengapa BINUS Menerapkan Sistem RPL? 

Sistem RPL BINUS merupakan implementasi long-life learning (pembelajaran sepanjang hayat) yang membuka kesempatan bagi semua orang untuk belajar setinggi-tingginya, tanpa batasan apa pun. Jadi, jika kamu sudah berkarier, kamu tetap bisa melanjutkan kuliah S-1 online lewat program RPL di BINUS ONLINE LEARNING.

Program RPL adalah kesempatan emas bagi kamu yang telanjur asyik bekerja dan ingin melanjutkan pendidikan. Dengan mengikuti kuliah online, kamu akan bisa mendapatkan gelar Sarjana tanpa perlu meninggalkan pekerjaan saat ini. Apalagi, dengan mengonversikan pengalaman atau sertifikasi kerja yang telah kamu peroleh, kamu bisa mempersingkat masa studi sekaligus biaya yang perlu dikeluarkan. Yuk, Tukar Pengalamanmu, Raih Masa Depanmu!

Tersedia untuk 5 Jurusan Ini

Program RPL di BINUS ONLINE LEARNING menawarkan lima program studi yang dapat kamu pilih. Program studi yang ditawarkan meliputi, Teknik Informatika, Akuntansi, Business Management, Sistem Informasi, dan Teknik Industri. Semua program studi ini sudah terakreditasi internasional sehingga tak perlu diragukan lagi kualitasnya. 

Apalagi, BINUS juga sudah menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan global di luar negeri. Kamu akan mendapat peluang yang sangat besar untuk mengembangkan kompetensi diri dan karier hingga ke tingkat global. Bila kamu berhasil mengonversikan sertifikasi pengalamanmu secara maksimal, masa studimu bisa selesai lebih cepat. 

Syarat Pendaftaran di BINUS ONLINE LEARNING

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengikuti kuliah online di BINUS dengan jalur RPL? Jika tertarik, lengkapi syarat administratif berikut, ya!

  1. Mendaftar secara online di bisnis.edu/admissions. Lalu unduh formulirnya;
  2. Pas foto ukuran 3×4 yang terbaru;
  3. Scan asli akta kelahiran, KTP/paspor, SKHUN SMA/K sederajat, dan ijazah;
  4. Surat keterangan bekerja dan sertifikasi profesi (minimal tiga tahun setelah lulus SMA/K);
  5. Buat CV, assessment mandiri, dokumen deskripsi diri (template bisa diunduh di web);
  6. Surat penunjukan project;
  7. Dokumentasi hasil kerja.

Cara Mendaftar BINUS ONLINE LEARNING

Bila semua syarat administratif sudah lengkap, kamu bisa melakukan pendaftaran dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Mendaftar online di binus.edu/admissions;
  2. Pilih kelas S-1 online BINUS ONLINE LEARNING;
  3. Lakukan pembayaran sebesar Rp250.000,00 untuk pembelian formulir;
  4. Pilih jalur RPL untuk mengisi enrollment track;
  5. Isi dan lengkapi formulir yang sudah diunduh;
  6. Lakukan assesment dan interview;
  7. Apabila dinyatakan lulus, segera lakukan daftar ulang.

Bila sudah melengkapi semuanya, kamu tinggal melakukan pembayaran untuk mata kuliah yang akan diambil. Jangan lupa untuk mengonversikan pengalaman atau sertifikasi kerja kamu secara maksimal agar kamu bisa menyelesaikan studi S-1 lebih cepat. Jangan khawatir, program RPL BINUS full kuliah online. Jadi, kamu tetap bisa kuliah tanpa harus menelantarkan pekerjaanmu!

Mari tingkatkan kompetensi diri lewat kuliah S-1 online dengan mengikuti program RPL di BINUS ONLINE LEARNING. Di sini, kamu bisa kuliah S-1 online dengan fleksibel dari segi waktu hingga uang. Tunggu apa lagi? Yuk, segera bergabung dengan BINUS ONLINE LEARNING, dan Tukar Pengalamanmu, Raih Masa Depanmu!