Sistem Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di BINUS ONLINE LEARNING adalah program unggulan dari BINUS UNIVERSITY yang dapat menukar pengalamanmu untuk raih masa depanmu. Bagi kamu lulusan SMA/K sederajat yang telah bekerja selama minimal tiga tahun, kamu telah memenuhi kualifikasi untuk mendaftar di BINUS ONLINE LEARNING lewat RPL. Karena itu, sistem RPL ini menghadirkan kuliah online cepat dan murah. Memangnya, seperti apa sistem perkuliahan jalur RPL di BINUS? Cari tahu selengkapnya di bawah ini, ya!

Program RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau)

RPL atau Rekognisi Pembelajaran Lampau adalah program penyetaraan akademik dari BINUS ONLINE LEARNING yang memungkinkan kamu untuk menukar pengalaman kerja menjadi Satuan Kredit Semester (SKS) dalam bentuk mata kuliah. Pengalaman kerja berupa sertifikasi kerja atau profesi, sertifikasi pelatihan, dan sejenisnya, selama sekurang-kurangnya tiga tahun setelah kamu lulus SMA, dapat dikonversikan menjadi capaian SKS.

Program RPL ini khusus untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 setelah lulus SMA/K sederajat, tapi telah berkarier terlebih dahulu. Hal ini selaras dengan tujuan program RPL, yaitu untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas tenaga kerja terdidik dan siap bersaing secara global. Nantinya, kamu tetap bisa bekerja walaupun sambil kuliah online karena sistem perkuliahan program RPL dapat kamu atur secara mandiri sesuai jadwal atau kesibukan kamu.

Lulus Lebih Cepat 

Yang paling menguntungkan dari program RPL adalah kamu bisa lulus lebih cepat daripada mahasiswa di program reguler. Hal ini bisa terjadi karena program RPL memungkinkan kamu untuk menukar pengalaman kerja menjadi capaian SKS. Ketika kamu berhasil mengonversikannya, otomatis kamu dianggap sudah memenuhi beberapa SKS mata kuliah.  Kamu pun tak perlu mengikuti kelas mata kuliah tersebut dan tinggal melengkapi sisa SKS dengan kuliah online dalam waktu 5 sampai 7 semester saja.

Jadi, misal kamu berhasil menyetarakan pengalaman kerja menjadi capaian 5 SKS mata kuliah, masa studi kamu akan terpotong satu semester. Kamu pun bisa lulus hanya dalam waktu tujuh semester dari delapan semester normal. Kamu bahkan bisa dapatkan gelar Sarjana dalam waktu lima semester saja, jika berhasil memaksimalkan hasil konversi! Benar-benar kuliah online cepat, bukan?

Ilustrasi kuliah online cepat dengan sistem RPL di BINUS ONLINE LEARNING.

Biaya SKS Lebih Murah

Selain bisa memangkas masa studi dan lulus lebih cepat, kamu hanya dikenai biaya sebesar 50 persen saja untuk mata kuliah hasil konversi. Jadi, biaya SKS yang kamu tanggung bisa menjadi lebih murah berkat penyetaraan. Apalagi, bila kamu berhasil menyetarakan secara maksimal dan lulus lebih cepat, kamu akan bebas biaya untuk BP3!

Sistem modular yang diterapkan untuk kuliah online di BINUS memungkinkan kamu untuk mengatur berapa jumlah mata kuliah yang ingin kamu ambil secara mandiri. Kamu bebas mengambil berapa pun sesuai dengan biaya yang kamu miliki saat ini. Oleh sebab itu, biaya studi program RPL jauh lebih murah dibandingkan dengan program reguler.

Siapa yang Bisa Menikmati Program Ini?

Program RPL adalah program kuliah S-1 online khusus bagi kamu lulusan SMA/K sederajat yang telah berkarier selama tiga tahun dan ingin lanjut S-1. Program RPL adalah program penyetaraan akademik dari pengalaman kerja. Oleh sebab itu, bagi kamu lulusan D-3 yang ingin lanjut S-1, kamu tidak bisa mengikuti program ini. Namun, BINUS juga menyediakan program extension bagi lulusan Diploma yang ingin mendapat gelar Sarjana. Pilihan program studinya pun sama dengan program studi yang ditawarkan di program RPL.

Berkuliah di BINUS ONLINE LEARNING adalah solusi bagi kamu para pejuang karier yang ingin menyempurnakan studi lewat kelas karyawan online yang fleksibel karena sudah memiliki pekerjaan yang perlu ditekuni. Dengan keuntungan beragam yang bisa kamu dapatkan, kuliah online di BINUS UNIVERSITY akan menjadi peluang besar yang tak boleh kamu sia-siakan. Yuk, kuliah S-1 online lewat program RPL di BINUS ONLINE LEARNING. Di sini, kamu bisa kuliah sambil tetap berkarier, sesuai motto Tukar Pengalamanmu, Raih Masa Depanmu!