BINUS Online

Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Masuk Computer Science Saja!

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat setiap tahunnya, muncul juga bermacam-macam jurusan kuliah yang berkaitan erat dengan dunia digital. Salah satu jurusan kuliah ini adalah computer science atau ilmu komputer.

Computer science memungkinkan lulusannya untuk mampu mendesain dan menggunakan sistem digital terintegrasi, sehingga sangat cocok untuk dunia kerja di era digital seperti saat ini. Menariknya lagi, lulusan jurusan ini juga tidak harus bekerja di bidang IT karena ilmu yang diajarkan dapat diterapkan ke banyak bidang lain, seperti analisis bisnis dan tren pasar. Lalu, apa yang membuat jurusan jurusan ini cocok bagi mereka yang bingung pilih jurusan kuliah?

Computer science memungkinkan lulusannya untuk mampu mendesain dan menggunakan sistem digital terintegrasi, sehingga sangat cocok untuk dunia kerja di era digital seperti saat ini.

  1. Peluang eksplorasi besar

Teknologi komputer, khususnya di dunia digital, mampu berinovasi dengan sangat cepat. Hanya dengan membandingkan teknologi dalam lima tahun terakhir saja, sudah banyak perubahan signifikan yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Nah, kuliah jurusan Computer Science memungkinkan lulusannya untuk bereksplorasi dan berinovasi.

Besarnya peluang eksplorasi di bidang ini membuatnya cocok untuk bergerak di berbagai bidang pekerjaan. Di dunia pertanian, misalnya, computer scientist dapat membuat inovasi berupa alat prediksi cuaca sehingga petani bisa mengetahui kapan waktu tanam dan panen untuk mendapat hasil yang maksimal.

  1. Jangkauan ilmunya luas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, computer science memungkinkan lulusannya untuk bekerja tidak hanya di dunia IT, tetapi juga berbagai bidang keilmuan lain, mulai dari ekonomi hingga transportasi. Jangkauan ilmu yang luas ini memungkinkan para lulusan untuk bekerja di berbagai bidang perusahaan.

Di bidang keuangan, misalnya, computer science dapat membuat perhitungan arus kas menjadi otomatis. Sedangkan di bidang transportasi, computer science juga mungkin membuat aplikasi transportasi baru yang menguntungkan pembeli maupun penjual.

  1. Lulusannya banyak dicari

Benar bahwa lulusan computer science paling banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar. Hal ini tidak lain karena perkembangan revolusi industri 4.0 yang mengedepankan digitalisasi untuk semua jenis perusahaan. Dengan kata lain, akan ada banyak perusahaan yang mencari orang dengan keterampilan serta latar belakang akademik di bidang ilmu komputer.

  1. Fleksibel 

Ilmu komputer dapat diterapkan di berbagai bidang. Ini karena computer science pada dasarnya berisi mata kuliah yang bersifat fleksibel. Salah satu mata kuliah dalam jurusan Computer Science adalah data analysis.

Mata kuliah ini dapat diterapkan untuk menganalisis sejumlah data untuk menjawab berbagai pertanyaan, mulai dari pertanyaan yang berkaitan dengan pengembangan program hingga pertanyaan yang sifatnya mengarahkan inovasi produk di suatu perusahaan. Tak hanya itu, mata kuliah mobile technology, misalnya, juga dapat diterapkan untuk hampir semua produk digital yang ingin beralih ke perangkat mobile.

  1. Mampu memprediksi masa depan

Computer science terbukti mampu memprediksi masa depan. Tidak seperti cenayang yang menganalisis berdasarkan apa yang ia dengar, computer science melakukan prediksi masa depan dengan memanfaatkan data-data yang berkaitan dengan bidang yang ingin dianalisis. Prediksi yang dibuat berdasarkan data cenderung lebih akurat sehingga perusahaan atau mungkin usaha kamu sendiri dapat berinovasi ke arah yang tepat sesuai dengan kondisi pasar saat ini.

Jurusan kuliah ini memang tidak pernah akan habis dibahas mengingat akan selalu ada inovasi di setiap perkembangan zaman. Oleh karenanya, untuk mengejar ketertinggalan kamu saat ini, tidak ada salahnya bergabung dengan kuliah online jurusan computer science untuk semakin mempertajam kemampuan mengolah data. Pastikan kuliah online kamu menggunakan sistem learning management system (LMS) yang canggih untuk mendukung pembelajaran.

BINUS ONLINE LEARNING memiliki kualitas LMS terbaik yang memungkinkan mahasiswa dan segala civitas kampus untuk berinteraksi satu sama lain. Selain itu, kuliah online di BINUS ONLINE LEARNING juga memiliki jadwal yang fleksibel sehingga mahasiswa dapat berinteraksi dengan dosen tanpa batasan waktu dan tempat.

Whatsapp