BINUS Online

Ingin jadi Developer? Ini Keterampilan yang Dibutuhkan Mahasiswa Computer Science!

Saat ini, salah satu jurusan perkuliahan yang banyak diminati adalah computer science. Popularitas ini terjadi karena perkembangan teknologi yang terus mengalami kemajuan, sehingga membutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni di bidang ini, misalnya untuk menjadi seorang developer di perusahaan. Lalu bagaimana seluk-beluk mahasiswa jurusan Computer Science? Simak penjelasannya di bawah ini!

Tertarik untuk berkarier menjadi seorang developer? Kamu bisa mulai dengan menjadi mahasiswa jurusan Computer Science terlebih dulu!

Sekilas tentang Computer Science

Computer Science adalah jurusan yang di dalamnya mempelajari segala hal terkait sistem komputer, baik itu software maupun hardware. Jadi, agak salah kaprah jika menganggap bahwa mahasiswa Computer Science hanya akan memiliki kemampuan untuk membuat robot atau gadget. Padahal jurusan Computer Science pada dasarnya adalah mempelajari cara membuat “otak” atau pusat dari suatu alat elektronik. Misalnya, membuat sistem agar barang elektronik bisa berjalan dengan baik. 

Materi apa saja yang dibahas?

Tentu jurusan Computer Sciencee akan mempelajari bidang keilmuan yang berhubungan dengan perangkat komputer, seperti rekayasa perangkat lunak, pemrograman, sistem digital, jaringan komputer, data science, analisis data, analisis numerik, desain, hingga algoritma. 

Selain itu, ada juga bidang minat yang bisa dipelajari mahasiswanya. Bidang minat tersebut di antaranya adalah arsitektur dan infrastruktur IT, teknologi perangkat lunak, pengolahan informasi multimedia, hingga kecerdasan komputasional. 

Peluang kerjanya setelah lulus

Kemajuan dan perkembangan teknologi membuat lulusan dari Computer Science memiliki peluang karier yang sangat bagus untuk sekarang dan masa akan datang. Berikut ini adalah beberapa prospek karier yang menjanjikan bagi seorang lulusan Computer Science.

  1. Developer

Pertama, seorang mahasiswa Computer Science akan dibutuhkan untuk mengisi posisi developer dalam perusahaan. Perusahaan harus mengikuti perkembangan digital untuk tetap bertahan di tengah kemajuan zaman. Oleh karena itu, perlu ada developer yang bisa membantu mengelola hal tersebut.

Adapun tugas dari seorang developer antara lain merancang, mengembangkan, menganalisis, memodifikasi, sampai mengawasi perangkat lunak suatu perusahaan. Penghasilan seorang developer bisa mencapai dua digit karena profesinya yang sangat penting bagi sebuah perusahaan.

  1. Staff IT

Selanjutnya, masih berhubungan dengan perkembangan digital bagi perusahaan, staff IT juga menjadi salah satu profesi yang saat ini banyak dibutuhkan. Banyak perusahaan yang memiliki lowongan untuk staff IT dengan jenjang karier yang jelas.

  1. Analis sistem computer

Terakhir, ada profesi analis sistem komputer yang bisa menjadi opsi karier bagi mahasiswa Computer Science. Tugas seorang analis sistem komputer adalah membuat penelitian, perencanaan, pengoordinasian, serta pemilihan sistem perangkat lunak untuk sebuah perusahaan.

Jadi, sebelum sebuah perangkat lunak dikembangkan, bagian analis sistem komputer inilah yang bertugas menentukan kelayakan sistem terlebih dahulu. Rata-rata, gaji yang didapatkan seorang analis sistem komputer adalah sebesar Rp5-15 juta dalam satu bulan. 

Keterampilan yang dibutuhkan

Ketika memutuskan untuk menjadi mahasiswa Computer Science, tentu harus memiliki bekal keterampilan yang bisa menunjang pembelajaran. Berikut ini adalah beberapa keterampilan yang dibutuhkan seorang mahasiswa Computer Science.

  1. Teliti dan suka berhitung

Jurusan Computer Science akan mengharuskan mahasiswanya banyak berhitung. Itu sebabnya, mahasiswa jurusan ini harus memiliki ketelitian dan kesenangan terhadap perhitungan. Selain itu, ketekunan juga sangat dibutuhkan dalam belajar.

  1. Problem solver

Selanjutnya, jurusan Computer Science akan mengharuskan mahasiswanya menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan sistem perangkat komputer. Oleh karena itu, mahasiswa perlu memiliki keterampilan problem solving yang baik.

  1. Logis

Terakhir, untuk bisa mengikuti berbagai mata kuliah yang diberikan, mahasiswa Computer Science juga harus mampu berpikir secara logis dan kritis. Terlebih, akan ada banyak mata kuliah yang mengharuskan mahasiswa untuk melakukan analisis.

Tertarik untuk menjadi mahasiswa Computer Science? BINUS ONLINE LEARNING memiliki jurusan Computer Science untuk menciptakan sumber daya manusia yang mumpuni di bidang ini. Menariknya, sistem perkuliahan diadakan secara online sehingga memungkinkan kamu untuk kuliah sambil bekerja.

Tenang saja, kamu masih bisa berinteraksi dengan dosen dan sesama mahasiswa melalui learning management system (LMS) bernama BINUSMAYA yang begitu interaktif. Klik di sini untuk segera menjadi mahasiswa Computer Science di BINUS ONLINE LEARNING!

Whatsapp