BINUS Online

Peran Sistem Informasi dalam Bisnis

Peran sistem informasi dalam bisnis tentu menjadi sangat penting di era serba digital ini. Kemajuan teknologi informasi berbasis komputer dalam satu dekade terakhir mengharuskan setiap pemilik perusahaan mengadopsi sistem informasi. Mereka harus dapat memaksimalkan sistem informasi dalam mengimplementasikan keputusan.

Secara umum, sistem informasi sudah dikembangkan dari awal demi tujuan yang berbeda dari sistem pemrosesan data elektronik standar secara signifikan. Sayangnya, seringkali pemilik usaha tidak berusaha mengaplikasikan pengembangan sistem pendukung keputusan ini. Di sisi lain, justru para pegawai yang mengembangkannya untuk menggunakan sistem informasi.

Bisa jadi, pemilik bisnis sangat sibuk dalam mempelajari sistem informasi. Namun, mereka perlu menggunakan sistem tersebut sehingga efektivitasnya maksimal dalam perusahaan. Efektivitas ini bukan hanya untuk produktivitas karyawan, tetapi juga untuk mengurangi kerepotan pemilik usaha dalam mengatur perusahaan.

Kenali Peran Sistem Informasi dalam Bisnis

Banyak orang salah mengira di mana pemilik bisnis harus memahami dan mengimplementasikan banyak aplikasi yang dikembangkan melalui sistem informasi. Efektivitas manajerial mereka akan meningkat jika semua keputusan yang diambil berdasarkan hasil aplikasi melalui sistem informasi.

Sayangnya, banyak pemilik industri yang mempekerjakan manajer yang hanya mengenal beberapa jenis sistem tidak diperbaharui. Para pengusaha ini cenderung berkonsentrasi pada karakteristik teknis konvensional. Dengan demikian, mereka tidak dapat mengantisipasi cara-cara di mana sistem tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas kinerja pekerja dalam perusahaan.

Akhirnya, sistem informasi yang sangat inovatif, yang seharusnya paling bermanfaat bagi manajemen, berisiko tinggi untuk tidak pernah diimplementasikan. Hal ini terutama jika pemilik usaha tidak berminat dengan perubahan.

Bagaimana Sistem Informasi Berkontribusi pada Kemajuan Bisnis Modern

Bisnis yang dapat menghadirkan metode baru dan teknik inovatif adalah bisnis yang dapat bertahan di pasar. Terlebih saat ini banyak perubahan konstan serta evolusi preferensi sekaligus persyaratan yang ingin diterapkan pelanggan. Pemilik bisnis tentu harus menyediakan permintaan pelanggan.

Implementasi sistem informasi dapat memberikan banyak manfaat dalam bisnis. Tidak hanya itu, sistem informasi dapat membantu pengendalian proses internal dan eksternal. Manfaat besar dari sistem informasi adalah sebagai berikut:

1.     Memunculkan Barang atau Jasa Termodern

Sistem informasi bisnis yang terorganisir dengan baik perlu ditingkatkan oleh setiap pemilik bisnis. Selain untuk meraih pelanggan dalam jumlah lebih besar, sistem informasi dalam bisnis dapat memberikan pegangan yang kuat di masa depan.
Sistem informasi dapat membantu analisa proses independen serta memungkinkan terorganisirnya aktivitas kerja. Oleh karena itu, sistem informasi memberikan kemudahan kepada perusahaan dalam memahami bagaimana perusahaan dapat menghasilkan, mengembangkan, dan menjual barang atau jasa.

2.     Penyimpanan Informasi

Sistem informasi dapat menyimpan log aktivitas penting. Log aktivitas tersebut menyimpan berbagai problem yang dialami perusahaan sekaligus solusi untuk masalah yang sama. Sistem informasi memudahkan penyimpanan data operasional, dokumen penting, dan data-data lainnya.
Penyimpanan data secara manual melibatkan banyak waktu dan uang. Sistem Informasi yang canggih dapat menyimpan informasi dalam database. Dengan demikian, proses pencarian data dapat disederhanakan.

3.     Pengambilan Keputusan yang Disederhanakan

Peran sistem informasi dalam bisnis memudahkan proses pengambilan keputusan sekaligus menyederhanakan proses penyampaian informasi. Kemudahan ini tentu mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik secara tepat dan akurat.

4.     Kemajuan Sumber Daya Manusia

Peran sistem informasi dalam bisnis dapat diterapkan secara efektif dalam cara komunikasi yang lebih baik antara atasan dan bawahan. Sistem Informasi bekerja lebih baik karena menyimpan dokumen dan file dalam folder yang dapat diakses dan dibagikan oleh karyawan. Dengan demikian, aliran informasi antara manajemen dan karyawan tingkat bawah dapat terus dipantau. Bahkan, karyawan pun dapat menjadi bagian dari proses pengambilan keputusan. Kemudahan ini mendorong peningkatan SDM yang merasa termotivasi dan berkomitmen dalam melakukan tugas.

Manfaat Sistem Informasi untuk Kemajuan Perusahaan

Peran sistem informasi dalam bisnis yang sangat tinggi ternyata memiliki banyak manfaat. Bahkan penggunaan teknologi yang paling sederhana pun dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis secara dramatis.

Manfaat terbesar dari sistem informasi adalah kemampuannya dalam memberikan informasi yang dibutuhkan pengguna supaya mereka melaksanakan tugas secara efisien.

Sistem informasi dapat menghasilkan beberapa poin berikut:

  • Data spesifik dalam membantu tugas atau pengambilan keputusan di setiap departemen
  • Format spesifik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna seperti bagan, pola dan sebagainya
  • Data secara real-time yang sangat bermanfaat sehingga tindakan cepat dapat dilakukan.
  • Data yang diarsipkan dimana hal ini sangat bermanfaat untuk laporan, analisis, dan perencanaan bisnis.

Sistem informasi juga dapat menguntungkan semua jenis bisnis karena adanya efisiensi dalam bidang operasional sekaligus pengurangan biaya untuk pekerjaan manual. Pengurangan biaya ini tentu berperan signifikan untuk pendapatan perusahaan.

Tidak hanya itu, penyampaian informasi juga dapat dilakukan dengan mudah. Presentasi menggunakan sistem informasi tersaji lebih canggih. Dengan demikian, mitra kerja atau calon investor dapat lebih yakin untuk bekerja sama.

Peran sistem informasi dalam bisnis juga dapat memberikan layanan pelanggan dengan metode respon cepat dan lebih baik. Hal ini dapat terwujud karena sistem informasi dapat berjalan 24 jam. Dengan demikian, perusahaan menawarkan metode komunikasi lancar kepada para pelanggan, dan juga mitra kerja.

Bentuk dari kecanggihan sistem informasi untuk berkomunikasi adalah live chat, chatbot dan juga email. Selain menghemat waktu, pemilik usaha juga dapat menghemat dana.

Penanganan setiap masalah juga dapat terselesaikan dengan cepat melalui sistem informasi dalam bisnis. Tidak hanya itu, biaya administrasi yang terkait dengan sistem administrasi seperti kontrol stok barang juga semakin berkurang dengan adanya sistem pencatatan secara online.

Dari ulasan di atas, kita bisa mengetahui betapa pentingnya sistem informasi untuk bisnis sekarang ini. Nah, untuk itu pemilihan jurusan sistem informasi jelas akan memiliki prospek yang cemerlang beberapa tahun ke depan. Apalagi jika Anda masuk ke kampus terbaik seperti BINUS ONLINE.

Whatsapp