BINUS Online

Mobile Developer: Definisi, Tugas, dan Prospek Karier

Profesi mobile developer atau application developer saat ini sedang naik daun karena banyak dicari oleh perusahaan di berbagai bidang industri. Kondisi ini terjadi karena para audien perusahaan dan masyarakat lebih tertarik melakukan aktivitas pembelian melalui mobile app. Selain itu, inisiatif pemasaran dan proses penjualan juga lebih banyak menarik minat audiens jika tampilannya melalui aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone.

Melihat prospek dari profesi seorang mobile developer yang cukup menjanjikan di masa depan ini, tidak ada salahnya jika kamu mempelajarinya lebih serius di bangku kuliah nanti. Sebelum itu, simak terlebih dahulu beberapa informasi penting berikut ini.

Tentang Mobile Developer Atau Application Developer

Mobile developer bisa dikatakan salah satu profesi yang sangat cocok untuk kalian yang memiliki spesialisasi di bidang teknologi mobile, di antaranya adalah membuat aplikasi untuk iOS Apple, Android Google dan platform ponsel Windows.

Mobile app yang sering kalian gunakan dalam sehari-hari ini ternyata diimplementasikan, didesain dan dikembangkan oleh seorang mobile developer. Mereka inilah yang memiliki tanggung jawab dan mengembangkan berbagai macam software supaya bisa digunakan sesuai platform OS yang sedang dipakai.

Dengan alasan memiliki banyak sekali tugas yang diemban, seorang yang berprofesi sebagai mobile developer harus bisa menguasai lingkungan pengemban software dan tentu saja juga menguasai berbagai macam bahasa pemrograman.

Mengikuti perkembangan teknologi saat ini, setiap platform mobile utama telah memiliki bahasa pemrogramannya sendiri. Hal ini bisa kamu amati pada platform mobile seperti Objective-C untuk iOS, Java untuk Android dan Blackberry, C++ untuk Symbian, C# untuk Windows dan Objective-C untuk iOS. Hanya saja, semua ini masih akan terus berubah karena menyesuaikan perkembangan teknologi yang sedang berlaku.

Tugas Mobile Developer

Setelah mengetahui tentang apa itu mobile developer, pasti diantara kalian mulai tertarik dengan jenis pekerjaan ini. Nah, karena profesi ini membutuhkan kemampuan dan profesionalisme tinggi, sebelumnya Kamu juga harus tahu tentang tugas-tugasnya berikut ini.

  1. Mendesain sekaligus mengembangkan aplikasi

Tugas utama seorang application developer tentu saja mendesain sekaligus mengembangkan aplikasi canggih di berbagai platform seperti Android dan iOS. Perlu Kamu ketahui, profesi ini juga bertugas menjadi pengembang aplikasi pada smartphone yang banyak digunakan di kehidupan sehari-hari. Inilah salah satu alasan, mengapa aplikasi yang berkembang saat ini jadi semakin canggih dan selalu baru.

  1. Meningkatkan efisiensi terhadap pengembangan aplikasi

Untuk menciptakan aplikasi baru, seorang mobile developer harus memaksimalkan penggunaan teknologi terbaru agar bisa memaksimalkan efisiensi pengembangan pada aplikasi tersebut. Penggunaan teknologi terbaru bisa mempengaruhi aplikasi yang diciptakan semakin canggih. Tugas lain yang tidak kalah penting adalah, mereka juga memiliki tanggung jawab untuk menerjemahkan desain dan wireframes menjadi sebuah kode yang memiliki kualitas tinggi.

  1. Memperhatikan sumber data eksternal dan API

Para mobile developer biasanya akan melakukan tes kode unit untuk mengetes ketahanan. Tes ini meliputi kehandalan secara umum, kegunaan aplikasi dan masih banyak lagi. Setelah melakukan tes kode unit ini, mereka masih akan mengevaluasi dan merampungkan bug agar kinerja aplikasi yang telah dibuat bisa meningkat.

  1. Memastikan aplikasi telah bekerja dengan baik

Setelah mendesain dan melakukan pengembangan aplikasi, seorang application developer selanjutnya akan melakukan peluncuran terhadap aplikasi tersebut. Jika sudah duluncurkan, tentu saja aplikasi ini bisa dinikmati oleh semua pengguna mobile baik itu iOS maupun Android. Meski sudah diluncurkan, tugas seorang mobile developer tidak berhenti sampai di situ. Mereka masih harus memastikan aplikasi sudah berjalan dengan baik dan responsive. Dengan begini, kualitas kode, otomatisasi dan organisasi bisa terjaga.

Kemampuan yang Dibutuhkan Seorang Mobile Developer

Selain mengasah ilmu melalui pendidikan formal, kamu juga harus mengetahui skill atau kemampuan seperti apa yang paling dibutuhkan untuk profesi mobile developer ini. Berikut beberapa skill atau kemampuan dalam diri yang perlu kamu kembangkan sebagai bentuk ancang-ancang sebelum terjun ke profesi ini.

1.     Bisa bekerja secara remote

Untuk bisa mengimbangi era digital seperti saat ini, kamu harus bisa bekerja secara remote karena akan lebih praktis dan efisien. Bekerja secara remote ini memungkinkan kamu untuk tetap bisa bekerja tanpa harus bertemu dengan customer maupun rekan kerja secara langsung karena komunikasi bisa dilakukan melalui media online.

2.     Paham tentang tools dan bahasa pemrograman

Menjadi seorang mobile developer tentu harus paham bahasa pemrograman dengan baik agar bisa mengembangkan aplikasi mobile. Selain itu, kamu juga harus memahami tools agar bisa menciptakan aplikasi seperti eclipse, android studio dan beberapa tools lainnya.

3.     Mampu bekerja dengan API

API bisa menampilkan database dengan cepat secara real time. Oleh karena itu, jika mantap ingin memiliki profesi ini di masa depan, kamu wajib menguasai penggunaan API untuk menunjang pekerjaan nantinya.

Selain memiliki peluang kerja yang sangat baik, mobile developer rupanya juga menjadi incaran karena gaji yang sangat bagus. Tentu saja gaji ini sebanding dengan pekerjaan dan tanggung jawab yang harus dipikul. Nah, untuk kamu yang sudah mantap memilih profesi ini di masa depan, maka bisa lebih dahulu mendalami ilmu lewat pendidikan formal di BINUS ONLINE.

BINUS ONLINE memang dikenal sebagai salah satu kampus inovatif dan pencetak lulusan entrepreneur yang profesional. Segera daftarkan dirimu di BINUS dan jadilah salah satu lulusan mobile developer yang banyak diburu perusahaan-perusahaan besar.

Whatsapp