Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli

Ketika kamu ingin mengambil program studi manajemen di perguruan tinggi, kamu tidak hanya akan mempelajari pengertiannya saja, tetapi juga harus mempelajari berbagai fungsi manajemen menurut ahli.  Memperdalam ilmu manajemen di bangku kuliah sangat bagus. Selain berpeluang dapat bekerja di perusahaan, kamu juga bisa mengaplikasikan ilmu tersebut untuk kehidupan sehari-hari atau bahkan saat mendirikan usaha sendiri.

Pengertian Manajemen

Ada banyak pengertian manajemen menurut para ahli. Namun, secara umum, manajemen merupakan suatu proses saat seseorang bisa mengelola segala hal yang biasanya dikerjakan oleh individu atau pada sebuah kelompok agar bisa mencapai tujuan bersama. Banyaknya pengertian manajemen membuat masing-masing fungsi manajemen dari para ahli sedikit berbeda. 

Ada beberapa ahli yang sepakat bahwa fungsi manajemen ini terbagi menjadi empat bagian, yaitu planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (penggerakan), dan controlling (pengendalian) atau disingkat POAC. Berikut penjelasan selengkapnya.

  1. Planning (Perencanaan)

Planning merupakan proses penentuan tujuan, strategi, dan kebijakan yang diperlukan agar mencapai tujuan dengan menggunakan sumber daya alam, sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

  1. Organizing (Pengorganisasian)

Pengorganisasian adalah proses pembagian wewenang, tugas, dan sumber daya antara anggota organisasi atau perusahaan agar mencapai tujuan yang diinginkan.

  1. Actuating (Pengarahan)

Pengarahan di sini merupakan sebuah tindakan usaha menggerakkan agar semua anggota kelompok mampu mencapai sasaran sesuai dengan rencana manajerial dan juga usaha organisasi.

  1. Controlling (Pengawasan)

Controlling atau pengawasan di sini adalah serangkaian proses dari pengendalian, pengawasan dan juga evaluasi kesesuaian antara kegiatan dan hasil yang sudah ditetapkan. Di sini atasan biasanya akan melakukan pemeriksaan dan koreksi dari semua kegiatan yang sudah dikerjakan bawahan.

Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli

Sejatinya, fungsi manajemen menurut ahli hampir sama dengan fungsi manajemen secara umum. Agar pengetahuanmu semakin meningkat, terlebih buat kamu yang akan mengambil program studi manajemen di perguruan tinggi, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Menurut Dr. Sondang P. Siagian

Menurut Dr. Sondang P. Siagian, fungsi manajemen terdiri dari lima bagian, yakni:

  1. Perencanaan

Fungsi dari planning atau perencanaan adalah proses pemikiran yang akan dikerjakan di masa yang akan datang.

  1. Pengorganisasian

Fungsi dari pengorganisasian ini merupakan proses pengelolaan segala aset yang dimiliki termasuk alat, tugas, orang, tanggung jawab, dan wewenang supaya bisa berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

  1. Penggerak

Penggerak atau motivating adalah keseluruhan dari proses dalam pemberian dorongan agar mampu bekerja dengan bawahan demi tujuan bersama dengan cara efisien.

  1. Pengawasan

Fungsi pengawasan dalam manajemen adalah untuk memastikan bahwa kegiatan organisasi yang dilakukan dapat berjalan dengan baik sesuai rencana yang ditentukan.

  1. Penilaian

Penilaian atau evaluasi di sini menjadi proses pembandingan atau pengukuran atas berbagai hasil dari pekerjaan yang telah dikerjakan.

Menurut Luther Gullick

Luther Gullick menyebutkan bahwa fungsi manajemen pada dasarnya ada tujuh, yaitu:

  1. Planning

Planning di sini merupakan proses memilih dan menetapkan aktivitas sekaligus menetapkan sumber daya yang digunakan agar bisa mendukung tujuan suatu perusahaan.

  1. Organizing

Pengorganisasian atau organizing di sini membantu dalam membagi tugas pada semua anggota di perusahaan agar bisa bekerja sesuai dengan keahliannya masing-masing.

  1. Staffing

Staffing atau penempatan adalah proses memilih, menentukan sekaligus membimbing sumber daya manusia (SDM) agar mencapai cita-cita atau tujuan dari perusahaan.

  1. Directing

Directing atau pengarahan memiliki fungsi untuk memberi penjelasan sekaligus pembinaan kepada para anggota atau karyawan agar bisa mengerjakan tugasnya dengan maksimal.

  1. Coordinating

Fungsi pengkoordinasian di sini ialah supaya tidak terjadi kekacauan pekerjaan atau kekosongan pekerjaan dengan cara menyesuaikan semua pekerjaan yang ada.

  1. Reporting

Reporting atau pelaporan memiliki fungsi untuk memberikan informasi kepada manajer di sebuah perusahaan agar mengetahui sejauh mana perkembangan perusahaan yang dipimpinnya.

  1. Budgeting

Budgeting atau pembuatan anggaran berfungsi untuk mengendalikan perusahaan dengan cara menjalankan perencanaan fiskal dan akuntansi terkait anggaran yang diperlukan perusahaan.

Menurut Hendry Fasol

Pendapat fungsi manajemen yang kedua dari Hendry Fasol yang membagi fungsi pelaksanaan manajemen menjadi lima bagian:

  1. Perencanaan

Perencanaan atau planning memiliki fungsi agar proses membuat sekaligus pelaksanaan bisa mencapai target yang diinginkan oleh suatu perusahaan atau organisasi.

  1. Pengorganisasian

Fungsi pengorganisasian atau organizing di sini adalah menyelaraskan antara SDM, SDA, sumber daya modal, dan sumber daya fisik agar bisa mencapai target perusahaan.

  1. Pengarahan

Fungsi pengarahan menurut Hendry Fasol ialah pemberian arahan untuk para anggota agar bisa mengerjakan tugas masing-masing sesuai dengan ketentuan di awal.

  1. Pengendalian

Pengendalian memiliki fungsi memberi arahan pada anggota atau karyawan agar bisa menjalankan tugas sesuai dengan prosedur dan standar yang telah ditentukan.

  1. Pengkoordinasian

Pengkoordinasian atau coordinating berfungsi agar semua pekerjaan dapat bersinergi tanpa ada masalah di dalam pelaksanaan seperti kekacauan, kekosongan ataupun bentrok kegiatan.

Manajemen memang memiliki banyak fungsi agar tujuan yang didapat bisa maksimal. Penjelasan tentang pengertian manajemen dan fungsi manajemen menurut ahli di atas mungkin bisa sedikit membantu kamu. Jika kamu memang menyukai kegiatan bisnis, maka mengambil program studi Business Management di BINUS Online sangat bisa kamu pertimbangkan.

Kenapa harus BINUS Online? Karena disana kamu bisa mengikuti model pembelajaran secara online sehingga tidak perlu takut terganggu kalau ingin melakukan aktivitas lain misalnya bekerja. Meski daring, kamu tetap bisa dengan mudah berinteraksi dengan dosen atau teman-teman yang satu program studi denganmu. Pembelajaran juga didukung dengan bahan ajar yang sangat mudah untuk kamu pelajari secara mandiri.