BINUS Online

4 Poin Terpenting Dalam Mengelola Manajemen Bisnis

Menjadi seorang pebisnis tentu saja tidak boleh sembarangan. Seorang pebisnis harus mengetahuimanajemen bisnis yang baik karena tanpa itu bisnis yang dijalankan tentu saja tak akan bisa sukses. Memang tak dipungkiri jika banyaknya kegagalan dikarenakan kurangnya pemahaman para pebisnis terhadap cara mengelola manajemen bisnis sehingga akhirnya bisnis yang dijalankan pun hanya ala kadarnya saja.

Nah, mempelajari manajemen bisnis pun sebenarnya bukan hal yang sulit asal Anda tekun dan telaten. Selain itu tak hanya teori, manajemen bisnis pun juga harus diterapkan pada bisnis Anda sejak awal agar bisnis Anda lekas terarah.

Fungsi Manajemen Bisnis

Jika Anda baru merintis bisnis, pahamilah dengan baik fungsi dari manajemen bisnis. Di bawah ini merupakan beberapa fungsi utama dari manajemen bisnis.

Planning

Dalam membangun bisnis tentu saja dibutuhkan perencanaan. Perencanaan ini haruslah disusun dengan matang, mulai dari menentukan produk yang dijual, cara pemasaran, berapa harga atau promo yang ditawarkan dan lain sebagainya. Hal ini harus dibuat di awal agar bisa dijadikan patokan dalam bisnis ke depannya.

Pengelompokkan atau Organizing

Fungsi satu ini identik dengan tenaga kerja. Artinya Anda diminta untuk memastikan jika semua yang ada dalam tim memiliki porsi yang tepat untuk pekerjaanya masing-masing. Adanya pengelompokkan ini membuat proses kerja menjadi lebih teratur.

Staffing

Poin satu ini sangat berkaitan dengan sumber daya di perusahaan, baik itu mesin, sarana pendukung, bahan baku, dan lain sebagainya. Sumber daya harus dikelola dengan tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan usaha.

Directing

Fungsi selanjutnya berkaitan dengan cara pimpinan untuk terus mendorong atau memberi semangat pada timnya untuk bekerja sesuai dengan kesepakatan di awal. Tak dipungkiri jika ditengah jalan seringkali terjadi kebosanan atau penurunan semangat. Apalagi jika bisnis baru dirintis. Nah, penurunan kinerja tentu berdampak pula pada produksi sehingga mau tak mau sebagai pimpinan harus memberikan solusi untuk mengatasi hal ini.

Controlling

Ini semacam observasi untuk menentukan apakah sistem kerja telah sesuai atau tidak. Controlling membuat kita tahu apa saja kesulitan yang dihadapi sehingga lekas mencari solusi untuk hal tersebut.

Poin Terpenting dalam Mengelola Manajemen Bisnis

Ketika Anda menjalankan sebuah bisnis, tentu harus ada aturan agar semua tujuan bisa tercapai dengan baik. Manajemen bisnis adalah aturan tersebut. Mengelola manejemen bisnis dengan baik dan secara menyeluruh membantu Anda membangun dan menjalankan bidang usaha professional agar tujuan bisa lekas tercapai.

Dalam upaya tersebut, dibutuhkan pengaturan yang tidak sembarangan sehingga seluruh perencanaan atau target yang diinginkan mampu diantisipasi untuk berbagai kemungkinan yang muncul. Nah, langkah dalam mengelola manajemen bisnis ini biasanya dilakukan dengan membuat sebuah perencanaan global yang disebut dengan business plan.

Business plan di dalamnya menyertakan poin terpenting dalam mengelola manajemen bisnis, yakni manajemen pemasaran, produksi, finansial, dan distribusi. Poin ini berlaku tak hanya di perusahaan besar saja, tetapi juga pada bisnis berskala kecil.

Lebih jelasnya berikut ulasan tentang empat poin terpenting dalam mengelola manajemen bisnis.

1. Manajemen Produksi

Pada poin ini terdapat pengaturan serta perencanaan yang berkaitan dengan proses produksi, mulai dari ketersediaan bahan baku hingga ketersediaan produk. Poin penting dalam manajemen produksi yakni memastikan agar semua proses produksi bisa berjalan dengan baik hingga mampu menghasilkan produk serta layanan yang sesuai dengan keinginan konsumen.

2. Manajemen Pemasaran

Ini juga masuk poin terpenting dalam mengelola manajemen bisnis. Manajemen pemasaran berkutat pada segala hal terkait pemasaran produk. Adapun ini mulai dari perencanaan, bentuk, target marketing, serta hasil yang hendak dicapai. Pengelolaan manajemen pemasaran yang kurang baik tentu berdampak pada pemasukan yang rendah karena produk menjadi sulit terjual.

Pemasaran menjadi senjata yang penting dalam sebuah bisnis. Bahkan jika strategi pemasarannya bagus, barang yang biasa atau kurang bermutu pun bisa terjual laris. Hal penting yang dibutuhkan di sini adalah kreativitas serta inovasi dalam merancang manajemen pemasaran.

3. Manajemen Distribusi

Ketika manajemen pemasaran berjalan dengan baik, tetapi tidak ditunjang dengan manajemen distribusi yang mumpuni, tentu saja hal tersebut tak akan membuahkan banyak hasil. Bahkan lambat laun pemasaran akan terganggu karena barang terhambat pada bagian distribusi.

Nah, manajemen distribusi bertugas untuk merancang dan mengatur bagaimana cara agar produk bisa sampai kepada konsumen dengan aman. Jadi, ketika ada masalah pada bagian distribusi, tentu alur laju produk menjadi terhambat dan ini akan berpengaruh terhadap cara pandang konsumen terhadap produk milik Anda.

4. Manajemen Finansial

Ini juga masuk poin terpenting dalam mengelola manajemen bisnis yang perlu dipahami. Manajemen finansial adalah segala hal yang mengatur situasi keuangan dalam perusahaan. Manajemen ini menyangkut bagaimana cara agar keuangan perusahaan mampu dibagi sesuai dengan rencana anggaran yang dibuat di awal.

Dalam manajemen finansial kita juga harus belajar untuk transparan dalam pengelolaannya. Manajemen finansial yang baik tentu saja mampu membuat semua berjalan sesuai rencana dan masalah keuangan yang sulit bisa teratasi.

Manajemen bisnis tanpa manajemen keuangan tentu tak mampu berjalan. Masalah keuangan diibaratkan sebagai bahan bakar yang membuat bisnis bisa bergerak. Karena itu, mulailah sedari bisnis masih kecil karena dengan begitu Anda bisa memantau pergerakan bisnis Anda dengan baik ke depannya.

Di atas adalah poin terpenting dalam mengelola manajemen bisnis yang sangat perlu dipelajari. Jika Anda ingin mempelajari poin di atas lebih detail dan ilmu bisnis lainnya, Anda bisa mengambil jurusan manajemen bisnis di BINUS ONLINE.

Saat ini, BINUS ONLINE memungkinkan siapapun, baik itu yang telah bekerja atau Anda yang tengah merintis bisnis untuk belajar bersama dengan metode daring dan jadwal mata kuliah yang fleksibel. Didukung oleh dosen pengajar yang kreatif dan fasilitas terbaik serta harga terjangkau menjadikan program Online Learning ini harus diikuti semua orang.

Whatsapp