BINUS Online

9 Tips Manajemen Bisnis Agar Sukses dan Menguntungkan

Bagi Anda yang saat ini tengah meniti karir atau sedang memulai usaha, maka bersabarlah dan tekunlah karena pasti kesuksesan akan segera menemui Anda. Tentu setiap orang ingin sukses dan tentunya mereka ingin kesuksesan tersebut datang dengan cepat. Namun masalahnya, apakah Anda sudah benar dalam berbisnis sehingga menginginkan kesuksesan itu datang dengan cepat? Paling tidak Anda harus tahu tips manajemen bisnis agar sukses dan menguntungkan dan menerapkannya dengan benar agar kesuksesan tersebut bisa lekas datang.

Tips Manajemen Bisnis Agar Sukses dan Menguntungkan

Bagi Anda yang menantikan kesuksesan, di bawah ini kami berikan ulasan tips manajemen bisnis agar sukses dan menguntungkan bagi para pemula oleh Scott Gerber.

  1. Fokus pada satu peluang
    Perkembangan teknologi digital menjadikan semua lini adalah peluang. Nah, di awal Anda mungkin akan kesulitan dalam memilih mana yang hendak dipilih dan dikembangkan, tetapi apakah kita harus memilih salah satu saja? Sebenarnya apakah Anda berfokus pada satu atau memilih banyak peluang itu bukanlah sebuah masalah besar. Masalahnya justru terletak pada kemampuan Anda.
    Namun, memang fokus pada satu pilihan lebih baik karena dengan ini Anda bisa fokus untuk mengembangkan satu jenis bisnis. Dengan begitu, ide dan pikiran pun akan lebih terarah.
  2. Lakukan hal yang disukai
    Ketika kita melakukan hal yang disukai, tentu rasanya akan lebih nyaman dan lebih bersemangat. Oleh karena itu, pastikan jika pekerjaan yang Anda pilih telah sesuai dengan minat Anda. Selain itu, hindari bekerja hanya semata karena untung yang besar atau hanya karena ingin nampak keren dimata orang lain. Hal tersebut justru akan membuatmu terpuruk di kemudian hari. Lantas bagaimana?
    Keputusan terbaik dalam memulai bisnis adalah memulainya berdasarkan hobi. Jadi, jika Anda hobi fotografer, mulailah dari menjual perlengkapan kamera atau membuka jasa foto.
  3. Kuasai segala hal tentang bisnis yang Anda geluti
    Memiliki investor di awal tentu hal yang sulit karena mereka tak akan mudah percaya. Namun, hal ini bisa berbeda jika Anda memiliki keahlian untuk menjelaskan dengan detail tentang rencana perusahaan Anda. Penjelasan yang jelas diikuti oleh prospek ke depannya tentu mampu membuat kepercayaan investor meningkat sehingga berani berinvestasi ke perusahaan Anda.
  4. Selalu ingin belajar
    Setiap orang selalu memiliki kekurangan dan kelebihan, jadi pastikan untuk tidak malu untuk belajar dari orang lain. Selain itu, tidak perlu malu juga untuk belajar di bangku perkuliahan karena dengan ini Anda akan banyak bertemu dengan ilmu baru dan calon relasi baru. Selain itu, selalu terbuka dan jadilah gelas kosong setiap kami bertemu dengan orang baru. Ambil ilmu dari mereka dan diskusikan hal yang perlu dilakukan untuk sukses. Ingat, lebih banyak mendengar tentu lebih baik daripada lebih banyak bicara, bukan?
  5. Hidup sederhana
    Ketika Anda ingin menjadi seorang yang sukses, kunci utamanya tetaplah hidup sederhana. Hindari menghambur-hamburkan uang untuk nampak sukses. Ingat, sukses adalah proses dan untuk mendapatkannya Anda akan membutuhkan banyak biaya. Jadi, pastikan untuk menyimpan uangmu sekarang dan gunakan untuk urusan yang tepat. Jangan mudah tergiur dengan penampilan yang akan membuatmu ‘keren’ karena hal ini bisa Anda nikmati nanti ketika sukses telah berada di tangan.
  6. Belajar dari kegagalan
    Tidak ada satupun yang pasti di dunia ini, begitupun dalam dunia bisnis. Selalu ada pilihan untuk diam atau terus bergerak dan semua hal pasti ada risikonya. Namun meski begitu, tetaplah maju dan hadapi kegagalan. Ingat, semua hal tidak selalu berjalan sesuai dengan rencana, jadi selalu persiapkan berbagai opsi untuk menghadapi setiap risikonya. Apapun itu jangan pernah putus asa dan teruslah mencoba.
  7. Jagalah kesehatan
    Apapun pekerjaannya, pastikan selalu menjaga kesehatan. Anda harus mulai berolahraga dengan teratur, makan dengan teratur, dan jangan lupa istirahatlah. Ingatlah bahwa jika Anda sakit maka akan ada banyak waktu terbuang. Oleh karena itu, jagalah kesehatan dengan baik.
    Tidak dipungkiri jika banyak mereka yang merintis bisnis kemudian mengesampingkan masalah kesehatan dan terlalu berfokus pada bisnisnya sehingga mengesampingkan makan dan istirahat. Padahal tubuh sangat memerlukannya.
  8. Buktikan dengan tindakan
    Hindari terlalu banyak berkata, tetapi perbanyak tindakan. Buktikan pada orang lain jika Anda mampu.
  9. Tahu kapan berhenti
    Ada sebuah pepatah mengatakan jika seorang kapten yang bijak akan tenggelam dengan kapalnya. Artinya, seorang yang bijak tahu kapan dia harus terus berusaha dan kapan dia harus berhenti.
    Namun perlu dipahami, berhenti berusaha tak sama dengan menyerah. Kadang ada hal yang harus memang dihentikan karena jika diteruskan akan kian terpuruk. Begitu pula dengan ketika merintis bisnis. Ada bisnis yang memang mampu membawamu ke arah kesuksesan, tetapi sebaliknya. Jadi bijaksanalah. Jangan memaksa keaadan terlalu keras setelah Anda bekerja keras mengembangkannya.

Di atas adalah 9 tips manajemen bisnis agar sukses dan menguntungkan yang bisa Anda terapkan. Jika Anda ingin ilmu yang lebih dari tips manajemen bisnis agar sukses dan menguntungkan di atas, Anda bisa menjadi bagian dari Binus Online University.  Tak hanya menambah ilmu, dengan mengikuti kuliah online ini Anda pun juga bisa memiliki banyak rekan yang sejalan dengan pandangan Anda. Anda bisa bertukar pandangan terkait dengan bisnis yang Anda atau mereka miliki.

Selain itu, Binus Online University juga menerapkan pembelajaran daring dengan pilihan jadwal mata kuliah yang fleksibel. Jadi, Anda tak perlu khawatir, terkhusus bagi Anda yang saat ini tengah bekerja.

Whatsapp