Discussion

BINUS Online Learning merupakan suatu sistem pembelajaran online dengan menggunakan Learning Management System (LMS). Learning Management System ini merupakan suatu media pembelajaran online yang ditujukan untuk individu yang ingin tetap belajar dan mendapatkan ilmu perkuliahan tanpa harus terikat dengan tempat kuliah dan juga jadwal kuliah. Dengan kata lain seluruh aktivitas perkuliahan dilakukan secara online.

BINUS Online Learning ini sudah diterapkan mulai tanggal 14 Februari 2009. Dengan menggunakan sistem BINUS Online Learning, mahasiswa tetap bisa mengikuti perkuliahan tanpa menganggu aktivitas sehari-harinya. Sistem BINUS Online Learning ini sangat membantu mahasiswa BINUS yang sibuk melakukan aktivitasnya.

BINUS Onnline Learning ini dirancang sedemikian rupa menyerupai dengan kelas perkuliahan pada umumnya. Dengan cara ini, mahasiswa tetap bisa merasakan seperti sedang belajar di dalam ruang perkuliahan. Selain itu, BINUS Online Learning juga memungkinkan untuk mahasiswa tetap berinteraksi dengan teman sekelas dan juga dosen di dalam forum diskusi yang tersedia.

BINUS Online Learning dapat dilakukan aktivitas course room dan juga Team Room. Forum team room memungkinkan mahasiswa untuk mengerjakan tugas kelompok bersama. Lalu juga terdapat fitur Personal Room di BINUS Online Learning. Fitur Personal Room ini membantu mahasiswa yang ingin berkonsultasi langsung dan personal dengan dosen pengampu mata kuliah maupun dosen pembimbing. Kemudian juga terdapat fitur Class Conference yang mampu menampilkan virtual class sehingga memungkinkan mahasiswa untuk berinteraksi dengan teman sekelas.

BINUS Online Learning sendiri menerapkan bobot 80% online dan 20% offline. Untuk bobot 80% online ini berlangsung selama sembilan minggu dengan menggunakan Learning Management System atau LMS. Selama sembilan minggu perkuliahan online akan meliputi materi perkuliahan, diskusi forum antar mahasiswa dan juga upload tugas individu maupun kelompok. Lalu untuk bobot 20% online akan berlangsung kuliah tatap muka di minggu ke 10. Kemudian di minggu ke 11 akan dilakukan review dan juga ujian.