BINUS Online

7 Peluang Profesi bagi Lulusan Manajemen Bisnis

Karier di bidang bisnis sangat luas, dinamis, dan menantang—mulai dari mengelola orang, proyek, dan perubahan; mengurus bisnis sendiri atau memberi saran strategis kepada orang lain; hingga membangun usaha dan mengelola bisnis perusahaan berskala besar. Untuk bisa melakukannya, dibutuhkan lulusan-lulusan Manajemen Bisnis yang andal.

Manajemen Bisnis merupakan salah satu jurusan yang paling banyak diminati. Bukan hanya karena peluang kariernya yang luas, jurusan ini juga difasilitasi dengan kuliah online. Bagi kamu yang menyukai dunia bisnis dan ingin menjalani perkuliahan secara fleksibel melalui daring, BINUS ONLINE LEARNING bisa menjadi pilihan tepat.

Namun, pasti pertanyaan seperti ini muncul di benakmu: setelah lulus dari Jurusan Manajemen Bisnis di BINUS ONLINE LEARNING, apa saja peluang profesi yang menantimu? Berikut ini tujuh pilihannya!

1. Direktur Operational (Chief Operational Officer/COO)

Pertama, lulusan Manajemen Bisnis berkesempatan memperoleh pekerjaan sebagai direktur operasional. COO bisa dibilang menjadi posisi eksekutif tertinggi kedua di sebuah perusahaan. Profesi ini bertanggung jawab dalam kegiatan operasional setiap hari dan melaksanakan tujuan jangka panjang dari sebuah bisnis. Oleh karena keharusannya untuk mengawasi banyak departemen berbeda, COO wajib mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang mendalam tentang fungsi-fungsi bisnis.

2. Entrepreneur

Tidak ingin bekerja di perusahaan orang lain? Punya ide atau rencana bisnis sendiri? Jadi entrepreneur saja! Wirausahawan adalah seseorang yang membuat bisnis baru, menanggung risiko paling banyak, serta menikmati paling banyak keuntungan. Entrepreneur juga sering kali dianggap sebagai inovator, sumber dari semua ide, produk, layanan, dan prosedur yang baru.

3. Pengembang Bisnis

Apa yang dilakukan oleh pengembang bisnis? Secara umum, pekerjaan ini membantu sebuah perusahaan untuk menjadi sukses. Pengembang bisnis mengandalkan teori, pengalaman, dan pengetahuan yang dapat membuat bisnis tumbuh. 

4. Manajer Proyek

Kuliah online di BINUS ONLINE LEARNING juga berpeluang mendapatkan profesi sebagai manajer proyek, lo. Secara umum, pekerjaan ini bertanggung jawab dalam merencanakan, mengorganisasi, dan mengarahkan penyelesaian proyek tertentu. Oleh karena itu, manajer proyek harus memastikan setiap proyek sesuai bujet, tepat waktu, dan masih dalam cakupan.

Tanggung jawab manajer proyek tergantung pada sektor yang mereka geluti. Namun, dari semua itu, pekerjaan ini berkutat pada lima fase yang disebut dengan “siklus keberlangsungan proyek”—mulai dari menginisiasi, merencanakan, menjalankan, mengawasi dan mengontrol, hingga menutup proyek.

5. Manajer Pemasaran

Manajer pemasaran mengontrol seluruh komunikasi antara perusahaan dengan pelanggannya. Pekerjaan ini mengelola tim internal untuk membuat pesan-pesan promosi dan memublikasikannya ke berbagai saluran. Manajer pemasaran bisa bergabung dengan berbagai macam media, mulai dari surat kabar dan papan iklan tradisional hingga platform sosial dan periklanan digital.

6. Konsultan Manajemen Bisnis

Bekerja di profesi ini menuntutmu untuk bisa memikirkan solusi, menciptakan nilai, mengoptimalkan pertumbuhan, dan memperbaiki kinerja sebuah bisnis. Jika menyukai pemecahan masalah dan ingin membuat perusahaan beroperasi lebih baik, karier ini sangat cocok untukmu!

7. Manajer E-Bisnis

Terakhir, ada peluang pekerjaan yang menarik bila kamu menyukai gabungan bisnis dengan teknologi. Beberapa tanggung jawab manajer e-bisnis, antara lain mengatur bujet, mengontrol mutu dan jaminan, mengawasi perancangan dan pengembangan situs web, menyusun jadwal dan rentang waktu, serta menyiapkan laporan dan analisis angka konversi.

Wah, profesi-profesi yang menarik, ya? Itulah tujuh peluang karier bagi lulusan Manajemen Bisnis yang patut kamu ketahui. Sangat cocok untuk kamu yang ingin menggeluti dunia bisnis, baik dalam memberi saran, mengelola bisnis milik pengusaha lain, atau membangun usaha sendiri.

Jika berminat menempuh pendidikan di BINUS ONLINE LEARNING, kamu bisa menjalani kuliah online secara fleksibel, lo. BINUS UNIVERSITY menyediakan Sistem Modular yang membolehkan mahasiswa untuk memilih mata kuliah dan mengatur jadwal sendiri. Selain itu, ada pula Program RPL yang pas untuk orang-orang yang sudah memiliki pengalaman kerja atau sertifikat pelatihan.

Tunggu apa lagi? Sudah saatnya Kuliah Fleksibel Lulusan Berkualitas di BINUS ONLINE LEARNING!

Whatsapp