BINUS Online

Ini Tips dan Solusi Ketika Kamu Salah Pilih Jurusan Kuliah

Salah memilih jurusan bisa dialami siapa saja. Kamu pun bakal berhadapan berbagai pengalaman tidak menyenangkan ketika mengalaminya. Belajar terasa tidak menyenangkan. Namun, bukan berarti kamu dapat terus-menerus merenungi nasib. Kamu perlu move on dan mengatasi berbagai problem yang muncul saat salah pilih jurusan kuliah. 

Untuk membantu kamu yang tengah bermasalah dengan kesalahan memilih jurusan, berikut ini 5 tips yang bisa dipraktikkan: 

1. Aktif dalam Kegiatan UKM

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi problem salah pilih jurusan adalah meningkatkan aktivitas di dalam kampus. Kamu dapat berpartisipasi dalam unit kegiatan mahasiswa (UKM) atau komunitas sesuai dengan minat dan hobi. Kamu akan menjumpai banyak pilihan UKM yang ada di dalam kampus. 

Buat kamu yang mempunyai ketertarikan tinggi dalam aktivitas menulis, pertimbangkan untuk ikut UKM jurnalistik. Selain itu, ada pula pertimbangan UKM lainnya seperti pencinta alam, teater, seni tari, wirausaha, dan lain sebagainya. Aktivitas dalam berbagai UKM dapat mendorong kamu untuk mengembangkan soft skill dan bagian dari upgrade kemampuan diri. 

2. Ikuti Kursus atau Workshop

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengikuti workshop atau kursus. Pilihan ini sangat tepat buat kamu yang ingin mengembangkan keahlian baru. Apalagi, saat ini ada banyak opsi kursus yang bisa kamu ikuti, baik secara offline ataupun online. Durasi kursus biasanya tidak terlalu lama, berkisar antara 3 sampai 6 bulan. 

3. Berpartisipasi Dalam Program Magang

Solusi lain yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi problem salah mengambil jurusan adalah mengikuti program magang. Kabar baiknya, program magang tidak hanya menjadi kesempatan bagi kamu untuk meningkatkan soft skill dan hard skill. Di waktu yang bersamaan, kamu bisa pula memperoleh pemasukan ekstra. 

Biar program magang berlangsung dengan lancar, pilih tempat magang dengan cermat. Pastikan bahwa perusahaan yang menjadi lokasi magang kamu sesuai dengan keahlian, minat, atau passion. Dengan begitu, kamu tidak akan mengulangi kesalahan seperti halnya ketika mengambil jurusan kuliah. 

4. Diskusi dengan Sahabat dan Senior

Kamu bukanlah satu-satunya orang yang memiliki permasalahan salah dalam memilih jurusan. Problem seperti ini bisa pula dihadapi oleh mahasiswa lain, termasuk sahabat atau senior di jurusan kamu. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kalau kamu mencoba untuk melakukan diskusi dengan mereka. 

Diskusi dengan sahabat dan senior di tempat kuliah bisa memberi manfaat besar. Kamu akan memperoleh masukan untuk mengatasi berbagai kesulitan yang dihadapi di kampus. Tidak menutup kemungkinan, kamu bakal mendapatkan perspektif baru yang bisa membuat cara pandang terhadap jurusan berubah 180 derajat. 

5. Ambil Double Degree

Solusi terakhir, kamu dapat memilih untuk kuliah lagi dan mengambil jurusan yang sesuai minat. Cara seperti ini sangat menarik, karena memberi kesempatan bagi kamu untuk memperoleh pengetahuan lebih banyak. Apalagi, kamu bisa memperoleh dua gelar sarjana sekaligus ketika lulus kuliah. 

Hanya saja, kuliah double degree bisa cukup merepotkan. Kamu perlu membagi waktu dengan cermat agar bisa menyelesaikan semua tugas di kedua jurusan yang diikuti. Jangan sampai kamu banyak menghabiskan waktu bolos. 

Untuk problem yang satu ini, ada solusi tepat dari BINUS ONLINE LEARNING (BOL) yang bisa kamu manfaatkan. BOL menyediakan layanan pendidikan kuliah secara jarak jauh dengan memanfaatkan platform online. Dengan begitu, kamu bisa berkuliah tanpa harus mendatangi kelas secara langsung. 

Kuliah online di BOL bisa kamu lakukan tanpa harus kebingungan dalam mengatur waktu. Kamu dapat mengatur waktu kuliah online secara fleksibel, disesuaikan dengan tingkat kesibukan masing-masing. 

Tidak hanya itu, BOL juga memberi keleluasaan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah sesuai dengan kemampuan finansial masing-masing. Hal ini penting, untuk memastikan kamu tidak mengalami kesulitan keuangan ketika menjalani perkuliahan. Apalagi, bagi kamu yang memilih untuk kuliah di dua jurusan sekaligus. 

Nah, itulah 5 tips jitu yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi permasalahan salah jurusan kuliah. Semoga bermanfaat, ya. 

Whatsapp