Bagi yang kerap sulit tidur pada malam hari, perlu diketahui bahwa stres bisa menjadi salah satu pemicu terbesarnya. Stres mengaktifkan sistem saraf simpatik yang menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah tinggi sehingga membuat kamu tetap terjaga. Bahkan ketika kamu berhasil tertidur, kualitas tidur mungkin tetap buruk dan kamu mungkin akan sering terbangun sepanjang malam. Stres memang terkadang tidak bisa dihindari, tapi kebutuhan akan tidur berkualitas tidak seharusnya jadi kompromi. Jadi, bagaimana caranya agar tidur bisa nyenyak saat stres melanda? Berikut informasinya.

Menerapkan rutinitas khusus sebelum tidur 

Agar tidur bisa nyenyak, kamu bisa menerapkan rutinitas khusus sebelum tidur. Rutinitas ini bisa berupa baca buku, mendengarkan musik, stretching, dan sebagainya. Kamu juga dapat menerapkan teknik relaksasi yang bermanfaat membuat tekanan darah menurun, memperlambat pernapasan, dan membuat kamu merasa lebih tenang untuk tidur. 

Untuk membantu mempersiapkan tidur, kamu dapat memilih berbagai metode yang memicu respons relaksasi. Misalnya meditasi, hipnosis, relaksasi otot progresif, dan pernapasan dalam, serta teknik yang menggabungkan komponen fisik seperti yoga, tai chi, atau qi gong.

Menulis jurnal untuk mengeluarkan isi kepala

Menuliskan pikiran kamu dalam jurnal juga membantu agar bisa tidur nyenyak. Banyak orang menemukan bahwa menulis jurnal tentang kekhawatiran membantu mengelola stres. Dengan menjadwalkan waktu khusus setiap hari untuk menuliskan apa yang ada di pikiran kamu, kamu mungkin dapat mencegah pikiran-pikiran berkecamuk yang mengganggu kamu saat mencoba untuk tertidur.

Menciptakan suasana tidur yang nyaman

Frustrasi yang kamu rasakan karena tidak bisa tidur dapat membuat kamu mengasosiasikan stres dengan tempat tidur. Menciptakan suasana tidur tertentu yang membuat kamu merasa nyaman dapat membantu melawan perasaan ini dan memperkuat gagasan bahwa tempat tidur adalah untuk tidur.

Agar tidur bisa nyenyak, caranya bisa dengan mengkhususkan tempat tidur untuk tidur dan jauhkan dari pekerjaan. Usahakan juga untuk menjaga agar kamar tidur tetap sejuk dan tenang, matikan semua lampu terang, termasuk jam alarm dan notifikasi handphone. Hindari melihat jam ketika mencoba untuk tertidur atau saat kamu bangun pada tengah malam. Kamu juga bisa menyalakan lilin aromaterapi untuk efek relaksasi.

Mulailah bersantai satu jam sebelum waktu tidur dengan meredupkan lampu dan beralih ke aktivitas yang tenang. Atur alarm untuk waktu yang sama setiap pagi, bahkan di akhir pekan. Bangun dari tempat tidur jika kamu tidak bisa tidur setelah setengah jam berbaring dan lakukan aktivitas menenangkan di ruangan lain sampai merasa mengantuk.

Membuat jadwal tidur yang teratur

Agar tidak merusak jadwal tidur, kamu juga perlu membatasi screen time. Televisi, smartphone, tablet, dan layar komputer memancarkan cahaya biru yang bisa membuat kamu tetap terjaga di malam hari dengan menurunkan kadar melatonin, hormon yang membuat kamu mengantuk. 

Karenanya, usahakan menghindari perangkat elektronik saat waktu tidur. Coba kenakan kacamata khusus yang bisa menghalangi cahaya biru tersebut. Dengan begitu, kamu dapat dapat mengurangi dampak screen time terhadap siklus tidur. Namun, jika memungkinkan, cobalah buat kamar tidur kamu menjadi zona bebas layar.

Mencoba fokus pada napas atau lakukan meditasi

Terakhir, kamu bisa fokus pada pernapasan dengan melatih mindfulness agar tidur bisa nyenyak. Mulailah dengan mencari posisi yang nyaman, boleh duduk maupun berbaring. Ambil napas dalam-dalam dan perlahan-lahan gerakkan perhatian kamu dari kaki ke atas tubuh. 

Saat bergerak dari kaki ke perut, bahu, kepala, dan leher, perhatikan saja apakah kamu menahan ketegangan di area tersebut. Tujuannya adalah hanya menyadari dan menerimanya. Dengan membawa kesadaran pada ketegangan yang kamu rasakan, sering kali hal itu dapat membatasi dampaknya pada kamu.

Menggunakan teknik relaksasi lainnya juga dapat membantu kamu melatih mindfulness. Kamu bisa melakukan pose yoga atau menggunakan minyak esensial. Meditasi bisa menjadi cara yang bagus untuk menghadapi situasi stres dan meredakan ketegangan otot.

Itulah beberapa cara agar tidur bisa nyenyak meskipun kamu tengah dilanda stres. Apa pun penyebab stres kamu, menerapkan beberapa cara di atas dapat membuat tidur lebih nyenyak sehingga kamu dapat beraktivitas lebih semangat. Khususnya buat kamu yang sedang menempuh pendidikan, penting untuk tidur nyenyak agar otak bisa berpikir menerima materi pelajaran.

Agar tidak stres dengan pertemuan tatap muka dan berbagai faktor membebankan lainnya, kamu bisa mengambil kelas BINUS ONLINE LEARNING. Ada banyak keuntungan yang ditawarkan, salah satunya jam belajar fleksibel karena BINUS ONLINE LEARNING menerapkan sistem pembelajaran 100% online. Klik di sini untuk cari tahu tentang informasinya!