Merupakan hal yang normal untuk terkadang merasa insecure terhadap diri sendiri. Namun, merasa insecure sepanjang waktu dapat berdampak buruk pada berbagai aspek kehidupan, mulai dari kesehatan fisik, kesejahteraan emosional, hingga performa dalam pekerjaan. Untuk menghindari hal tersebut, yuk simak beberapa cara supaya tidak insecure terhadap diri sendiri berikut ini!

Jangan dengarkan kata-kata negatif orang lain

Cara supaya tidak insecure yang pertama adalah jangan mendengarkan kata-kata negatif orang lain agar kamu bisa fokus pada diri sendiri. Bangunlah nilai diri tentang apa yang benar dan salah tanpa terpengaruh pendapat negatif orang lain. Cara kamu menilai dan memandang diri sendiri menentukan keputusan yang dibuat setiap hari. 

Jangan biarkan kata-kata negatif orang lain membuat kamu meragukan diri sendiri hingga ke tahap kamu merasa tidak berdaya. Cobalah memberikan afirmasi kepada diri sendiri bahwa kamu orang baik dan fokuslah kepada apa yang bisa kamu lakukan. Jangan anggap remeh semua bantuan dan kasih sayang yang kamu berikan kepada orang lain karena itu adalah bukti bahwa kamu berhak mendapatkan yang terbaik.

Hindari menyalahkan diri sendiri

Sangat penting juga untuk tidak terbiasa menyalahkan diri sendiri. Menyalahkan diri sendiri sebetulnya belum tentu merupakan hal buruk. Merasa bertanggung jawab, bersalah, atau malu memang mencegah seseorang dari menyakiti orang lain dan memungkinkan kamu belajar dari kesalahan.

Namun, menyalahkan diri bisa menjadi masalah saat kamu melakukannya atas hal-hal yang tidak kamu lakukan atau secara objektif tidak seharusnya menjadi tanggung jawab kamu. Menyalahkan diri sendiri adalah salah satu bentuk emotional abuse yang paling toxic karena memperkuat kekurangan yang kamu rasakan, sehingga menghambat kamu untuk tumbuh.

Lakukan hal yang membuat kamu senang

Lakukanlah hal-hal yang membuat kamu bahagia karena memprioritaskan waktu luang untuk hal-hal yang memberi kamu kegembiraan dan kebahagiaan akan membuatmu lebih mencintai diri sendiri. Ini juga dapat menjadi cara supaya tidak insecure. Hal yang membuat kamu senang bisa berupa apa saja, seperti membaca buku favorit atau memasak makanan enak.

Lebih baik lagi jika kamu mempertimbangkan untuk mempelajari skill baru atau mencoba hobi yang selama ini ingin kamu coba. Selain membuatmu bahagia, menguasai keterampilan baru juga bisa menjadi pengingat tentang bakat dan minat yang membuatmu lebih baik dari segala bentuk insecurity yang kamu punya.

Jangan terlalu bergantung dengan orang lain

Bergantung secara emosional pada orang lain dapat membuat hidupmu sengsara mengingat kamu tidak bisa mengontrol bagaimana orang lain memandang dirimu dan memperlakukanmu. Jika orang itu gagal membuatmu bahagia, tentu kamu akan kecewa. Kamu harus menyadari bahwa kebahagiaan hanya bisa datang dari dalam diri sendiri. Dari sinilah kamu bisa mengembangkan cara supaya tidak insecure.

Berikan self reward saat berhasil melawan perasaan insecure

Sangat penting untuk menghargai diri sendiri setelah kamu berhasil melawan perasaan insecure. Dengan memberikan self-reward kepada diri sendiri, otak memunculkan emosi positif yang mengarah pada kesadaran bahwa upaya yang kamu kerahkan menghasilkan positive reward. Self-reward bisa meningkatkan motivasi dan membuat kamu lebih mudah dalam mencapai tujuan mengatasi insecurity

Bergabung dengan komunitas yang baik dan suportif

Tidak ada yang lebih baik daripada mengelilingi diri dengan orang-orang yang penuh kasih dan suportif untuk membangun kepercayaan diri dan membuat kamu merasa diterima apa adanya. Selain menghabiskan waktu dengan orang terdekat dan tersayang, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas yang baik dan suportif sebagai cara supaya tidak insecure.

Melihat diri kamu melalui pandangan orang-orang yang peduli dengan kamu akan membantu kamu menghargai kualitas dan keunikan diri sendiri. Perhatikan juga orang-orang dan situasi yang mungkin membuat kamu merasa insecure. Hindari “teman” yang terbiasa menunjukkan kekurangan kamu dan temukanlah teman yang lebih baik untuk kesehatan mental kamu.

Mengeksplor diri sendiri

Menemukan jati diri dan mengetahui siapa kamu sebenarnya dapat memberi perspektif baru dan penting saat tumbuh dan menemukan tujuan hidup. Selalu ada ruang untuk mempelajari hal-hal baru dan menjelajahi tempat-tempat baru. Saat kamu memasuki berbagai tahapan kehidupan, kamu mungkin harus mengevaluasi diri sendiri kembali.

Salah satu cara mengeksplor diri sendiri yang bisa kamu lakukan adalah dengan bergabung di BINUS ONLINE LEARNING. Di sini, kamu tidak hanya akan menemukan berbagai kelebihan yang bisa membuatmu lebih percaya diri, namun juga sistem pembelajaran yang sangat suportif karena berfokus pada karakteristik mahasiswa.

Semua orang pernah merasa insecure pada tingkat tertentu, tapi jika dibiarkan, itu dapat berdampak besar pada kehidupan sehari-hari. Membangun self-esteem tidak selalu mudah dan bisa memakan waktu, namun dengan beberapa cara supaya tidak insecure di atas, kamu akan merasa lebih baik dan nyaman dengan diri sendiri.