Ada begitu banyak kata untuk menggambarkan bagaimana perasaan kamu tentang diri sendiri, bagaimana kamu berpikir tentang diri sendiri, dan bagaimana kamu bertindak terhadap diri sendiri. Meskipun sekilas mirip, self-worth, self-esteem, dan self-confidence ternyata mempunyai konsep berbeda dengan makna, temuan, dan tujuan yang unik. Yuk, simak artikel berikut biar lebih paham!

Apa itu Self-Worth?

Self-worth adalah perasaan mencintai diri sendiri dan percaya bahwa kamu layak dicintai. Self-worth juga berarti memberi diri sendiri rasa hormat, penghargaan, dan pengertian yang sama seperti yang kamu berikan untuk orang lain. Rendahnya self-worth menjadi penyebab, bukan efek, dari kesulitan yang kamu alami dalam hidup, baik itu kesulitan finansial, fisik, dan sebagainya.

Apa itu Self-Esteem?

Istilah self-esteem dalam psikologi digunakan untuk menggambarkan perasaan subjektif seseorang secara keseluruhan tentang arti diri sendiri atau nilai pribadi. Jadi, self-esteem bisa didefinisikan sebagai seberapa besar kamu menghargai dan menyukai diri sendiri, terlepas dari kondisi yang kamu alami. Tinggi atau rendahnya self-esteem ditentukan oleh banyak faktor, seperti rasa percaya diri, perasaan insecurity, identitas diri, dan perasaan kompetensi. 

Perbedaan Self-Worth dan Self-Esteem dengan Self-Confidence

Sebetulnya tidak ada perbedaan besar antara self-worth dan self-esteem. Self-esteem mengacu pada apa yang kamu pikirkan, rasakan, dan yakini tentang diri sendiri. Sementara self-worth mengakui bahwa kamu “lebih besar” dari semua hal atau kondisi di luar kontrol. Self-worth adalah pengetahuan yang mendalam bahwa kamu berharga, dapat dicintai, dan punya nilai penting dalam kehidupan ini.

Sedangkan, self-esteem dan self-confidence cukup berbeda. Self-confidence mengacu pada kepercayaan diri yang dimiliki dalam bidang kehidupan tertentu dan tentang mempercayai kemampuan diri sendiri. Self-confidence lebih mudah dibangun daripada self-esteem karena berasal dari pengetahuan dan praktik. Jadi, semakin banyak pengalaman, maka idealnya semakin besar self-confidence yang kamu punya.

Di sisi lain, self-esteem dan self-confidence tidak selalu berjalan bersamaan. Kamu bisa percaya diri dengan kemampuanmu, tapi memiliki self-esteem yang rendah. Contohnya, seorang atlet profesional mungkin punya banyak kepercayaan diri pada kemampuan mereka, tapi menderita self-esteem yang rendah. Namun, saat kamu percaya diri dalam satu bidang kehidupan, itu dapat membantu meningkatkan self-esteem secara keseluruhan.

Mengapa memiliki ketiganya begitu penting?

Setidaknya ada tiga alasan mengapa penting untuk mempunyai self-worth, self-esteem, dan self-confidence, yaitu:

  • Bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik

Hidup dengan self-esteem yang rendah dapat membahayakan kesehatan mental dan menyebabkan masalah seperti depresi dan kecemasan. Punya self-esteem yang tinggi adalah kunci untuk kesehatan mental yang positif karena dapat membantu mengembangkan keterampilan solutif, menangani kesulitan, dan menempatkan hal negatif ke dalam perspektif yang lebih objektif.

  • Self-worth dapat membantu meningkatkan self-confidence

Saat kamu mengakui diri sendiri sebagai manusia yang berharga dan layak dicintai, otomatis kamu akan merasa lebih percaya diri. Self-confidence yang baik membantumu percaya dengan kemampuan diri sendiri untuk menghadapi tantangan dan memecahkan masalah.

  • Memperbaiki hubungan dengan orang lain dan diri sendiri

Saat kamu menghargai diri sendiri dan memiliki self-worth, self-esteem, dan self-confidence yang baik, kamu akan merasa secure dan berharga. Kamu umumnya akan memiliki hubungan yang positif dengan orang lain, merasa percaya diri dengan kemampuan yang kamu miliki, serta terbuka untuk terus belajar dan terhadap feedback yang dapat membantumu memperoleh keterampilan baru.

Tingkatkan self-worth, self-esteem, dan self-confidence di BINUS ONLINE LEARNING

BINUS ONLINE LEARNING merupakan program pendidikan dari BINUS University untuk membantu mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dengan kemudahan dan banyak manfaat. Diselenggarakan secara online, program ini bertujuan membantu para mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri, termasuk meningkatkan self-worth, self-esteem, dan self-confidence tanpa harus terikat dengan jadwal ataupun tempat tertentu. Berikut sejumlah manfaat yang bisa kamu rasakan dengan belajar di BINUS ONLINE LEARNING:

  • Fleksibel dalam memilih sendiri jumlah mata kuliah yang ingin diambil karena menerapkan sistem modular untuk mahasiswa mulai semester dua.
  • Besaran biaya kuliah bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial berdasarkan jumlah mata kuliah per semester yang diambil.
  • Lebih efektif dan efisien karena menerapkan ujian online yang bisa dilakukan di  manapun dan kapan pun sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh kampus.
  • Tanpa batasan waktu atau tempat, mahasiswa bisa menikmati interaksi fleksibel dengan dosen secara virtual sehingga memudahkan pembahasan topik perkuliahan secara luas.
  • Menawarkan ratusan konten perkuliahan yang bisa diakses lewat LMS yang dinamakan BINUSMAYA.
  • Pembelajaran global membuat mahasiswa bisa menikmati metode belajar lebih luas karena kelas online dilakukan tanpa batasan waktu dan tempat

Yuk, sama-sama membangun self-worth, self-esteem, dan self-confidence untuk hidup yang lebih baik dan bermakna. Belajar di BINUS ONLINE LEARNING bisa menjadi salah satu langkahnya. Semoga bermanfaat!