Kamu sering mengalami perasaan tidak percaya diri atau insecure terhadap lingkungan sekitar? Perasan ini terkadang tidak bisa dihindari oleh sebagian banyak orang. Insecure sendiri digunakan untuk menggambarkan perasaan tidak nyaman dan selalu merasa kekurangan dalam berbagai kondisi. Baik itu penampilan fisik, pendidikan, skill dalam bekerja, hingga asmara. Perasaan insecure kerap membuat banyak orang membandingkan kehidupan sendiri dengan orang lain. Tak main-main, jika terus dibiarkan, perasaan insecure ini dapat mengganggu dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, kamu harus tahu enam cara mengatasi insecure pada diri sendiri berikut ini!

  1. Hindari orang yang membuat kamu merasa insecure

Sadarkah kamu bahwa terkadang perasaan insecure bisa datang dari orang terdekat kita? Bahkan tanpa sadar kita telah dikelilingi oleh orang-orang toxic yang kerap membuat diri kita merasa insecure terus menerus. Jika kamu sadar siapa saja orang yang membuatmu menjadi insecure, sebaiknya segera hindari mereka. Dibandingkan dekat-dekat dengan mereka, kelilingilah dirimu dengan orang-orang yang suportif. Mereka akan membantu kamu menemukan rasa percaya diri kamu kembali.

  1. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Cara mengatasi insecure selanjutnya adalah berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Insecure muncul karena kamu merasa tidak sepadan dengan pencapaian orang-orang di sekitarmu. Kamu harus menyadari bahwa masing-masing orang memiliki kelebihan. Makanya, kamu harus menyadari kelebihan yang ada dalam dirimu dan yakinlah bahwa kelebihan tersebut justru membuatmu unik dan berbeda dari orang lain.

  1. Bangun kepercayaan diri dengan langkah-langkah kecil

Lawan dari insecure adalah percaya diri. Karenanya, cobalah membangun kepercayaan diri dimulai dengan langkah-langkah kecil. Kamu harus mengenal siapa dirimu sebenarnya dan memahami kelebihan yang kamu miliki. Misalnya, kelebihan kamu adalah dikelilingi oleh orang-orang yang suportif, keimanan yang kuat sebagai pondasi hidup, dan sebagainya. Dengan sadar akan nilai-nilai ini, kamu akan merasa dirimu mampu menghadapi segala permasalahan hidup sehingga perasaan insecure ini tak akan menghantuimu lagi.

  1. Kelilingi diri dengan orang-orang yang positif

Tahukah kamu, perasaan insecure bisa datang dari orang-orang yang selalu berpikiran negatif? Meskipun awalnya kamu tidak berpikiran negatif, terkadang pikiran negatif ini akhirnya akan memengaruhi kamu. Makanya, agar tidak menjadi orang yang pesimis, coba kelilingi dirimu dengan orang-orang yang positif. Kamu akan terpengaruh dengan positive vibe mereka dan melihat semua yang akan kamu hadapi dengan pemikiran positif. Kamu akan yakin bahwa apa pun tantangannya, pasti bisa kamu hadapi.

    5. Temukan kelebihan dan potensi diri

Cara mengatasi insecure selanjutnya adalah menemukan kelebihanmu. Insecure sendiri datang karena kamu merasa ada yang kurang dengan diri sendiri. Daripada fokus dengan kekuranganmu, cobalah temukan kelebihanmu. Terkadang hal yang kamu anggap biasa justru bisa menjadi kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Bahkan hal kecil seperti mudah berteman dengan orang baru saja sudah menjadi suatu kelebihan, lho. Mulailah menulis hal-hal yang kamu miliki, siapa tahu beberapa di antaranya adalah kelebihan diri kamu.

   6. Fokus menjadi diri sendiri

Kamu sering melihat semboyan be yourself atau menjadi diri sendiri? Meski terdengar klise, menjadi diri sendiri merupakan salah satu cara mengatasi insecure yang cukup ampuh. Daripada membandingkan diri atau mencoba menjadi orang lain, cobalah menjadi diri sendiri. Tidak perlu memenuhi standar orang lain, fokuslah mencintai diri dan segala kekuranganmu. 

Misalnya, saat kamu bertemu dengan teman lain, mungkin kamu tergoda untuk mengikuti gaya mereka. Namun, hal ini akan menjadi kebiasaan yang kurang baik. Kamu akan terus mencoba menjadi orang lain yang belum tentu sesuai dengan dirimu. Terus mengikuti orang lain dan memenuhi standar mereka dijamin akan sangat melelahkan mental kamu. Makanya, lebih baik hidup menjadi diri sendiri dan asah kelebihanmu demi meningkatkan rasa percaya diri kamu.

Berbagai cara mengatasi insecure ini bisa segera kamu terapkan. Saat sudah menemukan rasa percaya diri, kamu bisa memaksimalkan potensi dirimu. Seperti BINUS ONLINE LEARNING yang membantu memaksimalkan pendidikan tinggi kamu dengan jadwal yang lebih fleksibel. Kamu bisa kuliah di BINUS ONLINE LEARNING sambil mengasah soft skill dan hard skill untuk membantu kamu di dunia kerja nanti. Tertarik kuliah dengan waktu fleksibel bersama BINUS ONLINE LEARNING? Simak informasi selengkapnya di sini!