BINUS Online

Apa Bedanya Jurusan Akuntansi dan Manajemen?

Popularitas jurusan yang terkait dengan akuntansi dan manajemen memang cukup tinggi, di mana banyak calon mahasiswa yang ingin tahu apa saja perbedaan jurusan akuntansi dan manajemen. Bagi para calon mahasiswa kedua jurusan ini acap kali menimbulkan kebingungan, mengingat adanya beberapa kesamaan antar keduanya. Namun, tentunya ada beberapa perbedaan yang cukup mendasar. Terlebih jika terkait dengan mata kuliah yang didapatkan mahasiswa.

Beda Jurusan Akuntansi Dan Manajemen

Perbedaan mendasar pertama dari jurusan akuntansi dan manajemen adalah tujuan dari pemanfaatan ilmu. Akuntansi merupakan proses pencatatan, penggolongan, serta ringkasan, di mana nantinya laporan keuangan tersaji setelah proses tersebut dilalui. Laporan keuangan yang dibuat adalah selama kurun waktu tertentu.

Sedangkan ilmu manajemen adalah ilmu yang digunakan untuk memaksimalkan sumber daya yang ada dalam perusahaan secara efektif serta efisien untuk keuntungan perusahaan dan kesejahteraan karyawan.

Ulasan singkat tersebut sudah mencerminkan bahwa memang beda jurusan akuntansi dan manajemen sangatlah signifikan. Tujuan ilmu yang berbeda tentunya diperuntukkan untuk bidang kerja berbeda.

Akuntansi digunakan untuk menyusun laporan yang digunakan untuk bahan evaluasi pihak manajemen untuk pertimbangan mengambil keputusan. Sedangkan ilmu manajemen dipelajari sehingga ilmu ini dapat digunakan untuk memaksimalkan sumber daya yang ada dalam perusahaan.

Apa Yang Dipelajari Pada Jurusan Akuntansi Dan Manajemen?

Bagi mereka yang memilih bidang studi akuntansi, mereka akan mempelajari beberapa bidang studi, yaitu manajemen akuntansi, akuntansi keuangan, perpajakan serta audit, dan sistem informasi. Sedangkan para mahasiswa yang memilih jurusan manajemen akan mempelajari beberapa mata kuliah seperti manajer operasional, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, dan manajemen sumber daya manusia.

Hal ini berarti ada pula perbedaan profesi jika memang berbeda bidang studi yang ditempuh.  Lulusan akuntansi pastinya bekerja di bidang yang terkait dengan akuntansi seperti akuntan atau staf audit dan pegawai pajak. Sedangkan lulusan manajemen dapat memilih profesi seperti manajer keuangan atau operasional, atau bahkan konsultan manajemen.

Mata Kuliah yang Ditempuh Mahasiswa Jurusan Akuntansi

Para mahasiswa tentu memiliki tujuan untuk bekerja atau memiliki profesi setelah lulus kuliah. Hal ini tentu juga berlaku untuk mahasiswa jurusan akuntansi atau manajemen. Apabila terdapat beda jurusan akuntansi dan manajemen, maka tentunya ada perbedaan pilihan profesi bagi mahasiswa jurusan akuntansi dan jurusan manajemen.

Pertama, mari kita mengenal prodi Akuntansi dan bidang studi yang dipelajari secara detail. Mahasiswa jurusan Akuntansi akan mempelajari berbagai bidang studi yang memiliki keterkaitan erat dengan akuntansi serta semua praktik akuntan.

Bidang studi tersebut masih terurai menjadi beberapa jenis mata kuliah, yaitu akuntansi keuangan, audit dan perpajakan, laporan keuangan, akuntansi biaya dan ilmu terapan akuntansi yang digunakan pada perusahaan ataupun yayasan.

Intinya, mahasiswa akuntansi akan menghadapi berbagai pelajaran yang terkait dengan penghitungan keuangan. Karena itulah, kini beberapa kampus juga menerapkan teknologi informasi dalam setiap mata kuliah di bidang apapun. Jurusan akuntansi pun tidak lepas dari teknologi digital seperti MYOB, Accurate dan banyak lagi.

Melalui berbagai teknologi digital, mahasiswa akuntansi dapat lebih mudah dalam menyusun jurnal serta melakukan analisis laporan keuangan. Tidak hanya itu, dengan penyusunan sekaligus analisa laporan keuangan, mereka dapat melakukan estimasi keuangan manajemen di masa yang akan datang.

Memang, bidang studi akuntansi masih memiliki keterkaitan dengan manajemen keuangan. Pasalnya, beberapa bidang studi yang juga akan dipelajari mahasiswa jurusan akuntansi adalah Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan dan juga Manajemen Resiko. Namun, fokus utama adalah pada detail yang terkait dengan akuntansi seperti Akuntansi Sektor, Publik Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Biaya.

Bidang studi Akuntansi juga melingkupi penerapan ilmu akuntansi yang digunakan untuk sistem informasi, audit, perpajakan, akuntansi korporasi, statistika, pasar uang dan semacamnya. Intinya, semua perusahaan membutuhkan ahli akuntansi untuk staf pada bagian keuangan.

Baca Juga: Memahami Akuntansi Dasar untuk Pemula, Apa Saja?

Tentunya, lulusan jurusan Akuntansi telah dipersiapkan menjadi seorang akuntan ataupun beberapa profesi yang terkait di divisi keuangan dan perpajakan. Prospek karier dari prodi ini memang cukup menjanjikan. Pasalnya, hampir semua instansi, baik swasta maupun pemerintahan memerlukan ahli tata kelola keuangan.

Namun, bukan berarti lulusan Akuntansi tidak dapat berwirausaha. Justru, mereka dapat mengaplikasikan ilmu mereka dengan baik saat memiliki usaha sendiri. Selain itu, mereka juga dapat memilih profesi sebagai konsultan akuntansi, dimana mereka akan menjadi konsultan untuk perusahaan. Lulusan akuntansi juga dapat bekerja di bank dan keuangan serta akuntan publik.

Mata Kuliah yang Ditempuh Mahasiswa Jurusan Manajemen

Bagaimana dengan lulusan jurusan Manajemen? Pada dasarnya, mahasiswa prodi Manajemen akan belajar mata kuliah yang mencakup detail tentang tata kelola perusahaan dalam mencapai tujuan yaitu meraih keuntungan. Sesuai namanya, mata kuliah dalam prodi manajemen terkait dengan perencanaan hingga pelaksanaan. Dengan demikian, mahasiswa bidang studi manajemen dapat mempelajari proses menyusun rencana sampai melakukan tata kelola dalam menjalankan perusahaan secara efektif dan efisien.

Mata kuliah di bidang manajemen meliputi manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional dan juga manajemen sumber daya manusia. Namun, masih ada beberapa mata kuliah yang terkait dengan akuntansi, seperti akuntansi keuangan dasar dan akuntansi manajemen.

Mata kuliah dasar tersebut di atas nantinya akan dikembangkan melalui berbagai bidang, seperti sistem informasi manajemen, pengantar bisnis, bahkan ekonomi manajerial. Ilmu manajemen yang terkait dengan tata kelola bisnis juga ada seperti strategi manajemen, komunikasi bisnis dan juga bisnis internasional.

Peminatan Studi dari Prodi Akuntansi

Mayoritas kampus di Indonesia menyediakan Prodi Akuntansi dengan peminatan studi. Peminatan studi sangat bermanfaat untuk mereka yang ingin lebih fokus pada bidang tertentu. Salah satu mata kuliah yang sangat diminati oleh mahasiswa jurusan akuntansi adalah Akuntansi Keuangan. Sesuai dengan namanya, mata kuliah ini mencakup pencatatan keuangan perusahaan untuk laporan kepada manajemen.

Akuntansi keuangan banyak diminati oleh perusahaan dalam negeri dan juga internasional. Lulusan jurusan akuntansi yang memilih mata kuliah ini dibekali dengan kemampuan menganalisa sekaligus menyelesaikan pencatatan keuangan secara lengkap. Selain mempelajari teori keuangan, mata kuliah ini juga mencakup akuntansi korporasi dan pelaporan.

Peminatan studi yang lain adalah akuntansi manajemen yang menggabungkan antara manajemen perusahaan dengan penyelesaian laporan keuangan.  Selain akuntansi manajemen, para mahasiswa jurusan akuntansi yang tertarik menjadi staf audit dapat memilih peminatan studi auditing. Peminatan bidang studi ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa yang ingin mengejar karir sebagai auditor, baik di perusahaan atau akuntan publik.

Sedangkan mereka yang ingin mencoba untuk berkarir di kantor pajak, atau pekerjaan yang membutuhkan keahlian perpajakan, peminatan studi terkait dengan perpajakan dapat ditempuh karena ada beberapa mata kuliah yang tersedia. Mata kuliah tersebut adalah perencanaan pajak, perpajakan daerah, dan akuntansi perpajakan. Lulusan akuntansi yang menaruh minat di bidang ini memiliki ekspektasi untuk bekerja pada divisi pajak pada perusahaan.

Peminatan Studi dari Prodi Manajemen

Sama halnya dengan prodi akuntansi, prodi manajemen juga menawarkan peminatan studi kepada mahasiswanya. Peminatan studi yang paling umum adalah manajemen pemasaran. Bidang ini sangat pas bagi mereka yang memiliki ketertarikan tentang penjualan dan proses pemasarannya.

Bidang studi ini berfokus pada kemampuan mahasiswa dalam menyusun rencana pemasaran melalui product knowledge dan marketing value untuk barang atau jasa. Mata kuliah terdiri dari digital marketing, komunikasi bisnis, komunikasi pemasaran, dan kewirausahaan.

Sedangkan peminatan lain yang menjadi favorit mayoritas mahasiswa manajemen adalah manajemen keuangan. Bidang studi ini menawarkan ilmu tentang tata kelola keuangan dalam bentuk investasi ataupun pembelian aset serta risiko finansial manajemen. Mata kuliah yang didapat pada bidang studi manajemen keuangan adalah teori keuangan, manajemen investasi, rekayasa keuangan dan manajemen keuangan internasional

Salah satu bidang studi manajemen yang mungkin tidak banyak diketahui adalah manajemen sumber daya manusia. Banyak yang mengira bahwa staf HRD memiliki latar belakang pendidikan dari legal atau hukum. Padahal, manajemen SDM juga tersedia di bidang studi manajemen. Sesuai namanya, bidang studi ini mengajarkan konsep pemberdayaan SDM secara efektif dan efisien.

Pilih Sesuai Keinginan

Setelah mengetahui perbedaan jurusan akuntansi dan manajemen, tentunya calon mahasiswa dapat menentukan mana yang sesuai minat dan bakat mereka. Terlebih, kedua jurusan ini memiliki prospek yang cerah karena semua perusahaan pasti membutuhkan karyawan dengan keahlian dari dua bidang tersebut di atas.

Whatsapp